Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Blogger Sehat, Sisi Lain Dari Blogger

Seiring semakin banyaknya penggemar blog, khususnya blogger, dengan berbagai konten yang disajikan. Mulai catatan pribadi, tips, trik, design, periklanan, dan masih banyak lagi. Saya bisa menyimpulkan, bahwa Blogger tidak ubahnya sebuah dunia. Dunia yang didalamnya hidup para blogger, dengan berbagai sisi kehidupan ala blogger, mulai dari budaya, karakteristik, etika dan lain sebagainya. Tulisan ini murni hasil renungan, pemahaman, tentang "Blogger Sehat, Sisi Lain Dari Blogger"

Blogger Sehat, Sisi Lain Dari Blogger

A.Tujuan Blogger
Motivasi seseorang untuk masuk kedunia blogger, mungkin berbeda-beda. Bagi seorang pemula yang belum pernah masuk kedunia blog, dia beranggapan blogger hanya sebatas tempat pembuatan dan pembangunan blog, dengan beberapa tampilan seadanya. Sederhananya, yang penting punya blog. Tanpa berfikr jauh sisi lain dari blogger.

Oleh karenanya, blogger dengan tujuan seperti ini sangat jarang untuk bertahan lama, seringkali blog-nya akan ditinggal begitu saja ketika sudah sampai pada titik kebosanan.  hal ini dikarenakan motivasinya-pun juga sederhana yakni "Ingin punya blog" tanpa yang lain.

Berkenaan dengan tujuan blogger, tentu akan berbeda-beda tergantung pada profesi dan motivasi masing-masing. Sejauh yang saya pahami, blogger setidaknya memiliki beberapa tujuan sebagai berikut :

  1. Membangun relationship dan berbagi informasi. untuk tujuan ini, biasanya blogger akan menampilkan konten yang informatif, dengan tatanan bahasa yang lugas dan mudah dipahami.
  2. Menyalurkan hobi. Tentu hobi ini berkaitan dengan bidang jurnalistik, fotografer, atau design website dan lain sebagainya. Pada tujuan ini, tampilan bloggernya seringkali lebih artistik, dan penuh dengan hiasan-hiasan.
  3. Meraup keuntungan, Untuk klasifikasi yang satu ini, saya membaginya menjadi dua macam , yaitu :

  • Penjualan Produk sendiri, seperti contoh Promosi Penjualan Produk secara Online,  Jenis blog yang digunakan biasanya memberikan fitur-fitur yang memudahkan pengunjung memesan produk yang ada. selain itu, juga dimuat gambar dengan design yang apik dan menarik.
  • Produk Pihak lain, artinya seorang blogger berupaya sekeras mungkin, sekuat tenaga, agar blognya layak dipasang menjadi jasa periklanan, seperti contoh google adsense. untuk macam yang kedua ini, biasanya seorang blogger lebih mementingkan traffic pengunjung. tanpa memperhatikan konten, bahkan seringkali blogger tidak memahami apa yang ditulis, sehingga jika dikonfirmasi atau terdapat pertanyaan tentang tulisannya, dia bersifat menghindar. 

B. Budaya dan Karakter Blogger
Dalam tulisan ini, saya memahami budaya tidak secara luas, namun lebih kepada tradisi. karena corak budaya akan dengan sendirinya terbentuk dari akumulasi tradisi. sedangkan yang dimaksud dengan karakter, lebih kepada etika blogger.

Terinspirasi dari tulisan Must Teguh dalam Cara Jitu Blogwalking Yang Mendatangkan Baclink, dan tulisan Mbah Dinan dengan judul yang menarik Blogger Masuk Angin,  kedua tulisan ini merupakan realita sedikit dari karakteristik seorang blogger, dan secara umum kedua tulisan tersebut memaparkan beberapa hal yang harus dihindari. Seperti contoh, seorang blogger yang hanya mengharap Backling, Namun dilakukan dengan cara yang tidak sopan, Yang hnya mengharap traffic, atau sekedar berkomentar, dan tidak menghargai tulisan orang lain dengan cara copas, dan lain sebagainya.

C. Membangun Budaya dan Karakter "Blogger Sehat"
Dari kedua tulisan luar biasa tersebut, dan dari apa yang saya alami, perlu adanya usaha membangun karakteristik blogger yang baik, dan hemat saya, seorang blogger seharusnya memiliki beberapa karakter berikut ini :
  1. Niat yang Baik, Karena sebuah amal dalam hal ini membangun blog, dianggap baik dan tidak terganting dari niat nya. dengan ini, diharapkan akan tumbuh komitmen yang tinggi, dan tidak mudah goyah.
  2. Tanggung Jawab, dengan adanya sifat ini, diharapkan seorang blogger menghindari kebiasaan copas karya pemikiran orang lain, tanpa menyebutkan sumber rujukan.
  3. Sopan dalam berkomentar, Dengan sikap ini diharapkan seorang blogger dapat berkomentar dengan baik. yakni dengan cara membaca secara utuh potingan sebelum berkomentar. Dan berkomentar tidak hanya tujuan mendapat umpan balik.
  4. Menjaga Kewajiban di Dunia Nyata. Kewajiban tersebut, bisa kewajiban untuk diri sendiri dan orang lain. Dengan point ini, diharapkan seorang blogger bukan hanya memperhatikan kesehatan blognya, namun tetap menjaga kewajiban yang lain, seperti tetap menjaga kesehatan, tetap memenuhi kewajiban sebagai seorang guru, seorang pegawai, seorang suami dan lain-lain.
  5. Memiliki Tujuan yang baik. dengan pemilihan tujuan yang baik, diharapkan seorang blogger akan mendapatkan tiga manfaat sekaligus. yaitu :
  • Manfaat untuk diri sendiri, seperti contoh, seorang blogger akan mendapatkan informasi baru, ilmu pengetahuan baru, pertemanan baru /new relationship selain juga hasil ekonomis. dan yang terpenting juga, diharapkan akan mendapatkan PAHALA.
  • Manfaat untuk pihak lain, bukan hanya untuk pribadi seorang blogger, manfaat juga diharapkan juga akan didapat oleh pihak lain.
Demikian tulisan Oim Info kali ini tentang "Blogger Sehat" Sisi Lain Dari Seorang Blogger,  Semoga tulisan ini dapat memberi inspirasi bagi blogger, khususnya bagi para pemula. Sehingga blog nya kelak tidak sia-sia. Untuk kalian pemula yang ingin membangun blog, silahkan baca Lima Langkah Membuat Blog Gratis Dengan Blogger, pada link berikut : http://oiminfo.blogspot.com/2015/04/lima-langkah-membuat-blog-gratis-dengan-blogger.html
 dan mulailah menjadi blogger yang sehat.

Dan semoga dapat menjadi bahan renungan bagi para blogger yang sudah lama, Mari kita mulai merubah budaya blogger yang kurang baikm dengan budaya blogger yang sehat. Ingat bahwa yang membaca, melihat, dan yang memiliki blog, adalah manusia bukan sebuah ROBOT.
Tag : Blogging
16 Komentar untuk "Blogger Sehat, Sisi Lain Dari Blogger"

Lengkap banget pembahasannya mas, Menjaga kewajiban di dunia nyata. Pesan yang sangat berarti buat saya pribadi karena biasa kebablasan saat buka blog di kantor hehehehehe

Hasil pantauan, pemikiran, analisis dan kesimpulan....

kebablasan kenapa kang?
salah buka ya? :)

Bisa jadi tuh kang rudhy heart hehehe

makasih infonya mas, insya Alloh saya tidak akan copas, lebih baik buat bahan sendiri ah sambil nambah ilmu

Betul mas OIM ABDUL ROHIM... Sama-sama mas semoga bermanfaat

pembahasan yang detail.memang banyak hal positif yang bisa di dapat dari para blogger :)

Semoga bermanfaat Mbak Defa Ramadhani

banyak blogger yang mempunyai kepentingan sendiri namun tidak pernah mau berpikir tentang kewajibannya sebagai seorang blogger. kadang mereka berpikir untuk kepentingan pribadi namun tidak berpikir untuk menyediakan suatu yang bermanfaat bagi semua. akhirnya tertinggal oleh kenyataan pahit dalam kesendirian gan.

salute dengan tulisannya dan semoga bisa menginspirasi kita semua. terima kasih juga telah memuat link saya dalam tulisan anda. salam sahabat blogger dan keep spirits and do the best.

membuat sesuatu karya sendiri itu lebih bagus dari pada mengambil punya orang yang tidak bertanggung jawab. itulah etika yang selalu mengajarkan kita untuk menghormati karya dan semua hasil dari tindakan seseorang gan. biar jelek asal tulisan sendiri kan lebih bisa tersenyum.

satu lagi ya komentarnya....masalah budaya adalah suatu kebiasaan yang berulang dan di dapat dari cara belajar. hal ini juga ada dalam kondisi kepribadian dan hidup dalam dunia blogosphere, yaitu selalu belajar dan mau mencari suatu yang unik dengan belajar kepada blog lainnya. lalu berbagi menurut ide masing-masing dan mau menghargai pendapat orang, karena dengan begini kita di dewasakan oleh etika dan pemahaman menjadi blogger sesungguhnya.

Saya kira ini sebagai usaha instrokpeksi dan membangun budaya sehat dalam blogger.. enggah sama-sama mbah dinan

alhamdulillah yang saya tulis ini memag hasil analisa dan pemikiran serta kesimpulan sendiri... semangat....

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog. - Hapus

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top