Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Info Terbaru Program Beasiswa Pendidikan Kader Ulama (PB-PKU)

Selamat datang kembali para pemarhati pendidikan. pada kesemapatan kali ini Oim Info akan berbagi informasi terbaru Program Beasiswa Pendidikan Kader Ulama (PB-PKU) 2015. Perlu diketahui bahwa program yang diadakan oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jenderal pendidikan Islam ini bertujuan untuk untuk menghasilkan kader ulama di bidang Manajemen Pendidikan dan kajian Islam Nusantara yang memiliki sikap, mental, dan kemampuan akademis keagamaan Islam (Tafaqquh Fiddin) dan kompetensi keilmuan setingkat magister (S2).

Program Beasiswa Pendidikan Kader Ulama

Dalam surat edarannya, Nomor : DT.I.III/HM.01/2606/2014, tertanggal 3 November 2014, disebutkan setidaknya terdapat dua bidang target program yang ingin dicapai dari program ini, yakni bidang Manajemen pendidikan (sebanyak 25 orang), dan Bidang kajian Islam Nusantara (sebanyak 25 orang)

Untuk mengetahui surat edaran tersebut, silahkan download pada link berikut ini :

SURAT EDARAN BEASISWA PENDIDIKAN KADER ULAMA
[http://kemenag.go.id/file/file/Dokumen/ztcv1415071068.pdf]
(sumber : htpp://kemenag.go.id/)

Dua bidang tersebut menjadi target dikarenakan beberapa alasan, Yaitu :

  1. Semakin langkanya ulama dan pengasuh pondok pesantren akibat meninggal dunia, sehingga umat semakin butuh terhadap figur yang dapat diteladani dan sekaligus generasi pelanjut dalam pengasuhan pondok pesantren.
  2. Sosok tokoh yang memiliki kompetensi ulama semakin minim.
  3. Belum adanya proses regenerasi pengasuh pondok pesantren yang baik, artinya pola kaderisasi penerus pondok pesantren belum mencerminkan pada penyiapan penerus yang mapan.
  4. Umat muslim di Indonesia perlu untuk dibimbing sehingga tidak terjerumus pada kondisi yang memperihatinkan.

Proses pendidikan dalam program ini juga terbilang unik, pasalnya para peserta yang telah dinyatakan lulus, akan menempati dua pesantren yang ditunjuk, guna mendalami keagamaannya. Sementara itu, mereka juga diharuskan mengikuti perkuliahan di dua Universitas untuk menyelesaikan studi pada bidangnya. Dan kesemuanya ditempuh selama 2 tahun, yakni tahun anggaran 2014 sampai 2015. 

Setidaknya terdapat dua pesantren yang dipilih sebagai asrama menetap para peserta yang telah lulus dalam program tersebut, yang sesuai dengan bidang masing-masing. Untuk bidang Manajemen Pendidikan adalah Pesantren Al-Hikam Malang bekerjasama dengan Pascasarjana UIN (Universitas Islam Negeri) Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur. Sedangkan Bidang Kajian Islam Nusantara terpilih Pesantren Al-Aqsha Jakarta bekerjasama dengan Pascasarjana STAINU (Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama) Jakarta.

Demikian informasi tentang Info Terbaru Program Beasiswa Pendidikan Kader Ulama (PB-PKU), yang dapat Oim Info bagikan, untuk mengetahui nama-nama peserta yang telah lulus seleksi, silahkan baca Info Terbaru Peserta Program Beasiswa Pendidikan Kader Ulama, Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Info Terbaru Program Beasiswa Pendidikan Kader Ulama (PB-PKU)"

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top