Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Setting Local IP Pada Router TP-Link Model TL-MR3420

Selamat datang kembali Onliner yang budiman. Kali ini Oim Info ingin berbagi pengalaman Setting Local IP Dengan Router TP-Link Model TL-MR3420. Sebagian kalian, khususnya yang berprofesi sebagai Teknisi Jaringan, sudah bisa dipastikan sudah memaksimalkan manfaat dan fungsi router. Bagi yang belum mengetahui apa itu router dan apa funginya, silahkan baca tulisan Fungsi dan Manfaat Router

Setting Local IP Pada Router TP-Link Model TL-MR3420

Dalam tulisan ini, roter yang saya digunakan adalah Router TP-LINK dengan Model No. TL-MR3420. berikut ini tampilannya :

Untuk mempersingkat waktu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Silahkan masuk ke TP-Link kalian, biasanya alamat basic IP dari router ini adalah 192.168.0.1, jangan lupa isi username dan passwordnya. Biasanya username dan password bawaannya, adalah admin.
  • Selanjutnya klik DHCP, dan pilih DHCP Setting. isi Start Port dan End Port. Maksud Start Port adalah awal IP local yang akan berhubungan dengan TP-Link nya. Sedangkan End Port adalah akhir. dalam tulisan ini, saya buat contoh :
Contoh : 
192.168.0.1 = adalah server TP-Link
192.168.0.2  sampai 192.168.0.100 = alamat local IP, bagi perangkat (Baik komputer, Laptop ataupun smartphone yang berhubungan dengan TP-Link.
Artinya, TP-Link saat ini menyediakan 99 IP yang bisa digunakan, selain IP untuik TP-Link.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :
Setting DHCP pada TP-Link
Foto : Koleksi Pribadi

3. Jangan lupa klik Save. Jika kalian diminta untuk reboot, maka klik saja reboot dan tunggu sejenak.

Nah, sampai disini kalian sudah melakukan Setting Local IP Dengan Router TP-Link Model TL-MR3420. Jika ada komputer, Laptop, Atau Samrtphone yang terhubung dengan TP-Link, secara otomatis akan memiliki TP-Link dengan acak. kecuali jika kalian daftarkan perangkat tersebut pada Local IP tertentu, maka nanti IP perangklatnya tidak berubah. 

Demikian tulisan tentang Setting Local IP Dengan Router TP-Link Model TL-MR3420, semoga kawan-kawan yang sedang pembahasan tentang tulisan ini, dapat menambah ilmu dan dapat diterapkan.

0 Komentar untuk "Setting Local IP Pada Router TP-Link Model TL-MR3420 "

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top