Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Perbedaan Domain, Hosting dan CMS

Oim Info kali ini akan berbagi Informasi seputar Perbedaan Domain, Hosting dan CMS. pasti kalian sering mendengar tiga kata ini, namun banyak diantara kalian yang kurang memahami. betul gak? nah saya mulai dari domain dulu.

Perbedaan Domain, Hosting dan CMS

  • Apa itu Domain ? 
Domain adalah nama yang dijadikan alamat bagi sebuah IP address, baik berupa server atau email. Mislanya saya buat contoh, Domain adalah nama bagi alamat dan toko. Mislanya sebuah toko yang beralamatkan disebuah desa, alamat ini adalah IP address, yang kemudian kita ganti dengan nama toko tertentu. jadi domain dapat menggantikan posisi alamat IP address.
Domain tersebut memiliki dua level.
  1.  Top Level : Deretan nama paling belakang, biasanya setelah "." (dot). seperti contoh  .com (dotcommercial) .net (dotnetwork) .org(dotorganization) .edu(doteducation) .gov(dotgoverment) .mil(dotmilitary) .info (dotinfo)  dan lain-lain. Domain Top level ini terbagi menjadi dua, ada Global Top Level Domain (gTLD), seperti contoh tersebut. dan  Country Code Top Level Domain (ccTLD), contoh khusus identitas lokasi negara Indonesia .co.id .web.id dan lain-lain.
2. Second Level. Deretan nama sebelum Top Level. agar lebih paham lihat dalam gambar berikut ini :

  • Apa itu Hosting ?
Hosting adalah ruangan tempat (space) penyimpanan data yang berada di hardisk server. singkatnya, hosting adalah kapasitas blog yang tersimpan disebuah pusat penyimpanan  (server). Ibaratnya sebuah rumah, maka kapasitas isi adalah hostingnya.
  • Apa itu CMS ?
Dari namanya saja CMS (Content Management System). merupakan sistem yang mengatur, memperbaharui, mengganti mengedit kontent blog. CMS ini berisi kode-kode dan script yang rumit. sehingga membentuklah sebuah tampilan blog. Memang agak sulit memahami CMS, untuk lebih mudahnya saya beri sebuah contoh. CMS mirip dengan sebuah Perusahaan yang menyediakan sebidang lahan untuk pembangunan rumah (Blog), Perusahaan ini juga telah menyediakan berbagai fasilitas secara umum. Nah, pemliki rumahlah yang nantinya mendesign sendiri, warna, nama, dan isi rumah,

Saya harap dengan sedikit penjelasan diatas, kalian bisa sedikit memahami Domain, Hosting dan CMS.

Nah dengan mengetahui ketiganya, kalian sekarang bisa dengan mudah memulai pembuatan blog.semoga bermanfaat kawan.
0 Komentar untuk "Perbedaan Domain, Hosting dan CMS"

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top