Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Rempah-rempah yang mudah ditemukan dan Khasiat Pengobatannya

Onliner budiman, menjaga kesehatan itu penting, tapi mengobati sakit juga penting. Bagi manusia yang hidup, tentu tidak bisa terhindar dari yang namanya sakit. Namun seringkali kita mengabaikan dan enggan mengobati sakit tersebut, karena dinilai sakit ringan.

khasiat rempah rempah bagi kesehatan

Sehingga tanpa kita sadari bisa jadi akan berdampak tidak baik untuk diri kita apalagi untuk orang lain. Seperti contoh, jika kalian sedang sakit pilek (Influenza) segeralah diobati, karena penyakit yang satu ini termasuk kategori penyakit yang menular. Jangan jadikan orang disekitar kita menjadi korban akibat kelalaian kita sendiri hanya karena kita enggan untuk segera mengobati penyakit itu.

Sementara itu,  dalam mengatasi penyakit yang tergolong ringan banyak diantara kita yang mengandalkan obat-obat yang dibeli dari apotek atau toko obat. Padahal, Tanpa kita sadari sebenarnya banyak obat sederhana yang mudah kita temukan disekitar kita. Salah satunya dapat kita temukan di Dapur. Misalnya rempah-rempah yang menjadi bumbu wajib bagi masakan.

Dari itu maka Oim Info merasa penting untuk berbagi informasi tentang  Rempah-rempah yang mudah ditemukan dan Khasiat Pengobatannya. Berikut ini beberapa rempah-rempah yang biasa kita temukan khususnya didapur, yang memiliki manfaat untuk pengobatan penyakit khususnya yang ringan.
  • Jahe (Zingiber Officinale) 
Rempah yang satu ini sangat mudah kita dapati didapur, dan asalkan kalian tahu selain memiliki manfaat mengahangatkan tubuh disaat musim dingin, Jahe juga dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit,. Antara lain : dapat mengobati perut kembung, migraine atau sakit kepala sebelah,  demam, batuk, sakit gigi, menghilangkan atau mengobati, jerawat dan masih banyak lagi, bahkan Jahe dapat mengobati dari gigitan ular.

Selain itu khusus bagi yang ingin diet, jahe juga dapat  menurunkan berat badan dan kolestrol, dan mengatasi perut buncit.

  • Kemiri  (Aleurites moluccana)
Rempah yang satu ini juga tidak kalah mudah untuk kita temukan didapur. Salah satu penyedap rasa pada bumbu makanan yang satu ini juga memiliki khasiat dibidang pengobatan. Diantaranya, kemiri dapat mengobati disentri, sakit gigi, sariawan dan demam.

  • Ketumbar (Corandrum Sativum)
Jahe dan Kemiri serasa tidak lengkap tanpa adanya rempah yang satu ini. yaitu ketumbar. Sama dengan nomor 1 dan 2, ketumbar juga sangat mudah kita temukan didapur. Dan perlu diketahui selain memiliki banyak kandungan antara lain, Sabinene, Myrcene, Asam Petroselinat, asam Oktadasenat, Geraniol dan masih banyak lagi, rempah yang satu ini juga memiliki khasiat pengobatan. Diantaranya, ketumbar dapat mengobati perut kembung, Mengobati radang pada tubuh, Pilek (Influenza), Pusing atau sakit kepala,  Wazir / ambeien, Masuk angin, bahkan juga dipercaya dapat menambah nafsu makan dan memperlancar ASI ibu.

  • Bawang
Siapa yang tidak tahu bawang? Urusan tumis, bawang harus menjadi salah satu bumbu yang harus ada. Nah, bawang yang biasa kita temukan didapur memiliki dua jenis, bawang merah dan bawang putih. Tahukah kalian bahwa keduanya memiliki khasiat pengobatan? Berikut ini khasiat bawang dalam pengobatan :
  1. Bawang Merah (Allium cepa L. var Aggregatum): Mencegah kanker, mengobati masuk angin, melindungi kesehatan jantung, memelihara kesehatan mulut dan gigi, menyeimbangkan urin dan mengobati jerawat.
  2. Bawang Putih (Allium sativum) : Obat infeksi, sebagai Antioksida, Mengobati pilek (Influenza) dan batuk, Mencegah diabetes, menurnkan kolestrol tubuh, dan menurunkan tekanan darah.
  • Garam  dan Gula
Sekedar tambahan, garam dan gula walaupun tidak dikategorikan rempah-rempah, namun keduanya juga menjadi penambah bumbu masakan. dan sangat mudah kita temukan.

  1. Garam atau dalam ilmu kimia diistilahkan dengan NaCl (natrium klorida) juga memiliki khasiat dalam pengobatan. Antara lain dapat mencegah Depresi, Sebagai Imun atau meningkatkan kekebalan tubuh, Mencegah otot kejang, diabetes, mengobati asma karena garam dapat meredakan peradangan dalam sisitem pernafasan  dan masih banyak lainnya. Bahkan garam mampu mencegah Osteoporosis.
  2. Sedangkan gula (Glukosa), juga memiliki khasiat pengobatan, antara lain dapat membunuh kuman yang terdapat pada luka, mencegah rasa nyeri khususnya bagi anak kecil.  Bahkan gula dapat memperkuat tangkai bunga, dengan cara mencampurkannya pada air dan menyiramkan secara teratur.

Selain Garam dan Gula masing-masing memiliki khasiat, campuran Garam dan Gula juga bisa dijadikan oralit, dan menjadi obat pencegah deare.

Demikian informasi kesehatan tentang tentang  Rempah-rempah yang mudah ditemukan dan Khasiat Pengobatannya yang bisa http://www.oiminfo.net/ bagikan. Dengan harapan semoga teman-teman dapat terjaga dari berbagai macam penyakit. Yang tentunya dengan cara menjaga kesehatan, rajin berolahraga dan segera mengobati ketika penyakit mulai datang. Semoga bermanfaat.

9 Komentar untuk "Rempah-rempah yang mudah ditemukan dan Khasiat Pengobatannya"

Wah lengkap dengan nama ilmiahnya, info nya keren mas. Sukses

info yang sangat membantu sekali mas

makasih mas.... itu rempah pasti ada di dapur.....

malam kang abdur, infonya ok, saya tunggu nih artikel herbal berikutnya..wassalam

Malam juga kang Teguh... siap....

sukse ya om .. semangat ngeblog sama ngajar hehehe

sukses juga buat om bujo... sang master blog hehehe

info yg menarik
ramuannya gimana gan?
maksudnya, misal kemiri untuk disentri, harus berapa butir dan diapakan gitu?

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top