Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Kenali Aplikasi VerVal Calon Peserta Ujian Nasional Madrasah TP 2015/2016

Sahabat Oim, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Ujian Nasional (UN) sebentar lagi akan tiba. Maka seluruh komponen pendidikan, terutama para guru, murid, operator sekolah, harus sesegara mungkin mempersiapkan segala hal guna turut serta mensukseskan UN tersebut.

Kenali Aplikasi VerVal Calon Peserta Ujian Nasional Madrasah TP 2015/2016

Khusus para operator sekolah, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya berkenaan dengan mekanisme dan tahapan pendataan Calon Peserta Ujian Nasional (selanjutnya disingkat menjadi CAPESUN), untuk lebih jelasnya silahkan baca : Mekanisme Terbaru Pendataan Calon Peserta UN Madrasah TP 2015/2016.  Mungkin diantara para operator sekolah masih kebingungan proses pendataan tersebut, khususnya cara memasukkan data pada Aplikasi VerVal UN.


Berikut ini akan kami bagikan informasi tentang Aplikasi VerVal Calon Peserta Ujian Nasional Madrasah TP 2015/2016. Informasi ini pasti sangat dibutuhkan oleh operator sekolah sebagai petugas yang akan mengisikan data pada aplikasi tersebut. Ok, langsung saja ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut ini :
  1. Silahkan kalian masuk kealamat berikut ini pada browser http://emispendis.kemenag.go.id/vervalun
  2. Kemudian masukkan nama dan sandi. Nah, agar bisa login, kalian harus masuk menggunakan akun operator sekolah / madrasah. Nama Pengguna dan Sandi, sama persis dengan yang digunakan ketika login pada EMIS Online. Jadi tentunya pihak madrasah / operator sekolah sudah pasti tahu tentang hal ini.
  3. Selanjutnya kalian akan masuk pada halaman utama EMIS, yang berisi identitas madrasah, user maupun Menu Aplikasi disebelah kiri.
  4. Pada menu aplikasi terdapat beberapa fitur sekaligus fungsi yang disediakan yakni :

    • Beranda : Menu untuk kembali ke tampilan awal aplikasi.
    • Calon Peserta UN : Menu untuk mulai melakukan verifikasi dan validasi data CAPESUN Madrasah.
    • Unduh Data CAPESUN : Menu untuk mengunduh file data Daftar Calon Peserta (DCP) Ujian Nasional Madrasah yang sudah sesuai dengan format data Puspendik Kemendikbud.
    • Cetak BA CAPESUN : Menu untuk melakukan cetak dan unduh Berita Acara Serah Terima DCP UN dari pihak lembaga/madrasah kepada Panitia Pendataan UN tingkat Kab./Kota di Dinas Pendidikan Kab./Kota.
    • Pengaturan : Menu untuk melakukan pengaturan data pihak-pihak yang akan menandatangani Berita Acara Serah Terima DCP UN, yang terdiri dari Kepala Seksi Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam pada Kankemenag Kab./Kota setempat dan Panitia Pendataan UN tingkat Kab./Kota yang akan menerima file DCP dari madrasah. Data Kepala Madrasah yang bersangkutan secara otomatis akan diambil dari data EMIS yang telah diupload. 
    • Keluar Aplikasi : Menu untuk keluar dari aplikasi.

Namun sebelum kalian masuk pada aplikasi tersebut perlu diketahui bahwa untuk dapat melakukan verval data CAPESUN tersebut, madrasah (atau operator madrasah) harus sudah melakukan upload data EMIS Semester Ganjil TP 2015/2016 melalui Aplikasi EMIS Online. dan pastikan sebelum login, koneksi internet stabil. Demikian informasi singkat tentang Aplikasi VerVal Calon Peserta Ujian Nasional Madrasah TP 2015/2016,  semoga para operator tidak bosan-bosannya untuk bekerja keras demi suksesnya pelaksanaan Ujian Nasional.
0 Komentar untuk "Kenali Aplikasi VerVal Calon Peserta Ujian Nasional Madrasah TP 2015/2016"

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top