Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Lima Penyedia Deteksi dan Cek Copypaste

Selamat datang kembali onliner, Semoga kalian masih tetap semangat. Kali ini Oim Info ingin berbagi informasi yang sangat penting. khususnya bagi kalian yang sedang mengelola blog, atau yang sedang suka menulis artikel.

Seperti yang sahabat ketahui bahwa plagiat atau asal comot punya orang lain, merupakan pelanggaran hak cipta.  apalagi bagi seorang blogger, yang notabene sering menulis di blog nya. Maka seyogyanya memiliki mental bertanggung jawab atas apa yang ditulis, dan menjadi blogger sehat. Apa blogger sehat? baca tulisan ini Blogger Sehat? Sisi Lain dari Blogger [http://oiminfo.net/2015/04/blogger-sehat-sisi-lain-dari-blogger.html]
Say NO To Plagiarism
Say NO !! To Plagiarism

Oleh karena itu, Oim Info akan membahas dan menjelaskan Lima Penyedia Deteksi dan Cek Copypaste . Web berikut ini bermanfaat bagi kalian yang ingin tahu apakah sebuah tulisan pernah dibuat orang ataupun tidak. berikut kelima penyedia tersebut:

  • Copyscape
Web yang satu ini lumayan komplit untuk mendeteksi copypaste sebuah artikel, penggunaannya simpel karena sahabat tinggal memasukkan url / link artikel yang berada diblog dan klik go. dengan hitungan detik, akan ada laporan. jika konten Url yang dimasukkan terdapat copyaste, maka kalian akan lihat list blog yang menggunakan konten yang sama. jika tidak terdapat konten copypaste, maka akan ada laporan 0 result.
  • ContenRescue
Penyedia deteksi copypaste selanjutnya tidak kalah dengan sebelumnya. Karena ContenRescue  memudahkan sahabat untuk mendeteksi konten yang berpotensi memiliki pelanggaran copypaste. dengan cara mengcopy text yang diinginkan, atau dengan cara mengupload filenya. dan dengan sendirinya dapat mendeteksi. Untuk yang satu ini, kalian harus mendaftarkan terlebih dahulu.
  • ArticleChecker
Dari namanya saja sudah bisa ditebak, kalau web yang satu ini memang khusus untuk pendeketsi teks copypaste. selain penggunaannya sangat mudah, penyedia ini tidak memerlukan pendaftaran. kalian bisa langsung mengcopy teks yang kalian ingin cari, atau Url postingan. kemudian klik compare dengan mencentang dua pilihan browser yang diinginkan. Namun memang web ini tidak menyediakan upload file seperti dua penyedia sebelumnya. namun menurut saya tetepa layak dipakai.
  • Duplichecker
Untuk web yang satu ini tidak jauh dengan sebelumnya, dan tetap mudah untuk dipakai. Kalian dapat memilih dua cara, yaitu mengupload file atau memasukkan teks yang ingin sahabat cari. kemudian tekan search.

Jika terdapat konten yang dijiplak, maka akan ada list alamat yang menggunakan isi yang sama. Namun jika tidak, kaliam akan mendapatkan laporan no result. Untuk pengguna pertama kali tidak diperlukan pendaftaran alias gratis, namun jika kalian tertarik, selanjutnya harus mendaftarkan diri.
  • Plagiarisma

Dan web yang terakhir ini lebih simpel dari sebelumnya. selain dapat mendeteksi 190 bahasa, penggunaannya bisa gratis (akan tetapi memang ada batasan fasilitas).

Selain itu juga support untuk berbagai file  PDF, DOC, DOCX, RTF, ODT, TXT ataupun HTML. kalian tinggal pilih diantara cara, dengan memasukkan teks atau upload file, dan tekan check duplicate content. maka akan terpampang kalkulasi tingkat keaslian konten.

Demikian informasi tentang Lima Penyedia Deteksi dan Cek Copypaste yang dapat Oim Info bagikan kali ini. Dengan harapan semoga sahabat tetap konsisten dalam menulis namun tetap menjaga hak intelektual orang lain. maka SAY NO TO COPY PASTE. Semoga bermanfaat.

Tag : Blogging
13 Komentar untuk "Lima Penyedia Deteksi dan Cek Copypaste"

Mantab nih kang artikelnya untuk menecek copas blogger, numpang komentar pertamax dulu ya disinii :)

Copyscape masih teap recomended untuk urusan copy paste, tapi untuk pilihan sebenarnya persoalan selera. jadi terima kasih buat oim info karena sudah memberikan lima pilihan lengkap dengan penjelasannya.

betul mas rudhy, oleh karenanya saya memasang penyedia yang lain... dan menempatkan copyscape yang pertama

Sebelum baca artikel ini cuma tau sama copyscape aja. Setelah baca ini jadi nambah lagi deh pengetahuannya hehe. Thanks sharing-nya :)

semoga bermanfaat mbak dara agusti Maulidya...

dengan ke 5 situs tesrsebut kita jadi bisa mendeteksi hasil plagiat blogger ya mas,hehe.TErimakasih infonya :)

Yups betul mbak Defa Ramahani... Sama-sama semoga bermanfaat

sangat bermanfaat mas,, semoga kita termasuk blogger anti plagiator ya... :)

alhamdulilah kang, artikel yang saya cek hasilnya negatif..coba kalo positif bingung ngurusnya...sip kang abdur maju terus

bisa, silahkan saja dicoba, tidak perlu izin kang hehe

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top