Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Ini Alasan Kenapa Guru Diwajibkan Punya NUPTK

Perlu disyukuri khususnya untuk para guru sebagi pahlawan tanpa jasa. Lantaran pemerintah saat ini semakin serius dalam mensejahterakan para Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)

Namun perlu dipahami bahwa program-program peningkatan mutu dan kesejahteraan PTK yang di programkan oleh pemerintah akan sulit dicapai, jika salah satunya para guru tidak merespone dengan baik program pemerintah ini. Dan yang menjadi salah satu kendala selama ini adalah masih banyak data PTK yang belum diketahui secara pasti. Sehingga rentan adanya kesalahan dalam distribusi program dan bantuan tersebut.
Alasan Guru Harus Memiliki NUPTK
Alasan Guru Harus Memiliki NUPTK

Oleh karena itu, pemerintah dalam hal ini Kemendiknas sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2005, mewajibkan kepada PTK untuk memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau disingkat dengan NUPTK.

NUPTK sendiri dibangun dan dirancang oleh PMPTK Depdiknas pada tahun 2006, dan selanjutnya pada tahun 2011 dilanjutkan dan dikelola oleh Sekretariat Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP)

Dengan alasan diatas, perlu kiranya http://www.oiminfo.net/ berbagi informasi tentang  Alasan Kenapa Guru Wajib Punya NUPTK. yang didapat dari http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/ Selain bertujuan agar program kesejahteraan guru dapat sampai dengan tepat, yang mana diantara program tersebut adalah Sertifikasi PTK. Karena dalam persyaratan lulus sertifikasi, salah satunya adalah memiliki NUPTK.

Selain itu, NUPTK dapat dijadikan analisis data dan sumber data yang selanjutnya akan dijadikan acuan bagi program-program BPSDMPK-PMP yang lain. Program tersebut antara lain, Uji Kompetensi PTK, Diklat PTK, dan Aneka Tunjangan PTK. 

Kiranya Ini Alasan Kenapa Guru Wajib Punya NUPTK yang perlu guru pahami, agar bagi para guru yang belum memiliki NUPTK untuk segera mendaftarkan diri. Bagi yang belum tahu prosedur memiliki NUPTK, silahkan baca tulisan pada link berikut http://www.oiminfo.net/2015/04/Cara-daftar-ulang-dan-Memiliki-NUPTK-bagi-PNS-dan-Non-PNS-2015.html

Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa NUPTK memiliki fungsi penting untuk terealisasinya program-program pendidikan. yang kesemuanya bertujuan untuk memajukan dan mensejahterkan para guru. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Ini Alasan Kenapa Guru Diwajibkan Punya NUPTK"

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top