Khasiat Kesehatan dibalik uniknya tumbuhan Putri Malu

Masih ingat sama tumbuhan yang biasa disebut dengan Putri Malu ? yang masa kecilnya suka main diluar rumah pasti tau sama tumbuhan satu ini, sedikit cerita dulu waktu kecil suka banget main tumbuhan ini karna tumbuhan tersebut akan mengerut saat disentuh, untuk yang belum tau seperti apa putri malu itu, ini nih penampakannya

khasiat putri malu untuk kesehatan

Putri malu yang mempunyai nama latin Mimosa Pudica L ini daunnya akan mengerut saat disentuh, hal ini terjadi karena secara biologi tumbuhan putri malu mempunyai kepekaan terhadap rangsangan sedangkan secara sifat hal tersebut dianggap sifat pemalu pada tumbuhan, karena itulah tumbuhan ini disebut Putri Malu. Tumbuhan ini mudah kita jumpai di rumput-rumput liar, ciri-cirinya memiliki daun kecil yang yang tersusun, bentuk lonjong dengan ujung yang lancip, tanaman ini kadang berbunga, bunganya berbentuk bulat, warna merah muda, dan berduri pada batangnya.

Nah, ternyata dibalik uniknya tumbuhan ini terdapat khasiat yang dapat digunakan untuk pengobatan penyakit mulai dari akar sampai daunnya. Berikut akan dijelaskan beberapa cara pengobatan yang menggunakan tumbuhan putri malu. unik kan? seperti halnya tulisan tentang kesehatan sebelumnya yakni Khasiat Kesehatan Dibalik Angkernya Pohon Beringin

Hepatitis
Hepatitis ini adalah penyakit peradangan hati karena berbagai sebab. Penyebab tersebut adalah beberapa jenis virus yang menyebabkan peradangan dan kerusakan pada sel-sel dan fungsi organ hati. Berikut cara meracik Putri tidur untuk penyakit Hepatitis
  • Siapkan 10 gram putri malu dan 200 cc air putih
  • Rebus putri malu dengan menggunakan air yang sudah disiapkan. Tunggu sampai mendidih kira-kira 15 menit
  • Setelah mendidih, minum hasil rebusan secara rutin

Insomnia
Insomnia adalah penyakit yang menyebabkan seseorang susah tidur. Berikut cara meracik Putri tidur untuk penyakit Insomnia
  • Siapkan 30-60 gram daun putri malu dan 400 cc air putih
  • Rebus daun putri malu dengan menggunakan air yang sudah disiapkan. Tunggu sampai mendidih.
  • Setelah mendidih, minum hasil rebusan secara rutin

Bronchitis Kronik
Penyakit Bronchitis merupakan salah satu penyakit yang menyerang paru-paru. Berikut cara meracik Putri tidur untuk penyakit Bronchitis
  • Siapkan 60 gram akar putri malu dan 600 cc air putih
  • Rebus akar putri malu menggunakan air yang sudah disiapkan, direbus dengan api yang kecil sehingga air menjadi 200 cc
  • Minum hasil rebusan untuk dua kali minum
Batuk Berdahak
  • Siapkan 10-15 gram akar putri malu dan 200 cc air putih
  • Rebus putri malu dengan menggunakan air yang sudah disiapkan. Tunggu sampai mendidih 
  • Setelah mendidih, minum hasil rebusan 
Rematik
  • Siapkan 15 gram akar putri malu dan 500 cc arak putih
  • Rendam akar putri malu dalam arak putih selama 2 minggu
  • Setelah 2 minggu tempelkan ditempat yang sakit
Itu dia sebagian khasiat putri malu untuk kesehatan yang bisa Oim Info bagikan, selain mengobati penyakit yang diatas, masih banyak lagi khasiat tumbuhan putri malu yang bisa kita gunakan untuk menyembuhkan. Dan Perlu diketahui tumbuhan putri malu ini tidak boleh dikonsumsi bagi ibu hamil karna bisa mengakibatkan kematian pada janin.

Info Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »

17 comments

Click here for comments
10 Mei 2015 19.13 ×

banyak juga ya manfaatnya mas, oiya mas arak putih itu yang bagaimana?

Reply
avatar
10 Mei 2015 20.04 ×

Baru tahu saya mas kalau tumbuhan putri malu bisa mengobati imsomnia

Reply
avatar
10 Mei 2015 21.31 ×

hebatnya Indonesia.. tumbuhan yang sering dibuat mainan saat kecil dulu ternyata berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit :) Negara lain bakal iri kalau tau soal ini...

Reply
avatar
11 Mei 2015 04.32 ×

hepatitisnya tipe apa ya mas?

Reply
avatar
11 Mei 2015 05.50 ×

arak putih itu minuman keras dengan kadar alcohol yang cukup tinggi mas, tapi disini caranya bukan diminum loh ya... hehe :D

Reply
avatar
11 Mei 2015 05.53 ×

semua jenis hepatitis mbak @Ninik

Reply
avatar
11 Mei 2015 09.36 ×

mantap sekali ya mas putri malu ini bisa juga dijadikan pengobatan herbal, dan sangat mudah didapatkan kalo di tempat saya :)
semoga bermanfaat buat yang mempunyai penyakit seperti diatas :)

Reply
avatar
11 Mei 2015 14.23 ×

ga salah kalo di indonesia banyak tukang jamu. tumbuhan yang biasa aku injak2 aja . banyak sekali manfaatnya

Reply
avatar
11 Mei 2015 14.25 ×

btw anda punya penyakit diataskah mas? hehehe

Reply
avatar
11 Mei 2015 14.25 ×

hehehe itulah indonesia mas...

Reply
avatar
Anonim
admin
11 Mei 2015 17.15 ×

Ternyata banyak juga manfaatnya ya mas, saya baru tau. saya kira tumbuhan putri malu itu gak ada manfaatnya. soalnya disentuh langsung layu haha

Reply
avatar
11 Mei 2015 18.30 ×

itu kan zaman dulu emang tahunya gitu mas hehehehe

Reply
avatar
Anonim
admin
11 Mei 2015 19.50 ×

Harus diminum oleh blogger kayaknya ini hasil rebusan putri malu supaya jangan begadang terus hehehehe Tapi air rebusan daun putri malu sangat baik daripada pakai obat tidur yang bisa menyebabkan ketergantungan

Reply
avatar
11 Mei 2015 21.45 ×

Benul mas, eh betul maksud saya :D
lagi pula terkadang obat banyak campuran bahan kimianya ex:pengawet. Mending yg alami saja tanpa bahan pengawet

Reply
avatar
18 Mei 2015 09.32 ×

Baru tahu ni saya pak, dulu waktu kecil emang sering mainin putri malu....khasiannya cocok pula untuk hepatitis, nanti tak saranin ama saudara saya yang kena hepatitis.

Makasih infonya

Reply
avatar
21 Mei 2015 11.23 ×

baru tahu tumbuhan putri malu bisa buat pengobatan, saya kira hanya sekedar tumbuh-tumbuhan saja

Reply
avatar
17 Juli 2017 14.56 ×

Perlu hati hati juga om dengan tumbuhan yang satu ini. Resikonya tinggi lho. Sudah tau belum?
Kalau kena durinya sakit om dan bisa menyebabkan gatal gatal hehehe

Reply
avatar

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar ConversionConversion EmoticonEmoticon