Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Ketahui Perbedaan IP Address Dan MAC

Selamat datang kembali onliner. Dalam kesempatan kali ini Oim Info akan membahas pengalaman tentang dua istilah yang tidak asing khususnya bagi Teknisi Jaringan. Yaitu IP Address dan MAC. Jika kalian mengetahui perbedaan Perbedaan IP Address Dan MAC, kalian bisa mengatur dan mengelola sebuah jaringan dengan lebih baik. Untuk lebih jelasnya silahkan baca  pada link berikut http://www.oiminfo.net/2015/04/setting-local-ip-pada-router-tp-link.html

Perbedaan IP Address Dan MAC

Internet Protocol Address atau disingkat dengan IP Address, merupakan sebuah deretan nomor dalam sebuah jaringan, yang diberikan pada perangkat yang tersambung dengan pusat server. artinya, jika sebuah smartphone dihubungkan dengan sebuah server tertentu (Gampangnya, dihubungkan dengan wifi), maka smartphone tersebut sebenarnya memiliki IP address, alamat yang biasanya berupa angka.

Sedangkan MAC Management Access Control, marupakan deretan huruf dan atau angka, yang dijadikan sebagai inisial bagi sebuah perangkat. Terhubung dengn sebuah jaringan ataupun tidak, sebuah perangkat memiliki MAC ini. Jika kalian belum tahu dimana MAC dapat ditemukan di sebuah perangkat, baca artikel http://www.oiminfo.net/2015/04/cara-menemukan-ip-dan-mac-komputer-dan-smartphone.html

Untuk mempermudah pengetahuan kalian tentang IP address dan MAC silahkan perhatikan gambar berikut ini :
Contoh IP Address dan Management Access Control
IP Address dan Management Access Control

Sebagai contoh :
IP Address untuk server = 192.168.0.1
dan sudah disediakan IP Address dengan berurutan mulai 192.168.0.1 sampai 192.168.0.10. berarti masih ada sembilan IP address yang belum dipakai.

Kemudian jika kalian ingin mendaftarkan beberapa perangkat

  • Komputer  yang diketahui MAC nya =A 123
  • Laptop yang diketahui MAC nya =B 123
  • Tablet yang diketahui MAC nya =C 123
  • Smartphone yang diketahui MAC nya =D 123


Maka kalian harus menyertakan MAC masing-masing perangkat pada IP address yang masih tersedia di server. Mislanya jadinya seperti ini :

  • Komputer  yang diketahui MAC nya =A 123 dengan IP Address 192.168.0.2
  • Laptop yang diketahui MAC nya =B 123 dengan IP Address 192.168.0.3
  • Tablet yang diketahui MAC nya =C 123 dengan IP Address 192.168.0.4
  • Smartphone yang diketahui MAC nya =D 123 dengan IP Address 192.168.0.5
Kesimpulannya, IP Address adalah sebuah alamat yang diberikan oleh server, sedangkan MAC adalah inisial khusus yang sudah dimiliki setiap perangkat.

Demikian tulisan http://www.oiminfo.net/ tentang Perbedaan IP Address Dan MAC semoga teman-teman Teknisi Jaringan khususnya pemula dapat menambah pengetahuannya. semoga bermanfaat.

Oya, sebagai tambahan jika ada yang kurang dipahami silahkan bertanya, nanti akan saya jawab sebisa mungkin, sebagai rasa tanggung jawab saya membuat tulisan ini.
1 Komentar untuk "Ketahui Perbedaan IP Address Dan MAC"

Oh, kalau begitu MAC adress itu sama artinya dengan identitas sebuah mesin komputer gitu ya Sob?

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top