Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Cara Berbagi File PDF Dengan archive.org

oim info- Perkembangan dunia teknologi yang didalamnya internet yang semakin pesat harus dapat disikapi dengan bijaksana. Kemajuan tersebut hendaknya dijadikan perantara / media dan bukanlah tujuan. Kita sepakat bahwa, Jika kita sebagai masyarakat tidak mampu merespons kemajuan tersebut dengan bijaksana dan dewasa, maka akan justru menjadi masalah dan bukan solusi.
Cara Berbagi File PDF Dengan archive.org
Foto : Dokumen Pribadi

Jika sebelumnya sudah dibagikan informasi tentang cara berbagi file PDF dengan Google Drive, maka kali ini akan diinformasikan cara menyimpan dan berbagi file PDF menggunakan archive.org. Jika sahabat berselancar mencari refrensi buku ataupun kitab, maka akan sering sahabat temukan berbagai macam website maupun blog yang menyediakan kitab dan buku versi PDF dengan gratis.

Salah satunya http://galerikitabkuning.blogspot.co.id ataupun hhtp://maktabana.blogspot.co.id. Nah, jika diperhatikan kedua blog tersebut menggunakan archive.org sebagai tempat penyimpanan buku dan kitabnya. 


archive.org, selain mudah digunakan, penyedia tempat upload dan download berbagai file ini juga terbilang sangat sesuai bagi sahabat yang ingin berbagi file PDF. Dan sampai saat ini belum diketahui berapa kapasitas yang diberikan kepada membernya. Namun yang jelas sangat besar. terbukti banyak sekali website ataupun blog yang menggunakannya. jika para sahabat tertarik menggunakan jasa archive ini, maka ikuti langkah berikut ini :
  • Masuk pada halaman utama http://archive.org/  dan klik login [jika suah memiliki account]. Jika belum memiliki account, maka langsung menuju ke link berikut https://archive.org/account/login.createaccount.php
  • Isi form yang disediakan, mulai dari Email, screen name [nama account], password dan confirm password. setelah semua form terisi, klik Get Library Card.
  • Cek Email untuk mendapatkan konfirmasi pendaftaran. Selanjutnya akan diminta untuk login.
Catatan : Sebelum proses upload, sebaiknya sudah dipersiapkan terlebih dahulu file PDF, ataupun Audio yang akan di upload, dan pastikan koneksi internet stabil
  • Selanjut, untuk memulai proses upload, klik icon upload tepat disamping kiri tulisan account yang telah dibuat. maka akan beralih pada halaman baru "Share Your Files". Klik Upload Files
  • Kemudian akan tampil halaman baru, untuk mulai memilih files yang akan di upload. ada dua cara untuk proses upload files, bia agsung men-drag file pada kota yang disediakan atau pilih choose files to upload.
  • Selanjutnya akantampil tabel yang berisi link files upload, keterangan dan kategori. isi semua form sebelah kiri.. adapun tabel sebelah kanan adalah nama-nama files yang akan di upload.
  • Setelah melengkapi data diatas, selanjutnya klik Upload and Create Your Item. Maka akan mulailah proses upload
  • Setelah proses upload selesai, Selanjutnya untuk mulai berbagi file, pilih item pada samping kanan. Mislanya file yang di upload berupa PDF, maka pilih dan klik file pdf. Selanjutnya akan terpampang pdf pada tab. Setelah selesai terbuka, selanjutnya tinggal pindah url file pada tab. dan tinggal dibagikan.
Demikianlah informasi tentang Cara Berbagi File PDF Dengan archive.org yang bisa dibagikan. semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan. Jika sahabat memiliki informasi sesuai dengan topik ini, silahkan tinggalkan komentar.

7 Komentar untuk "Cara Berbagi File PDF Dengan archive.org"

Wah, terima kasih ya Mas udah berbagi info ini. Setelah kemaren berbagi file via Google Drive, kali ini archive. org (dua-duanya info baru bagi saya hehe). Jadi, kapasitas penyimpanan yang diberikan ke member belum diketahui? At least masih bisa nyaman dipake untuk nyimpen file dalam ukuran besar ya.

sama-sama mas bayu... semoga bisa bermanfaat mas.

sipp...trimakasih penjelasannya...sangat jelas sekali :)

Ilmu berbagi yang baik
Kini aku tambah cerdik

:)

Sama - sama kang, terimakasih atas kunjungannya

Semakin banyak baca semakin banyak ilmu mbak

file kita di jamin aman gak ya mas ? takutnya akan di berhentikan secara sepihak dan file kita hangus ? atau ada kemungkinan setelahnya mungkin akan berbayar kali ya mas ?

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top