Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Aplikasi Tryout Dan Latihan Ujian Nasional

Kecendrungan melihat Ujian Nasional sebagai momok dari perjalanan prosespembelajaran siswa, seharusnya segera ditepis dan dibuang jauh-jauh, baik oleh orang tua, terutama oleh siswa. Karena bagaiamanapun juga, Ujian Nasional bukan tujuan akhir dari pendidikan melainkan hanya salah satu evaluai dalam pendidikan.

Aplikasi Tryout Dan Latihan Ujian Nasional

Dan Yang namanya evaluasi, tentu selanjutnya akan ada perbaikan yang bertahap. Pemerintah dalam hal ini, walaupun bereaksi lamban, namun akhirnya memiliki kebijakan yang sama dengan keinginan masyarakat, hal ini terbukti Ujian Nasional tidak diberlakukan diseluruh jenjang pendidikan seperti tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, Satuan pendidikan yang menyelenggarakan Ujian Nasional-pun saat ini sudah diberi kewenangan dan kebijakan lebih untuk meluluskan siswanya. 

Namun tentu hal ini bukan berarti siswa ataupun guru lantas menganggap Ujian Nasional tidak penting. Dikarenakan hasil dari Ujian Nasional ini, nantinya menjadi bahan pertimbangan untuk melanjutkan pada jenjang berikutnya, yakni pergurun tinggi. Oleh karenanya, berbagai perisapan harus segera dilakukan, agar siswa benar-benar siap dalam mengikuti Ujian Nasional, dengan harapan mendapatkan nilai yang memuaskan. Diantara persiapan untuk menghadapi Ujian Nasional ini adalah mempersiapakan data peserta Ujian Nasional. Jangan sampai ada siswa yang tidak terdaftar dalam peserta Ujian. 

Persiapan lain yang dibutuhkan adalah mempersiapakan materi, dengan berbagai macam latihan-laihan (tryout). Khusus untuk persiapan menggunakan tryout ini, Kemendikbud mengeluarkan Aplikasi Tryout Ujian Nasional. Aplikasi ini dapat dijalankan pada browser dengan langsung masuk pada laman berikut ini  http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id Dan atau diinstall pada perangkat berbasis android.  Silahkan klik link disini [ namun beberapa kali kami gagal download aplikasi ini]

Cara penggunaannya juga relatife sangat mudah, setelah masuk pada laman tersebut, atau terinstall di smartphone, maka akan muncul laman utama seperti pada gambar berikut ini :

Tampilan Utama Aplikasi Tryout Ujian Nasional
Tampilan Utama Aplikasi Tryout Ujian Nasional

Selanjutnya akan diminta account/ ID Pengguna dan password, jika belum memiliki account, maka harus melakukan registrasi dan mengisi form yang disediakan dengan mengklik "belum registrasi?". Sebagai tambahanan, proses registrasi tidak memerlukan konfirmasi Email, artinya setelah mendaftar dapat langsung digunakan. 

Setelah proses registrasi berhasil, selanjutnya masuk menggunakan account email yang didaftarkan dan memasukkan passwordnya. Pada halaman berikutnya akan ditampilkan pilihan jenjang pendidikan dan mata pelajaran yang akan dibuat tryout.
Tampilan ketika jawaban Benar dan Salah
Tampilan ketika jawaban Benar dan Salah

Yang lebih menarik dari Aplikasi ini adalah, jika jawaban yang dipilih benar, maka akan tampil laporan BENAR [dengan warna hijau] dan jika jawaban yang dipilih salah, maka akan tampil laporan SALAH [dengan warna merah], sekaligus terdafap penjelasan dari jawaban tepat dibawahnya.

Demikian informasi Aplikasi Tryout Dan Latihan Ujian Nasional yang bisa Oim Info bagikan, jika sahabat oim memliki informasi lain berkenaan dengan topic ini, silahkan tinggalkan komentar. Semoga Aplikasi dapat bermanfaat.

22 Komentar untuk "Aplikasi Tryout Dan Latihan Ujian Nasional"

Dengan aaplikasi Try Out ini bisa memudahkan siswa siswa dalam menjalani nya ya pak, :)

Betul pak.. menarik aplikasi ini pak, setiap jawab salah atau benar, nantinya ada penjelasan mengenai materi soalnya...

Aplikasi atun sungguh responsive. Wah dengan adanya aplikasi ini, bimbingan belajar bisa tutup nih. Kalah saing sama on line.

tidak juga kang, karena mungkin penjelasan tentang materi masih perlu bimbingan dari guru...

aplikasi tryout sekarang memang cukup bervariasi. ada yang bentuk kaset.. ada yang bentuk online site.. tapi semenjak un tidak menentukan kelulusan, rasanya UN udah nggak terlalu ditakuti lagi

sngat bermanfaat sekali bagi yang mau ujian nasional :)

betul kang... bisa dipastikan lulus, tapi jadi pertimbangan perguruan tinggi untuk menerima mahasiswa baru...

terimakasih kang, monggo silahkan

Aplikasi ini tentunya akan sangat membantu bagi yang akan ujian ya mas,,, mantaaaappppp :)

wah siswa jaman sekarang begitu dimanjakan dan mendapatkan materi pelajaran dengan mudahnya...

Tentu mas... bisa membantu proses belajar mereka...

Tinggal niat mereka saja mas harus ditingkatkan...

Aku dulu sering ikut mimbel seperti primagama.

seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, semua sekarang serba aplikasi.. mantap.

Dan tentunya, harus selaras dengan kepentingan yang baik kan kang

Dengan adanya aplikasi tryout pada hp android bisa benar-benar menjadikan handphone semakin smart ya kang?

Kebetulan sepupu mau mendekati kelulusan sekolah pada tahun ini kang, ijin download aplikasi nya ya

benar sekali pak, bisa membantu siswa dalam proses pelaksanaan ya pak

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top