Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Cara Menemukan Kode Pos

Untuk mengawali postingan ini, saya ingin berbagi informasi tentang Cara Menemukan Kode Pos. Banyak diantara kita yang kebingungan apa itu kode pos? dan bagaimana cara mengetahuinya. memang kalau zaman sekarang kode pos jarang sekali dipakai.

Cara Menemukan Kode Pos

Karena untuk berkomunikasi dengan orang lain, tidak perlu mengirimkan surat. Sekarang sudah cukup dengan menggunakan Hand Phone dengan sedikit modal pulsa.  Kalau zaman dulu mutlak Kode Pos sangat diperlukan, apalagi untuk kebutuhan surat menyurat.

Tapi sebenarnya Kode Pos tetaplah sangat penting, walaupun zaman sekarang. seperti contoh untuk kepengurusan KTP (Kartu Tanda Penduduk), atau yang mungkin paling sering adalah ketika digunakan untuk keperluan pengiriman barang, surat-menyurat dan mengisi data, baik online ataupun offline.


Apakah Kode Pos itu? adalah serangkaian huruf atau angka, yang digunakan untuk pengiriman surat ataupun barang, guna mempermudah pensortiran. 

Di Indonesia, Kode Pos terdiri dari lima angka (digit). 
  • Angka pertama merujuk pada Provinsi, 
  • Angka kedua dan ketiga untuk Kota dan Kabupaten
  • Angka keempat dan kelima untuk Kecamatan dan kelurahan atau desa
Sebagai contoh, Kode Pos saya, ada di Desa Ganjaran Gondanglegi Malang Jawa-Timur. Maka Kode Pos nya, 65174. (Kode 6 = Jawa Timur, Kode 51 = Malang, Kode 74 = Kec. Gondanglegi Desa Ganjaran)

Cara Menemukan Kode Pos
Sebenarnya banyak cara untuk menemukan kode pos sebuah daerah. misalnya,  kalian bisa langsung tanya ke kantor pos. disana pasti disediakan buku khusus yang mencatat kode pos daerah tentu. Tapi, bagaimana cara yang mudah mengetahui kode pos secara online?. 

Mudah, kalian bisa langsung masuk kesalah satu penyedia pencarian kode pos, contohnya http://kodepos.nomor.net/ dibagian pencarian ketik saja daerah yang kalian inginkan. Atau disini www.posindonesia.co.id ini yang khusus Indonesia Raya lho.  nah untuk mengetahui Kode Pos suatu daerah diluar negeri, mudah juga. silahkan masuk ke http://id.postalcodecountry.com/. dibagian kiri kalian bisa pilih negara, kemudian tinggal dilanjut bagian daerahnya.

Semoga Bermanfaat Kawan

2 Komentar untuk "Cara Menemukan Kode Pos"

Kunjungi situs carikodepos.com, baik lewat komputer ataupun smartphone, karena situs pencari kode pos ini cukup responsive dengan layar smatphone

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top