Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Kisi-Kisi Soal Ujian PAI Tingkat SD, SMP, SMA, SMK Tapel 2016 dan Penjelasannya

Sahabat guru, mungkin sudah tahu bahwa sebentar lagi akan dilaksanakan. Maka diperlukan berbagai macam persiapan baik persiapan mental maupun materinya. Seringkali para guru ataupun murid lebih mempersiapkan diri pada hal materi ujian, tanpa memperhatikan mentalnya. 
Kisi-Kisi Soal Ujian PAI Tingkat SD, SMP, SMA, SMK Tapel 2016 dan Penjelasannya

Sesuai dengan pengalaman, untuk mempersiapkan ujian, untuk skala umum biasanya pihak sekolah mengadakan istighosah, atau pembacaan do bersama. Sementara untuk skala leih kecil, biasanya para guru sering memberikan ulangan, ataupun les tambahan diluar jam sekolah. Berkenaan dengan persiapan ujian ini, kali ini akan dibagikan informasi tentang kisi-kisi soal PAI tigkat SD, SMP, SMA dan SMK  serta Penjelasannya, yang tentunya merujuk pada kurikulum 13.


Penjelasan :
Dalam Kisi-kisi ini terdapat sedikitnya 47 KD [Kompetensi Dasar] yang harus dikuasai oleh peserta didik, yang jika diperhatikan lebih menekankan pada pemahaman baik terhadap beberapa surat-surat pendek dalam al-Quran. Selain itu juga pemahaman tentang rukun iman dan implementasinya terhadap akhlak atau karakter yang mulia.

Muatan pendidikan karakter ternyata sangat banyak memiliki porsi dalam kisi-kisi ini, seperti pemahaman tentang sikap santun, rendah hati, pantang menyerah dan lain sebagainya. Selanjutnya, juga terdapat KD yang berisi tentang pemahaman  tentang rukun Islam yang berupa shalat/ ibadah, puasa, zakat. Dan diakhir KD, peserta didik dituntut untuk memahami dan menteladani beberapa kisah dari para Rasul dan Ashabul Kahfi. 


Penjelasan
Tidak jauh berbeda dengan tingkat SD, Kisi-kisi soal pada tingkat SMP juga banyak ditemukan muatan pendidikan karakter. Setidaknya peserta didik harus memahami setidaknya 50 KD. Yang meliputi pemahaman tentang Iman, Islam, beberapa ayat dalam al-Quran, Shalat berjamaah. Dan dibagian akhir, terdapat KD yang berupa makna sejarah perjuangan Rasululah saw. Sampai perkembangan ilmu pengetahuan  pada dinasti Umayyah, dan perkembangan Islam di Nusantara. Untuk Pedoman Penilian Ujian Peraktinya, silahkan download pada link berikut ini :



Penjelasan
Untuk tingkat SMA, KD [Kompetensi Dasar] lebih meningkat dibandingkan dengan tingkat SD dan SMP. Peserta didik pada tingkatan ini, tidak hanya dituntut untuk memahami materi, dan mengimplementasikan, melainkan juga mampu menganalisa. Misalnya peserta didik dapat menganalisa beberapa surat dalam al-Quran, mampu menganalisa perjuangan dakwah Rasulullah saw.  Dan tampaknya juga terdapat materi yang berkenaan dengan Ushul fiqih, misalnya sumber hukum Islam [al-Quran dan al-Hadith], Ijtihad dan lain sebagainya. Disamping juga terdapat KD tentang pemahaman terhadap rukun iman. Untuk Pedoman Penilian Perkatinya, silahkan download pada link berikut ini :


Penjelasan :
Untuk soal PAI pada tingkat SMK secara umum mencakup tiga ranah, yakni sikap pengetahuan dan keterampilan. Ketiga ranah ini di implementasikan pada sekitar KD yang tebagi dalam 5 item, yakni analisis terhadap surat dalam al-Quran, Memahami dan menganalisa Rukun Iman, Prilaku / akhlak, konsep Sumber Hukum Islam [al-Quran dan al-Hadits], serta berkenaan dengan pelaksanaan khutbah dan dakwah. Sehingga peserta didik diharapkan mampu mengimplementasikan pada sikap sehari-sehari. Selain itu juga terdapat penilaian ujian peraktik, yang terbagi menjadi dua, yakni aspek al-Quran yang meliputi cara membaca dan memahami beberapa surat dalam al-Quran, dan aspek fiqih yang mencakup dua hal, yaitu pelaksanaan Jenazah dan Kthutbah. 

Demikian informasi tentang kisi-kisi Soal Ujian Sekolah SD, SMP, SMA dan SMK Tapel 2016 yang bisa oim bagikan. semoga bisa menambah pengetahuan dan semoga para guru saat ini sudah bisa mempersiapkan anak didiknya mulai saat ini.
2 Komentar untuk "Kisi-Kisi Soal Ujian PAI Tingkat SD, SMP, SMA, SMK Tapel 2016 dan Penjelasannya"

sangat penting sekali nih...kebetulan sy juga ngajar PAI sma

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top