Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Ini Dia 5 Manfaat Memiliki Blog

Sahabat Oim, selamat datang kembali. sebelumnya saya minta maaf lantaran telat memuat artikel atau informasi yang bermanfaat. Tulisan ini sebenarnya hasil dari renungan saya membaca dinamika dunia blogger.

Ini Dia 5 Manfaat Memiliki Blog

Dari hasil renungan yang panjang itu, saya ingin berbagi pengalaman tentang 5 Manfaat Memiliki Blog. mungkin informasi ini sudah sangat banyak ditemukan diberbagai blog. tapi tidak masalah, lima manfaat ini saya anggap berbeda dengan tulisan tulisan yang lain.

Sebelum mengupas tuntas hasil renungan itu, perlu pembaca pahami cara berfikir saya tentang sebuah blog. berikut ini pemahaman saya tentang blog :
  • Blog, bagaikan sebuah lapak, tempat, lahan atau lokasi the place yang dimiliki oleh seseorang yang merawat dan mengembangkan blog.
  • Ibarat sebuah lahan, maka pemilik lahan tersebut harus memiliki tekad dan niat tinggi untuk mengembangkan, membudidayakan. Karena sebuah lahan akan bermanfaat jika dikembangbiakkan, dan sebaliknya justru seakan tidak bermanfaat jika tidak digunakan dan tidak di tumbuh kembangkan.
  • Pemilik blog dalam mengembangkan blognya, atau lahannya, harus mengetahui terlebih dahulu, apa yang bisa dia kembangkan pada sebuah blog. Jika blog layaknya sebuah lahan kosong, maka pemilik lahan tersebut tidak serta merta langsung mengembangkannya pada pertaian. Pemilik lahan harus memahami pekerjaannya, dan memilih pekerjaan yang dia minati, bukan yang tidak dia sukai. Bagaimanapun juga ada sebuah kalam hikmah yang mengatakan 
"Jangan lanjutkan pekerjaan yang tidak kau sukai, karena akan berdampak pada hasil dan keikhlasan"

  • Blog sebagai media pendidikan. Seseorang yang memiliki blog, harusnya merasa bangga. karena blog bisa menjadi sebuah media pembelajaran. misalnya, seorang blogger tidak akan membuat postingan dengan tanpa alasan. paling tidak dia akan membuat postingan setelah adanya poses berfikir. selain proses berfikir, blog juga mengajarkan dan melatih seseorang dibidang tulis menulis. yang secara otomatis menuntut seseorang untuk membaca. karena ada sebuah kalam hikmah yang mangatakan
"Ikatlah Ilmumu dengan menulis"

  • Blog, bagaikan sebilah pisau. artinya baik dan buruknya blog tergantung dari pemilik blog. jika pemilik blog memiliki niat yang baik, maka blog akan bermanfaat. Namun  jika blog digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat maka justru akan membuat celaka dirinya sendiri dan orang lain.
Dari lima poni diatas, kemudian saya memiliki kesimpulan tentang 5 manfaat blog. yaitu :
  1. Mendapatkan Pengalaman Lebih : Selain mudah dimiliki dan mudah membuatnya, juga mudah digunakan. dulu saya berfikir bahwa pemilik blog adalah orang-orang yang pintar dibidang IT belaka. namun Anggapan itu salah, karena ternyata nge-blog itu mudah. dan tetunya memberikan pengetahuan lebih. 
  2. Keren. Orang yang punya blog terlihat keren, kenapa? karena saya memahami keren bukan hanya dari penampilan, tapi keren menurut saya adalah sifat unik dan istimewa. Karena jarang orang yang punya, apalagi merawat sebuah blog kecuali orang yang ulet, telaten dan punya prinsip kuat.
  3. Mendapatkan Teman Baru. Sesorang yang nge-blog dan sering melakukan silaturrahmi antar blog, akan menambah teman baru, relasi baru dan tentunya akan terjadi dikusi, berbagi pengalaman dan lain sebagainya.
  4. Mendapatkan Manfaat Kreatifitas.Biasanya ini akan didapat oleh seseorang yang masih pemula dibidang blog. Dia akan berusaha menghiasi blognya serapi mungkin, sehingga pengunjung akan berbetah betahan di blognya.
  5. Mendapatkan Fasilitas. Apa maksudnya? fasilitas disini yang dimaksud adalah fasilitas dari provider blog. misalnya Blogger, didalamnyatelah menyediakan berbagai macam fasilitas, misalnya seseorang otomatis akan memiliki email. dan bagi pengguna email Gmail, akan mendapatkan fasilitas google drive dengan kapasitas penyimpanan free 15 GB . bayangkan kawan.
Itulah hasil renungan saya sementara ini. dan sebanarnya masih banyak lagi manfaat yang akan diperoleh seseorang yang nge-blog. mungkin dari sahabat Oim ada yang punya pengalaman lain tentang topik ini. jangan lupa tinggalkan komentar ya. terimakasih.


2 Komentar untuk "Ini Dia 5 Manfaat Memiliki Blog"

Sama mas, saya juga dulu mikir orang yang punya blog itu cuma yang jago teknologi.. Tapi berbekal iseng dan keingintahuan, yaa akhirnya buat blog sendiri dengan panduan mbah google.. Eh ternyata mudah ^^

belajar dari pengalaman mbak... dan sampai sekarang masih saja ada yang merasa enggan dengan teknologi loo

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top