Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Ini Penyebab Smartphone Lemot Serta Solusinya

Sahabat Oim, Siapa yang saat ini tidak kenal dengan smartphone? Alat komunikasi yang satu ini sangat familiar ditelinga kita. hampir setiap orang memiliki yang namanya smartphone. Bukan satu, bahkan dua atau bahkan tiga sekaligus. Entahlah, digunakan semua atau tidak.

Maraknya penggunaan smartphone terkadang dijadikan olh pabrikan tertentu sebagai lahan komersil. Mereka berlomba-lomba mengembangkan produknya dengan berbagai menu yang ditawarkan dan tentunya dengan teknologi tercanggih yang [menurutnya] mampu menyelesaikan berbagai kebutuhan masyarakat. 

Dari namanya saja sudah dapat dipahami bahwa gadget yang satu ini tentu memliki keunggulan-keunggulan yang berbeda dibandingkan hanya sebatas hanphone. Jika dahulu kita mengenal handphone hanya sebatas untuk berkomunikasi via call maupun messager, sekarang alat komunikasi yang satu ini memiliki berbagai fasilitas dan kemampuan sebagai salah satu keunggulan sebuah product. Harapan pengguna smartphone tentu ingin berbagai aktifitasnya dapat dikurang dan dipermudah melalui layanan yang disediakan. Namun, acapkali justru samrtphone yang diharapkan menjadi solusi, justru menjadi problem. diantara yang problem yang sering terjadi pada smarphone adalah "Lemot"

Jika ditelusuri, belum kita temukan akar kata dari lemot, namun kata yang sudah familiar ditelinga para pengguna smartphone lebih sering dipahami sebagai keterlambatan proses operasional smartphone. Nah, mungkin banyak diantara kita belum mengetahui penyebab smartphone lemot. Dari berbagai sumber yang dihimpun [termasuk dari pengalaman], berikut ini Oim Info akan bagikan informasi tentang penyebab tersebut yang dapat dibagi menjadi dua :

Pertama; Pengguna

  • Gaptek, alias gagap teknologi. Penyebab yang satu ini sengaja ditaruh yang paling pertama, masih terbilang banyak orang yang menggunakan smartphone karena takut ketinggalan jaman (padahal jamannya gak kemana-mana). Akibatnya banyak yang masih awam menggunakan berbagai fitur yang dimiliki, dan bahkan akibat asal-asalan, banyak aplikasi yang dibuka tanpa menutupnya. Menurut pengalaman, ini menyebabkan processornya jadi lambat dan lemot.
  • Lalai meng-clean. Hasil pengalaman, hasil pengalaman dari para sahabat banyak yang mengaku hp nya lemot, setelah dilihat memang jarang dilakukan cleaning. 
Solusi
Untuk solusi penyebab yang pertama ini, sangat mudah. hendaknya pengguna smartphone mempelajari terlebih dahulu gadget yang akan digunakan sebelum membeli. [kalau bisa kursus dulu sama yang lebih mahir]

Solusi Smartphone Lemot
Solusi Smartphone Lemot

Kedua; Smartphone
  • Sistem dan Proccesor Smartphone tidak mendukung. Pengguna smartphone sering kali lebih mementingkan tampilan daripada kemampuan. Sehingga, banyak diantara mereka merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan smartphone yang tipis, ramping, padahal kemampuannya tidak maksimal alias processornya sangat rendah. 
  • Kebanyakan penggunaan Applikasi, Aplikasi berlebihan juga sangat mempengaruhi kemampuan kerja sistem operasional android. Oleh karena itu, seyogyanya pengguna smartphone lebih bijak menggunakan gadget yang satu ini. pilihlah beberapa Applikasi yang dianggap penting terlebih dahulu. dan segeralah uninstall Applikasi yang tidak perlu dan memiliki size yang berlebihan
  • Sering digunakan untuk game. Walaupun Applikasi yang digunakan dibilang sederhana, namun smartphone banyak digunakan untuk nge-game, hal itu akan mengakibatkan processor lelah, dan sibuk. sehingga jika sistem kerja digunakan untuk aplikasi lain, maka processor masih membaca dan membutuhkan waktu yang lama
  • Tidak disertai aplikasi cleaning atau antivirus. Untuk yang terakhir ini, banyak diabaikan. sesuai dengan pengalaman, banyak yang sudah mendownload aplikasi cleaning, namun sayang tidak sedikit diantara mereka yang lupa meng-clean secara berkala. tentu saja hal ini akan berakibat sistem proccessor menjadi lamban dan lemot.

Solusi
  • Uninstall aplikasi yang tidak perlu, yang hanya akan membuat processor smartphone sahabat semakin berat. pilihlah applikasi yang sangat penting, daripada yang hanya penting.
  • Download applikasi cleaning atau antivirus untuk melakukan pembersihan dan penyegaran kembali processor smartphone. Banyak pilihan yang bisa digunakan untuk solusi yang satu ini. salah apllikasi yang familiar digunakan oleh para pengguna smartphone untuk cleaning yaitu : Clean Master (Cleaner), CCleaner, The Cleaner dan untuk antivirus bisa digunakan AVG Mobile, CM Security Applock Antivirus, atau Avast Mobile Security And Antivirus yang  semuanya dapat di download dengan gratis di Google Play
  • Jika masih lemot, lakukanlah reset atau mengembalikan smartphone pada keadaan semula alias seperti masih baru dari pabrik. Untuk  tutorial reset, sudah banyak artikelanya silahkan lihat diberbagai blog
  • Jika masih lemot, silahkan beli smartphone yang memiliki spesifikasi yang lebih baik, dan sebelum membeli, pastikan sahabat sudah memahami kemampuan processornya.
Demikian informasi berkenaan Penyebab Smartphone Lemot Serta Solusinya, semoga bisa menambah pengetahuan. dan apabila ada tambahan silahkan beri komentar. semoga bermanfaat.
8 Komentar untuk "Ini Penyebab Smartphone Lemot Serta Solusinya"

poin pertama saya mas. gaptek. gimana tuh mas kalo ga pake hp nanti di bilang kuper

Untung saja smartphone saya ga lemot ya mas :D
soalnya masih pake yang jadul banget

Hehehe kalau gitu tak ada solusi mas, ya itu lah adanya

Amazing mas, memang yang kuno juatru sering kali lebih handal

Betul juga mas, aplikasi yang banyak diinstall malah memberatkan memorinya. Umumnya ya saya pilih aja yang penting dan game juga ga banyak-banyak. Makasih sekali udah mengingatkan kita.

Sama-sama mas... saling mengingatkan

kadang demi narsis aplikasi yang nggak penting-penting dimasukin biar dianggap eksis. dan memberatkan ram andorid.

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top