Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Bagaimana Cara Berbagi File PDF? Gunakan Google Drive

oiminfo- Perkembangan teknologi yang semakin canggih menuntut mansuia untuk bersikap dewasa dalam menggunakannya. Karena bisa jadi produk teknologi yang semakin canggih justru bisa berdampak negatif. Dan sebaliknya seharusnya manusia dapat memanfaatkannya untuk hal yang positif, khususnya membantu dan mempermudah kebutuhan manusia.

Cara Berbagi File PDF Menggunakan Google Drive
Google, salah satu produk perkembangan teknologi sebenarya telah memberikan banyak fitur bagi membernya, terlebih lagi jika mereka tahu bahwa hanya dengan satu account saja, dia dapat mempergunakan fasilitas yang banyak. salah satu produk google adalah google drive. Dalam tulisan ini akan dibahas satu diantara sekian manfaat yang dapat di gapai menggunakan google drive.

Awalnya banyak dari sahabat yang telah memiliki account di google, mengira bahwa google drive hanya tempat penyimpanan pribadi belaka, banyak diantara mereka menggunakannnya untuk menyimpan berbagai macam file tanpa tahu bahwa sebenarnya memiliki sekian banyak fitur. Selain memiliki kapasitas penyimpanan gratis sampai 15 GB, ternyata google drive juga bisa berbagi file PDF dengan orang lain. Nah, bagaimana caranya? berikut ulasannya.
Catatan : Sebelum memulai, anda harus pastikan telah memiliki account google, dan mempersiapkan file apa yang hendak dibagi nantinya, mislanya file PDF, file foto dan lain sebagainya. 
Selanjutnya silahkan masuk ke Google Drive dan anda akan diminta memasukkan Email dan password account google. Selanjtnya anda akan dibawa pada sebuah halaman yang berisi google drive, dan sebelah kiri, terdapat beberapa menu, antara lain drive saya, dibagikan dengan saya, foto dan lain sebagainya.

Sebelum proses membagikan file, terlabih dahulu anda harus mengunggah atau meng-upload fila yang sebelumnya sudah dipersiapkan. Nah, dalam proses upload ini terdapat dua cara yaitu :

  • Pertama, pada menu sisi kiri klik tulisan dalam kotak berwarna merah "baru/ new" maka akan ada beberapa pilihan, silahkan pilih salah satunya, mislanya pilih upload file atau upload folder [jika file berada dalam sebuah folder]. Anda akan diarahkan sesuai pilihan, Jika pilih file atau folder maka akan diarahkan pada perangkat, dan menampilkan file atau folder. jika selesai silahkan klik open.
  • Kedua, anda tinggal masuk pada folder dimana file disimpan, kemudian drak dan gecer pada halaman google drive, maka secara otomatis akan terjadi proses upload.
  • Setelah proses upload selesai maka akan tampil file telah masuk pada google drive, dan selanjutnya klik kanan pada file tersebut. pilih dapatkan tautan.
  • Selnjutnya pilih setelan berbagi, seperti gambar berikut ini 
  • Akan tampil sebuah halaman yang menyediakan bebagai pilihan, jika ingin berbagi hanya beberapa orag silahkan masukkan email temannya, atau jika akan dibagikan kepada orang lain tanpa batas, maka pilih lanjutkan, seperti dalam gambar dibawah ini
  • Kemudian, akan tampil setelah berbagi, klik ubah [berwarna biru] dan akan masuk lagi pada halaman baru yang berisi pilihan berbagi. Anda bisa memilih salah satunya. Sekali lagi jika ingin berbagi pada siapapun, maka pilih Public di Web. dan disebelah atas, anda sudah mendapatkan link yang bisa dibagikan. selanjutnya anda bisa menaruhnya pada sebuah postingan di blog dengan menyertakan link tersebut.
Demikianlah informasi tentang Cara Berbagi File PDF Menggunakan Google Drive, yang mungkin saja masih banyak diantara sahabat yang belum mengetahui caranya. semoga tulisan ini bermanfaat.


6 Komentar untuk "Bagaimana Cara Berbagi File PDF? Gunakan Google Drive"

WAH TEROBOSAN TRIK BARU LAGI NIH UNTUK BERBAGI FILE PDF DI DRIVE GOOGLE, BISA DI COBA NIH MAS

DAH LAMA SAYA GAK MAMPIR KESINI, SEMOGA MAS DALAM KEADAAN SEHAT DAN SEMAKIN SUKSES AJA

Sepertinya pean masternya mas purnama hehehe

Amin.. makasih mas, masih berjuang mas

Wah, terima kasih ya infonya. Saya punya akun google, tapi malah ngga memaksimalkan google drive, padahal bisa untuk nyimpen file-file yang dianggap penting ya, toh bisa dibuka kapan pun dan dimana pun kan ya?

Saya juga baru ngeh kalo google drive bisa dipake untuk share file juga ke orang lain hehe. Btw, itu kok ngga ada tampilan screenshot-nya Mas untuk contoh.

Hehe lali mas alias lupa, .. Dan biar load nya ndak berat hehe

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top