Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Pencairan BOS Madrasah 2015 Amburadul? Ini Alasannya

Pencairan Dana BOS Madrasah Amburadul
Pencairan Dana BOS Madrasah Amburadul
Sahabat guru, Pendidikan merupakan penopang penting sebuah bangsa. Dengan pendidikan yang baik akan terbangun sebuah peradaban yang maju. Dua pesan paling penting dalam pendidikan di Indonesia yang harus diingat dan diterapkan, yaitu menyediakan dan memberikan kesempatan pendidikan seluas-luasnya bagi generasi, serta terus memperbaiki kualitas pendidikan.

Sebenarnya program-program pemerintah sudah menuju kepada dua pesan tersebut datas, namun perlu adanya evaluasi yang menyeluruh. Pasalnya, salah satu program pemerintah berupa Bantuan Operasional Sekolah untuk madrasah 2015, pencairannya mengalami keterlambatan. Maka bisa dikatakan Pencairan BOS Madrasah tahun 2015 Amburadul.  Dari informasi yang didapat dari http://www.jpnn.com/read/2015/05/10/303051/Pencairan-BOS-Madrasah-Amburadul dari 34 Kantor Wilayah Kementerian Agama, saat ini masih 7 kantor wilayah yang dapat mencairkan, dan sudah diberikan kesekolah-sekolah. Ketujuh Kanwil tersebut, masing-masing Lampung, Gorontalo, Banten, Jawa-Tengah, Sumatera Selatan, NTT dan Maluku.

Sisanya, sebanyak 27 Kantor wilayah kemenag, masih belum bisa mencairkan BOS tersebut, kenapa? dari sejumlah informasi yang didapat. keterlambatan tersebut, disebabkan peraturan Kementerian Keuangan yang mengubah dana BOS dari Akun 57 menjadi Akun 52. Maksudnya? Akun 57 masuk pada kelompok Bantuan Sosial, sedangkan Akun 52 masuk pada kelompok belanja barang. sehingga hal itu bermasalah bagi kementerian agama, Pasalnya dalam kemenag tidak ada Akun Belanja Barang. Namun hal ini tidak berlaku pada Kemendikbud. oleh karenanya, untuk sekolah-sekolah dibawah kemendikbud, dana BOS sudah bisa dicairkan sesuai dengan jadwal dan ketentuannya.

Pertanyaan berikutnya, kenapa terjadi perubahan Akun? masih dari sumber yang sama, menurut Irjen Kemenag Mochammmad Jasin ditegaskan alasan perubahahan yang ditetapkan kementerian keuangan tersebut, atas usulan / masukan dari KPK dan BPKP

Walaupun faktanya Revisi JUKNIS BOS Madrasah 2015 sudah diterbitkan, nyatanya masih dibutuhkan evaluasi berkenaan dengan peraturan menteri keungan tersebut.

Itulah yang bisa Oim Info yang dapat dinformasikan, berkenaan dengan alasan Pencairan Dana BOS madrasah mengalami hambatan, dan tidak bisa segera cair. Sahabat guru, Besar harapan khususnya kita para guru dimadrasah yang berada dibawah kantor wilayah kemenag yang dana BOSnya belum dicairkan, agar segera dicairkan. Agar pemerataan kesejahteraan pendidikan dapat dicapai, sehingga dua pesan diatas juga dapat terwujud.
4 Komentar untuk "Pencairan BOS Madrasah 2015 Amburadul? Ini Alasannya"

Ini ternyata sebabnya soal bos yang tersendat untuk Madrasah. Perubahan akun yang dilakukan oleh pihak terkait harus segera ditangani untuk mengejar keterlambatan penciaran dana BOS. 27 merupakan jumlah yang cukup banyak, berapa siswa yang masih belum mendapatkan pencairan dana. Semoga segera teratasi.

semoga segera cair agar operasional sekolah juga semakin lancar

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top