Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

10 Penyedia Tes Dan Deteksi Kecepatan Internet Terbaik

Para Onliner, Internet sudah menjadi kebutuhan, walaupun tidak sampai pada tingkatan kebutuhan primer, akan tetapi sudah bisa mendekati. Kenapa? karena memang banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan Internet. Tidak ada istilah Online, kecuali jika ada jaringan internet bukan?

Cara Cek Kecepatan Internet Dengan Mudah

Namun, acapkali kali kita menemukan kendala dengan kecepatan internet. Tanpa kita sadari bahwa memang kecepatannya sedang menurun (Low). Tahukah sahabat, bagaimana cara mengetahui kecepatan Koneksi Jaringan Internet? Mungkin diantara kalian sudah tahu. Tapi saya husnudzan banyak diantara kalian yang tidak mengetahuinya. 


Oleh karena itu, Oim Info kali ini akan berbagi informasi penting, tentang Lima Web Terbaik Mengetahi Kecepatan Koneksi Internet. berikut kelima penyedia tersebut :

www.netmeter.eu
Penyedia yang satu ini terbilang simple, dengan tampilan yang tidak membuat mata sahabat pusing, penggunaannya sangat mudah. Ketika sahabat masuk, akan disuguhkan tombol tes kecepatan internet. Kalian tinggak klik Start Test, dan akan ada tiga pengukuran, data ping kecepatan Download, dan Upload. untuk mengetahui IP Public Sahabat, bisa dilihat bagian paling bawah, yaitu terdapat dalam tulisan hostname. Untuk memulai tes baru, kalian disuruh menunggu 60 detik.

http://testmy.net
Untuk penyedia yang satu ini, lebih lengkap fiturnya dibandingkan dengan yang diatas. Karena terdapat tiga tombol pada bagian bawah halaman, yang berada pada tombol Test My Internet+, sehingga memungkinkan sahabat untuk memilih objek yang akan ditest. Apakah mau melihat kecepatan download saja (Download test), atau Upload saja (Upload test), Atau keduanya (Combane). Selain itu web yang satu ini juga menyediakan laporan secara keluruhan yang dapat dirubah menjadi code script. Namun terdapat kekurangan, karena tidak menampilkan IP Publik walaupun providernya disebutkan.

www.speedtest.net
Untuk web penyedia tes kecepatan yang satu ini tampilan dan fasilitasnya sangat baik. karena ketika sahabat masuk ke web ini secara otomatis akan memaparkan lokasi internet digunakan dalam bentuk peta,  provider yang digunakan serta IP Publik. Penggunaannya juga sangat mudah, dengan satu tombol BEGIN TEST, kalian akan secara otomatis mendapatkan tiga penjelasan. yaitu tentang Ping, Kecepatan Download dan Upload. selain itu kalian juga dapat mengganti posisi server pada test berikutnya untuk perbandingan antara satu server dengan server yang lain.

www.broadbandspeedchecker.co.uk
Untuk penyedia yang satu ini tampilannya relatif sederhana, pada awal sahabat masuk ke web ini, akan disuguhkan tampilan sederhana. Namun perlu dicatat web ini tetap memiliki fasilitas lengkap. Mulai server yang digunakan, data Ping, kecepatan Download dan kecepatan Upload. Untuk keterangan mengenai  provider yang digunakan dan IP Publik ditampilkan setelah proses tes selesai.

www.speakeasy.net/speedtest/
Penyedia yang satu tampilannya sederhana, dan fasilitasnya juga tidak selengkap sebelumnya, pada halaman pertama kalian akan disuguhkan IP Public yang sedang digunakan. kemudian terdapat perintah Select a city to begin the test kalian harus memilih salah satu negara (sebagai server) setelah proses selesai akan dipaparkan kecepatan download dan upload tanpa ditampilkan data ping.

www.att.com/speedtest/
Tampilan  penyedia yang satu ini cukup unik dan menarik, karena seperti speedometer pada mobil. Namun memang memiliki beberapa kekurangan, diantaranya tidak menampilkan provider, server dan IP Public sahabat. Untuk penggunaannya relatif mudah, Kalian tinggal tekan tombol Start Test, dan setelah proses akan ditamplikan kecepatan download, kecepatan upload Ping dan Jitter. Namun web ini juga memiliki kelebihan, yakni pemaparan perkiraan data download dan upload bagi beberapa konten seperti MP3, video dan lain sebagainya.

http://speedtest.comcast.net/
Web penyedia yang ini penampilannya tidak kalah kerennya dibandingkan yang sebelumnya. penggunaanya relatif mudah, namun kalian terlebih dahulu harus memilih server yang akan digunakan, atau mengikuti rekomendasi web. dan tinggal tekan tombol Begin speed test, seketika itu kalian akan mendapatkan laporan IP Public, dan setelah proses selesai akan ditampilkan beberapa data mulai datang ping, kecepatan Download dan Upload, serta penggunaan posisi internet IPv4 atau IPv6. dan kalian juga bisa mengcopy url laporannya. Namun kekurangannya, web ini tidak menampilkan provider dan posisi kalian. walaupun tampilannya berupa peta.

www.bandwidthplace.com
Web penyedia ini lebih dinamis dan tidak mempersuit pengguna, karena pada halaman pertama kalian sudah disuguhkan tampilan yang bagus, yang secara langsung menampilkan IP Publik dan provider yang digunakan, serta disediakan juga pilihan server yang ingin dipakai dan statusnya. Penggunaannya juga sangat mudah, sahabat tinggal menekan tombol Start, maka setelah proses akan ditampilkan kecepatan download, upload serta ping. sangat lengkap walaupun tidak menampilkan jitter dan peta tempat sahabat menggunakan internet.

http://speedtest.net.in/
web yang satu ini tidak jauh beda dengan web penyedia tes kecepatan internet sebelumnya, Selain lengkap penggunaannya juga tidak rumit. hanya saja untuk menggunakannya ada dua pilihan sebelumnya. Kalian bisa memilih dengan memilih salah satu lokasi kemudian secara langsung memulai proses. atau kalian bisa menggunakan tombol start test bagian bawah halaman. Laporan setelah prosespun tidak kalah komplit. mulai kecepatan download, kecepatan upload, ping, provider yang digunakan, serta IP Public.

http://speedof.me/
Untuk web yang terakhir ini, tampilannya jauh berbeda dengan sebelumnya, karena hanya berupa kotak statistik. Selain penggunaannya yang sederhana, kalian tinggal klik tombol start test. laporannya juga tidak sekomplit web sebelumnya. karena setelah proses kalian akan diberikan laporan berupa kecepatan download, upload, IP Public. sedangkan provider seringkali tidak terdeksi, ping juga tidak ditampilkan, apalagi posisi pengguna.

Demikian informasi tentang 10 Penyedia Tes Dan Deteksi Kecepatan Internet Terbaik yang bisa Oim Info bagikan kali ini. Silahkan shabat gunakan web yang diinginkan, dengan tetap mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. sebagai catatan, bahwa web ini hanya mengambil data rata-rata dari total kecepatan, sehingga mungkin kalian akan mendapati hasil proses dari satu web akan berbeda dengan web yang lain. Namun perbedaannya tidak jauh. semoga bermanfaat.
21 Komentar untuk "10 Penyedia Tes Dan Deteksi Kecepatan Internet Terbaik"

Yang pernah saya coba speedtest, yang lainnya belum.

Tapi diantara 10 tersebut mana yang paling unggul menurut mas sendiri?

Seperti yang pak Muhammad Adnan Hussein yang tulis itu... Speedtest, karena relatif lengkap dan tampilannya bagus...

kecepatan Mbps suatu jaringan internet biasanya ditentukan oleh lokasi dimana komputer sipemakai terhubung ke internet, dan itu dilihat dari IP Address, jadi jika dalam lokasi yang memang mendukung jaring 3G atau bahkan 3.5G sudah pasti, tanpa perlu kita tes kecepatannya, kita bisa menikmati selancar dunia internet dengan lancar.

semua tergantung lokasi, kalau masalah provider itu hanya sebagai pendukung untuk membantu menangkap sinyal internet yang terbaik.

contoh ditempat saya pakai AXIS internet sangat lelet, tetapi sejak berganti IM# tidak ada masalah, bahkan sampai sekarang, ya mungkin jaringan Axis belum menyentuh 3G untuk daerah tersebut.

saya merasa sinyal hsdpa telkomsel saya kok jadi lelet ya minggu2 ini, padahal biasanya lancar jaya.. kira2 kenapa ya? padahal jelas2 modem yang saya pakai tetap, lokasi juga tetap

dengan tersedianya 10 link yang menyediakan tes dan deteksi kecepatan internet terbaik maka saya jadi mudah untuk mendeteksinya...sayangnya cuman bisa mengetes doang tanpa bisa membuat kecepatan internet di Indonesia seperti kecepatan internet di Luar Negeri ya pak?

betul Mbak Devi Indriyani, walaupun kadang sudah mendukung 3G tetap saja lelet. hal ini juga pengaruh lokasi si pemakai didalam gedung misalnya....

ini bisa buat up kecepatan ga nih kang.
soalnya di saya udah lemot banget nih....

Mungkin dari provider nya mbak Ninik Setyani...atau IP nya ketepatan yang lelet, karena ketika disconnect, dan di connect kembali, maka akan mendapatkan IP baru secara otomatis.... itu pernah saya alami pada modem say terdahuliu

Untuk sementara postingan ini belum bahas pada trik mempercepat connection.. saya tetap berharap tanpa dengan trik, kuota di Indonesia ditingkatkan oleh Kemenkominfo....

Ada juga yah ternyata penyedia untuk mendeteksi kecepatan internet, selama ini cuman makai aja. Kalau lambat yah tinggal tunggu aja, atau sekedar melihat keluar jendela siapa tahu cuaca juga berpengaruh hehehehe

Maaf saya belum menulis untuk trik ngebbutin internet :D ini hanya trik aja...

dan yang jelas perangkatnya jangan dibuang dulu pak rudhy theart hehehehe

Ternyata banyak juga yah tapi seringnya pakai speedtest.

sepertinya itu memang yangpaling diminati kang

jika sebelumnya lancar-lancar saja, dan tiba-tiba lelet, mungkin jaringan sudah lelah karena dipakai terus buat internetan oleh mbak ninik, hehe..!!

sebenarnya sih ada ruang penyimpanan dalam file modem, jika dalam PC ada istilan cache dan cookies, setiap kali kita mengunjungi satu situs yang berbeda maka alamat itu akan tersimpan secara otomatis disana, semakin banyak maka semakin penuh itu file, update secara berkala atau selalu hapus atau kosongkan file setiap kali selesai menggunakan internet, maka kecepatan akan seperti biasa.

kalau caranya mungkin mas Abdurrohim yang akan menjawab, karena beliau lebih paham tentang internet seperti tulisan diatas.

saya udah nyoba , internet saya lola juga ya -_- ,
makasih gan infonya , untuk lebih bersahabat , saya izin follow blog ya gan biar enak ngunjunginnya hehe , jika berkenan folback yo hihi

Sudah saya coba hasilnya 99 ms download 0,54 upload 0,41... Lambat banget koneksi saya yak...

hehehe... beres kang khoiruman naim.... :)

Achmad Fazri, untuk penggunaan pribadi itu udah bagus mas...

sepertinya untuk cara menghapus, saya lebih memilih menunggu tulisan mbak Devy Indriyani... :)

Saya belum pernah coba nih mas.. Kalau lelet mah saya ganti kartu. Males habisnya ngandalin satu kartu yang cuma kasih PHP aja :p Aku memang tidak setia. Oh nooo

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top