Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Cara Modifikasi Recent Post dan Memasangnya di Blogger

Selamat datang kembali blogger mania, Bagi seorang blogger tentu saja, mempercantik blog, membuat pengunjung betah, sampai meningkatkan jumlah pengunjungm adalah kebahagiaan yang luar biasa. Olehkarena itu, acapkali kita temukan sebuah blog yang memiliki tampilan dan konten yang membuat kita betah, walaupun sebagian lagi justru membuat kita sebagai pengunjung ingin cepat-cepat menutup.

Salah satu widget yang paling sering dicari oleh blogger adalah, related post, dan recent post. Untuk recent post, Oim Info telah membahasnya ditulisan Apa Itu Related Post? Ini Jawabannya [http://oiminfo.net/2015/04/apa-itu-related-post-ini-jawabannya.html] dan  selanjutnya disempurnakan dengan tulisan Cara Pasang Related Post Dengan Gambar Pada Blogspot [http://www.oiminfo.net/2015/04/cara-pasang-artikel-terkait-dengan-gambar-pada-blogspot.html]
Recent Post Di Blogger
Recent Post Di Blogger

widget untuk memperlihatkan konten terbaru yang biasa dikenal dengan recent post. sudah sering kita temukan tutorialnya, namun serigkali tutorial tersebut tidak secara lengkap menerangkan dua macam sekaligus, Nah dengan alasan inilah Oim Info kali ini akan berbagi informasi tentang Cara Modifikasi Recent Post dan Memasangnya di Blogger

Sebelum sampai pada tahap pemasangan, terlebih dahulu akan diterangkan tentang recent post. agar kalian nanti dapat memilih recent post yang kalian inginkan. Widget Recent post itu semacam alat untuk menampilkan posting terbaru.

Kenapa widget ini dibutuhkan? selain untuk mempercantik blog, widget ubu  bertujuan agar pengunjung tahu topik terbaru yang dimuat dalam blog. Karena logikanya, kadang seorang pengunjung membaca halaman sebuah berita / posting yang telah lama dibuat oleh admin blog. Dan mungkin saja dia tidak tahu topik terbaru yang sebenarnya ada kaitannya dengan berita/ posting terbaru. Berikut ini logikanya :

Logika Recent Post
Logika Recent Post
Saya harap dengan gambar diatas, kalian sekarang sudah paham apa itu recent post dan logikanya. sekarang saya akan bahas dua macam recent post yang sering digunakan blogger, berikut ini penjelasannya :
  • Recent Post Tanpa Gambar 
Recent Post Tanpa Gambar
Recent Post Tanpa Gambar
Widget recent post yang pertama ini adalah yang paling sederhana, karena hanya menampilkan judul dari posting / artikel/ berita terbaru saja. 
  • Recent Post dengan gambar (Tumbail)
Recent Post Dengan Gambar
Recent Post Dengan Gambar
Maksudnya adalah,  selain menampilkan posting / artikel/ berita terbaru, juga menampilkan gambar yang ada postingan terbaru tersebut.

Untuk masalah script sebenarnya keduanya tidak jauh berbeda, hanya saja kalian harus memahami fungsi didalam script recent post itu sendiri.
Setting isi recent post
Setting isi recent post
Untuk script keduanya tidak ada bedanya, kalian bisa dapatkan scriptnya dibanyak blog. disini saya akan bahas, Setting isi dari script . silahkan perhatikan gambar diatas, untuk melakukan editing. berikut ini cara untuk Modifikasi Script Recent Post:
  • var numposts = (Ganti angka yang kalian inginkan untuk menentukan jumlah recent post
  • var showpostthumbnails = (pilih true, untuk menampilkan gambar. ganti false, untuk tidak)
  • var displaymore = (pilih true, untuk menampilkan "read more". ganti false, untuk tidak menampilkan)
  • var displayseparator = (pilih true, untuk menampilkan garis pemisah antar post. ganti false, untuk tidak menampilkan)
  • var showcommentnum = (pilih true, untuk menampilkan jumlah komentar tiap post, ganti false untuk tidak menampilkan)
  • var showpostdate = (pilih true, untuk menampilkan tanggal tiap post. ganti false untuk tidak menampilkan)
  • var showpostsummary = (pilih true, untuk menampilkan cuplikan post. ganti false untuk tidak menampilkan.
  • var numchars = (pilih true, untuk menampilkan jumlah karakter pada cuplikan post. false, untuk tidak menampilkan.
Untuk cara pemasangan recent post diatas, tidak berbeda. yaitu seperti biasa kalian memasukkan script pada widget dan ikuti langkah berikut ini :

1. Masuk ke acount Blogger kalian, dan blog kalian
2. Pilih Tata Letak dan klik tambahkan gadget
3. Pilih HTML/ Java script
4. Pastekan kode script diatas, pilih yang kalian inginkan. Jangan lupa klik save. dan lihat hasilnya.

Demikian informasi tentang Cara Modifikasi Recent Post dan Memasangnya di Blogger yang bisa Oim Info bagikan, besar harapan saya kepada para blogger untuk terus berkarya selain juga memperbaiki tampilan blog nya. semoga bermanfaat

Tag : Blogging
2 Komentar untuk "Cara Modifikasi Recent Post dan Memasangnya di Blogger"

Tampilan recent post di blog ini mana mas, trus script mana yang dipaste. Kayaknya scriptnya tidak bisa di copy

untuk sementara saya memang belum pasang recent post mas, untuk script bisa anda lihat diblog-blog tutorial penyedia script mas, banyak... disini saya hanya menrangkan cara menaruh dan editing sriptnya mas....atau sy kirimkan lewat email heheh

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top