Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Cara Blokir Situs Dengan TP-Link TL-MR3420

Selamat datang kembali kawan online, Kali ini Oim Info ingin berbagi pengalaman tentang Cara Blokir Situs Dengan TP-Link TL-MR3420 . Kenapa hal ini dibutuhkan? banyak manfaatnya. Antara lain, bagi Teknisi Jaringan, dapat mengatur pengguna internet agar tidak masuk pada situs-situs yang tidak diinginkan.

Bagi orang tua, dan untuk lembaga pendidikan, dapat mencegah anak agar tidak masuk pada situs-situs yang dilarang oleh agama dan lain sebagainya. Bagi Officer Teknisi Jaringan dapat mengoptimalkan kinerja karyawan, agar mereka tidak menggunakan internet hanya untuk bermain-main. dan masih banyak lagi manfaatnya, selama pemblokiran situs-situs tersebut dilakukan secara tepat dan benar.

Namun sebelum melakukan langkah berikut ini, tentunya kalian harus mengetahui berapa banyak Local IP yang digunakan pada routernya. silahkan baca artikel pada link berikut  http://www.oiminfo.net/2015/04/setting-local-ip-pada-router-tp-link.html

Untuk mempersingkat waktu, ikuti langkah berikut ini :
1. Login atau masuk ke Router TP-Link nya.
2. Masuk ke Akses Control. disitu terdapat empat item, Rule, Host, Target, Schedule. dan pilih Target. kemudian add new. kemudian kalian akan masuk pada sebuah halaman, pilih mode domain name, dalam kolom target decription, isi kategori situs yang akan diblokir, secara umum. pada kolom domain name, isi kata-kata kunci, yang diinginkan atau sesuai dengan kategorinya. jangan lupa klik save.

Blokir Situs pada TP-Link TL-MR3420
Foto : Dokumentasi Pribadi

3. Langkah Selanjutnya pilih menu host, selanjutnya kalian akan masuk sebuah halaman, dan pilih mode IP Address, pada kolom host description, ketik kategori.dan pada LAN IP address, ketik mulai IP Adrees yang akan sampai yang ditentukan. jangan lupa klik save.

sebagai contoh IP address dari 192.168.0.10 sampai 192.168.0.50. ini artinya perangkat yang menggunakan IP 192.168.0.10 sampai 192.168.0.50, telah masuk dalam pemblokiran.

Blokir Situs pada TP-Link TL-MR3420
Foto : Dokumentasi Pribadi
 4. Selanjutnya pilih menu Rule, pilih add new, kalian akan masuk pada halaman baru. Pada Rule Name isi kategori yang anda inginkan, dan  Host, adalah IP Adrees yang telah kalian buat. dan pada kolom Target, isi Target yang telah kalian buat juga. adapun Schedule, kalian bisa pilih any time (Setiap waktu, atau tidak pakai jadwal) sedangkan Status pilih enable, kemudian klik save.

Pada tahap ini kalian sudah selesai Blokir Situs Dengan TP-Link TL-MR3420,  silahkan coba pakai perangkat yang ,menggunakan IP adrress yang telah masuk dalam kelompok pemblokiran, dan coba buka kata kunci yang telah kalian buat.

Demikian tulisan panduan Cara Blokir Situs Dengan TP-Link TL-MR3420 , semoga bermanfaat dan dapat kalian terapkan untuk menjaga generasi kita.

Jika ada yang belum paham silahkan tulis komentar, nanti sebisa mungkin akan saya jawab dengan penjelasan yang tentu berdasarkan pengalaman dan praktek. 
4 Komentar untuk "Cara Blokir Situs Dengan TP-Link TL-MR3420 "

Gan, uda saya ikuti langkah di atas. tapi malah tidak konek jaringan nya ke semua host.

kemungkinan ada kesalahan langkah yang agan lakukan...tidak connectnya gimana gan?

gan nih tutorial kok dikit amat sih , nih aku udah ikuti malah gk karuan

kalau hanya untuk blokir memang ndak ribet kang, asalkan sudah ditentukan IPnya, dan perlu dicatat blokir pakai TP-Link TL-MR3420, memang kadang ndak work, mending pakai mikrotik

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top