Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Arti Sakinah Mawaddah Wa Rahmah Pada Materi Fiqih Kelas XI MA Agama

oiminfo- siapa yang belum tahu tentang istilah sakinah, mawaddah wa rahmah? bisa jadi orang itu belum cukup umur, atau lantaran umurnya udah tua, makulm dimasanya mungkin belum dikenal ketiga istilah ini. Kali akan berbagi tulisan tentang ketiga istilah itu, yakni Sakinah Mawaddah Wa Rahmah, yang tentunya ketiga istilah ini terdapat pada masalah seorang suami istri, bukan pacaran.
Arti Sakinah Mawaddah Warahmah Pada Materi Fiqih Kelas XI MA Agama

Sebelum membahas lebih jauh, saya akan sedikit cerita. Awalnya kebetulan saya sedang mengajar disebuah madrasah Aliyah kelas XI, dan pada semester ganjil, ternyata ada materi pembahasan tentang pernikahan. walhasil harus banyak-banyak membaca kitab, buku dan sumber pendukung lainnya. Dan dari hasil membaca tersebut maka saya memiliki pemahaman tentang ketiga istilah ini yang mungkin itu berbeda dari para pembaca. ok langsung saja.

Ketiga istilah ini sebenarnya berada dalam satu ayat al-Quran dalam surat al-Rum, ayat 21. yang artinya :
"Diantara tanda-tanda(kekuasan)Nya, ialah menciptakan pasangan-pasangan kalian dari diri kalian, agar kalian dapat tenang bersama mereka, dan menciptakan diantara kalian (sikap, rasa) cinta dan kasih sayang, sesungguhnya dalam hal tersebut terdapat tanda-tanda kekuasan (Allah swt.), bagi orang-orang yang berfikir"

Arti Sakinah, secara bahasa sakinah bisa bermakna ketenangan. Kata ini kemudian menjadi sumber dari makna yang lain, semisal al-Maskan yang berarti tempat tinggal / rumah. dan dapat juga bermakna diam.

Kemudian saya mencoba mencari hikmah dibalik kata Sakinah ini. ada yang menarik, ternyata dalam sebuah tafsir dipaparkan sebuah cerita tentang  percakapan  Nabi Adam As. dan Hawwa As.. Ketika Nabi Adam terlelap tidur, beliau bangun karena dikagetkan dengan sesosok manusia yang mirip dengannya namun tidak sama [Hawwa]. Kurang lebih redaksinya seperti ini :

Adam : "Siapakah dirimu?"
Hawwa : " Aku Seorang perempuan dari jenismu"
Adam : "kenapa engkau diciptakan?"
Hawwa : " aku diciptakan agar engkau tenang bersamaku"
Dari percakapan diatas, dapat dipahami bahwa kata sakinah, berujung pada sebuah ristiwa percakapan Nabi Adam dengan Hawwa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jiwa laki-laki memang kadang labil, dan hal ini perlu diberi obat penenang. dan obat tersebut ternyata berada pada seorang istri.

Arti Mawaddah, secara bahasa berarti cinta "al-Mahabbah". Namun beberapa mufassir mengatakan bahwa yang dimaksud mawaddah disini adalah ketika seorang suami sudah berkumpul dengan istrinya yang halal. maka secara otomatis akan menimbulkan rasa cinta. maka benar apa yang biasa kita dengarkan:
"Tak kenal maka tak sayang, Tak Nikah maka Tak CInta"

Namun perlu digaris bawahi, bahwa cinta yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah cinta yang mnyebabkan seorang suami terhindar dai hal-hal yang dilarang oleh agama. Sebagai contoh kongkrit, jika seorang suami berada diluar rumah, kemudian dia melihat perempuan lain, dan dalam hatinya mulai terbesit ingin berbuat hal-hal yang dilarang oleh agama, sekeika itu seorang suami sadar bahwa dia memiliki istri yang halal dirumahnya. Dan seketika itu seorang suami mengurungkan niatnya.

Arti Rahmah, secara bahasa tidak jauh berbeda dengan makna kata al-Ra'fah, yang berarti kasih sayang. Maksudnya adalah seorang suami mengasihi istrinya, dia tidak mau istrinya sedih, gundah, tidak rela jika istrinya diambil orang lain. Bahkan tidak rela jika istrinya tidak selamat dunia dan akhirat. Jika rasa ini sudah tumbuh dalam diri suami, maka suami itu telah mendapatkan rasa Rahmah pada seorang istri. Disisi lain, ada ulama yang menafsiri kata Rahmah dengan bukti kongkritnya, yakni bermakna memiliki anak. Artinya, jika seorang suami telah memiliki anak, maka rasa kasih sayang pada istrinya semakin bertambah, termasuk juga pada anaknya.

Disarikan dari kitab : Tafsir al-Thabari.

Demikian penjelasan tentang Arti Sakinah Mawaddah Wa Rahmah, semoga bisa menambah pengetahuan, dan jika ada penjelasan lain, silahkan masukkan dalam komentar.
2 Komentar untuk "Arti Sakinah Mawaddah Wa Rahmah Pada Materi Fiqih Kelas XI MA Agama"

wah tambah ilmu baru nih, kata kata ini sering terucap saat ada acara pernkahan..

Betul, namun belum banyak paham maknanya hehehe

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top