Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Cara Menemukan IP dan MAC Komputer dan Smartphone

Selamat datang kembali pecinta online yang budiman. Dalam kesempatan kali ini  ingin berbagi pengalaman penting khususnya bagi kalian yang akan menjadi teknisi jaringan. Yaitu Cara Menemukan IP dan MAC Komputer dan Smartphone. Kenapa tulisan ini penting? karena topik ini memang menjadi objek pembahasan dalam jaringan. 

Cara Menemukan IP dan MAC Komputer dan Smartphone

Namun sebelumnya harus diketahui, bahwa MAC dapat diketahui walaupun tidak terhubung dengan sebuah jaringan, karena MAC merupakan inisial yang sudah dimiliki oleh perangkat. Artinya, kalian dapat menemukan MAC dalam sebuah perangkat baik perangkat tersebut telah terhubung dalam sebuah jaringan ataupun tidak.


Bedahalnya dengan IP address, kalian tidak bisa menemukan IP address dari sebuah perangkat jika perangkat tersebut belum terhubung dengan sebuah jaringan. Untuk lebih jelasnya lihat tulisan saya tentang http://www.oiminfo.net/2015/04/ketahui-perbedaan-ip-address-dan-mac.html

Untuk mempersingkat tulisan, saya hanya akan membahas dua perangkat saja (karena ini yang sering dipakai oleh kalian). yaitu Komputer (termasuk laptop) dan Smartphone 

  • Menemukan IP dan MAC Komputer atau laptop
Untuk dapat menemukan IP dan MAC pada komputer atau laptop, kalian harus mengetahui perangkat lunak dari komputer atau laptop tersebut. dalam tulisan ini saya menggunakan windows 2007 sebagai bahan tulisan. selanjutnya ikuti langkah berikut ini :
  1. Tekan Start dan isi tulisan run dalam kolom search programs and files  dan klik enter. atau kalian bisa lakukan klik Start + R
  2. Maka akan ada tampilan run, selanjutnya ketik cmd pada colom open, dan klik enter
  3. Selanjutnya langsung kalian ketik ipconfig/all dan klik enter
  4. kalian akan mendapati tulisan banyak, yang menjelaskan spesifikasi configurasi komputer atau laptop kalian.  Selanjutnya kalian akan dapat melihat IP Address  dan MAC Address dibawah tulisan description, yaitu item Physical Address sebagai MAC Address, dan Ipv4 Adress sebagai IP adsress.

Tampilan Run
Tampilan Run

Configuasi IP Address dan MAC Address
Configuasi IP Address dan MAC Address

Alamat IP Address dan MAC Address
Alamat IP Address dan MAC Address
  • Menemukan IP dan MAC Smartphone

Untuk menemukan IP dan MAC smartphone relatif mudah, silahkan ikuti langkah beikut ini :
  1. Masuk pada setting Smartphone kalian, dan cari dan klik icon wifi
  2. Selanjutnya klik properties, dan pilih tingkat lanjut. kalian akan menemukan IP Address dan MAC Address kalian tepat dipaling bawah. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini:
Cara Mengetahui IP Adrress dan MAC Address pada Smartphone
Langkah 1
Cara Mengetahui IP Adrress dan MAC Address pada Smartphone
Langkah II
Demikian penjelasan tentang Cara Menemukan IP dan MAC Komputer dan Smartphone, cukup mudah kan? Semoga tulisan ini menambah pengetahuan kalian. Semoga bermanfaat.
2 Komentar untuk "Cara Menemukan IP dan MAC Komputer dan Smartphone"

Nanti kalo saya mau nanya soal komputer, boleh mampir kemari kan? sukses blognya

Silahkan must teguh.... makasih atas kunjungannya kang

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top