Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Alasan Pemerintah Menghapus Premium Dan Menggantinya Dengan Pertalite

Belum lama ini, masyarakat dikejutkan dengan naiknya harga BBM, dan sebentar lagi, atau tepatnya Bulan Mei 2015 nanti, BBM Jenis premium akan  dihapus oleh pemerintah. Walaupun tidak secara keseluruhan, namun BBM Jenis premium ini dipastikan tidak akan ditemui dikota-kota besar. Untuk kawasan pinggiran dan jalur transportasi barang, dilajur-jalur antar propinsi tetap disalurkan BBM jenis premium. Jenis Premium juga diperuntukkan nagkot dan mikrolet, serta transportasi umum yang lain. Harapannya, dua tahun kedepan Indonesia sudah terbebas dari BBM dengan Oktan Rendah, seperti dinegara-negara eropa pada umumnya. Maka bagi kalian yang berada diperkotaan, yang terbiasa menggunakan BBM jenis premium, bersiap-siaplah mengganti bahan bakar dengan jenis baru. yaitu Pertalite. karena SPBU diperkotaan kemungkinan besar tidak menyediakan bensin premium.
Alasan Pemerintah Mengganti Premium Dengan Pertalite
Alasan Pemerintah Mengganti Premium Dengan Pertalite


Pasalnya BBM jenis pertalite yang dijanjikan oleh pertamina ini, memiliki Reasearch Octan Number (NOR) pada  kisaran 90-91, atau tiga angka diatas BBM Jenis premium yang memiliki NOR 88.

Dari berbagai berita yang Oim Info dapatkan, maka kali ini akan dipaparkan Info Penting Alasan Pemerintah Menghapus BBM Jenis Premium Dan Menggantinya Dengan Pertalite sebagai berikut :

  1. Memperbaiki tata-kelola Migas, karena selama ini Pertamina memiliki ketergantungan ketergantungan dengan tender dari luar negeri. Karena harus diolah (Blending) diluar negeri. Sehingga harus impor untuk mendapatkan BBM jenis premium
  2. Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa nilai Oktan pada BBM jenis Premium yang digunakan selama ini terpaut tiga angka dari pertalite yang akan menjadi ganti. Hal ini dianggap, penggunaan pertalite dengan oktan kisaran 90-91 lebih baik dan lebih optimal dalam proses pembakaran kendaraan.
  3. Selain kedua alasan tersebut, BBM Jenis Baru (pertalite) lebih ramah lingkungan. karena, proses pembakaran yang lebih optimal, dapat meminimalisir emisi gas yang dibuang, dan tentunya mencegah pencemaran lingkungan
Untuk masalah harga pertalite memang lebih mahal daripada BBM jenis Premium, namun tetap dibawah pertamax yang memiliki NOR kisaran 92, dan Pertamax Plus dengan NOR 95. hal ini dikarenakan pertalite tidak memiliki sibsidi dari pemerintah. Dengan alasan ini pula, penghapusan BBM jenis Premium juga dianggap tidak butuh persetujuan dari DPR.

Itulah beberapa Alasan Pemerintah Menghapus Premium Dan Menggantinya Dengan Pertalite, semoga tulisan ini menjadi tambahan informasi bagi kalian semua. semoga bermanfaat.

Sumber Bacaan : www.merdeka.com , www.greennews.com
Tag : Lainnya
0 Komentar untuk "Alasan Pemerintah Menghapus Premium Dan Menggantinya Dengan Pertalite"

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top