Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Sahabat Keluarga Laman Baru KEMENDIKBUD

Secara umum kesadaran akan pentingnya pendidikan di Indonesia mulai meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai macam usaha perbaikan pendidikan yang terus ditingkatkan oleh berbagai pihak. Seperti yang kita pahami, pendidikan memang tidak akan berjalan dengan baik jika beberapa unsur dalam pendidikan tidak saling mendukung.

Sahabat Keluarga Laman Baru KEMENDIKBUD

Misalnya, Pendidikan tidak akan maksimal jika peran dan SDM guru tidak ditingkatkan. Dilain sisi perbaikan sarana prasaran sekolah juga harus diperbaiki. 

Begitu juga pendidikan tidak akan maksimal jika peran orang tua tidak banyak dilibatkan. Banyak kita lihat orang tua yang memasrahkan sepenuhnya pendidikan anaknya pada sebuah lembaga pendidikan, tanpa memperhatikan pendidikan lain diluar sekolah.

Padahal, orang tua sebagai sekolah pertama seorang anak, tidak dapat dikesampingkan perannya. Disisi lain, masih banyak orang tua yang belum sadar tentang hal tersebut, artinya para orang tua sudah merasa tidak memiliki tanggung jawab dalam pendidikan anaknya ketika anaknya sudah berada di sekolah.

Belum lagi peran masyarakat, Komite sekolah, tokoh masyarakat dan bahkan pemerintah yang diharapkan secara bersamaan dapat mengawal pendidikan. untuk mewujudkan sinergi peran antar para pemangku pendidikan ini dibutuhkan komunkasi yang aktif dan berkesinambungan. Oleh karena itu, Kemdnterian Pendidikan dan Kebudayaan, akhirnya meluncurkan sebuah laman yang diharapkan menjadi media dan menjembatani, serta komunikasi antar pemangku pendidikan. Laman tersebut diberi nama Sahabat Keluarga berikut linknya http://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/

Menu Pada Laman Sahabat Keluarga
Dalam laman tersebut disediakan berbagai macam menu, berikut diantaranya :
  • Dongeng : berisi dongeng yang diambil dari legenda-legenda nusantara, misalnya legenda sultan Domas, Legenda Pulau Senua, Legenda Tinggi Raja, dan lain sebagainya. Yang mana seluruh dongen tersebut, selain memiliki muatan pengetahuan tentang sejarah, juga memiliki muatan pendidikan.
  • Lagu Wajib dan Daerah :  terlihat dari judulnya lagu ini berisi konten lagu Mars Pendidikan Keluarga, Lagu Wajib dan Lagu Daerah. Menu ini menarik karena banyak diantara kita yang belum tahu lagu-lagu pendidikan, ataupun lagu daerahnya sendiri.
  • Forum : Menu ini berisi laman berbagi forum diskusi. Diharapkan para orang tua dapat berdiskusi dengan orang tua lain, berbagi informasi berkenaan dengan pendidikan anak. Adapun topik dalam forum ini terbagi menjadi empat, yakni Umum (Lintas Usia), Usia PAUD, Usia SD, Usia SMP dan Usia SMA/SMK. Namun sebelum dapat berkomentar dan atau mengajukan pertanyaan, harus login atau melakukan pendapftaran terlebih dahulu.
  • Galeri Foto dan Video : Berisi berbagai aktifitas dan dan kegiatan serta acara kependidikan, dari berbagai daerah dan oleh para ahli baik dalam bidang pendidikan maupun psikologi pendidikan. 
  • Opini :  Bagi yang suka tulis menulis serta ingin berbagi ide dan gagasan tentang pendidikan. maka menu Opini layak untuk dilihat.
Selain menu-menu diatas, dalam laman ini juga terdapat berbagai menu utama, yaitu Berita yang, berisi informasi terbaru dari mendikbud, Keluarga Hebat, berisi berbagai informasi tentang keluarga-keluarga sukses dalam membina pendidikan, Sekolah Keren dan Pustaka.

Demikian informasi tentang Laman Sahabat Keluarga yang baru diluncurkan oleh Kemendikbud, yang bisa Oim Info bagikan. semoga para orang tua, guru dan seluruh tenaga kependidikan bisa memanfaatkan laman baru tersebut, dan menjadi awal dari komunikasi yang berkesinambungan demi terwujudnya cita-cita pendidikan. Semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Sahabat Keluarga Laman Baru KEMENDIKBUD "

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top