Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Cara Mudah Buat Tulisan Menggunakan Styrofoam Gabus

Sahabat Oim, kita pasti sering mengikuti sebuah acara, atau bahkan menghadiri sebuah acara. Nah, acara seperti apapun tentu memiliki banyak perencanaan terlebih dahulu. Dan belajar dari pengalaman, pasti yang sering dipersiapkan adalah pembuatan struktur kepanitiaan terlebih dahulu, job discription masing-masing panitian, pembuatan pamflet, undangan, anggaran dan lain sebagainya. dan yang tidak kalah pentingnya adalah pembuatan dekorasi.

Sebenarnya tidak ada ketentuan berkenaan dengan bentuk dan jenis dekorasi, sahabat bisa berkreasi dengan senang hati. namun yang jelas, dekorasi sedikit banyak bisa mempengaruhi penampilan acara secara keseluruhan.

Membahas tentang dekorasi, biasanya di dalamnya terdapat kata-kata, gambar, border, warna dan lain sebagainya. lagi-lagi, ini juga tergantung pada keingnan sahabat. Setiap acara, pasti beda pula tema yang di pasang pada dekorasi. Dalam kesempatan kali ini Oim Info akan berbagi informasi tentang Cara Membuat Tulisan Menggunakan Styrofoam Gabus dengan mudah.  agar lebih mudah dipahami, misalnya sahabat Oim akan membuat kalimat "GALEERY". sebelum memulai membuatnya, siapkan dulu beberapa alat :

  1. Styrofoam Gabus [Ukuran besar dan kecilnya, tebal dan tipisnya tergantung keinginan sahabat]
  2. Kertas Karton [besar dan kecilnya, serta warnanya juga tergantung keinginan sahabat]
  3. Alat Potong Styrofoam Staples
  4. Gunting
  5. Paku kecil [paku yang digunakan untuk gabus styrofoam]
  6. Lem Gabus

Langsung saja, setelah peralatan tersebut telah lengkap, maka ikutilah langkah-langah berikut ini :

  • Hitunglah jumlah huruf yang sama dan yang tidak sama pada kalimat "GALLERY", kalau perlu dicatat. teknik ini penting agar nantinya tidak mengulangi pembuatan setiap huruf. 

Sebegai contoh pada kalimat diatas
huruf G = berjumlah 1
huruf A = berjumlah 1
huruf L = berjumlah 2
huruf R = berjumlah 1
huruf Y = berjumlah 1

  • Buatlah pola huruf-huruf diatas, pada kertas biasa terlebih dahulu. Pada tahap ini sahabat dituntut untuk kreatif, karena nantinya hasil huruf tyrofoam sangat ditentukan oleh pola yang digunakan. 


  • Gunting sesuai dengan pola. dan Pola yang telah dihasilkan, selanjutnya ditempelkan pada kertas karton menggunakan staples.

Catatan :
pada tahap ini yang perlu diperhatikan adalah jumlah huruf diatas, jika jumlahnya lebih dari satu maka kertas kartonnya juga lebih dari satu. misalnya, pada kalimat "GALLERY" huruf "L" berjumlah 2. itu artinya kertas karton yang digunting mengikuti pola, berjumlah 2 lembar sekaligus, dan di staples [jangan di lem] pada kertas biasa tersebut.

  • Kertas karton yang terbentuk sebuah pola huruf-huruf diatas selanjutnya ditempelkang dengan paku pada permukaan Gabus


  • Terakhir, gunakanlah alat potong gabus styrofoam, dan potonglah sesuai dengan pola huruf.

Cara Mudah Buat Tulisan Menggunakan Styrofoam Gabus

Dengan mengikuti cara diatas, sahabat sudah bisa membuat tulisan menggunakan styrofoam gabus dengan mudah. cara diatas, murni berdasarkan pengalaman. semoga tulisan tentang pembuatan dekorasi yang tulisannya menggunakan styrofoam gabus ini bisa menambah pengetahuan sahabat. Dan jika ada yang tidak dipahami, atau punya peglaman lain, tentang cara diatas, silahkan tinggalkan komentar.

Tag : Lainnya
6 Komentar untuk "Cara Mudah Buat Tulisan Menggunakan Styrofoam Gabus"

wah sederhana ya mas...saya sendiri kadang ndak telaten...walaupun sebenarnya sederhana tpi kalau ndak telaten ya hasilnya jelek

Betul kang... mudah dan murah, soalnya tanpa pakai pewarna juga mas

bikin ginian gampang2 susah sih kang
kalau dikasih tahu caranya gampang
kalo dibikin ya gak segampang itu
harus tlaten

InsyaAllah tips diatas bisa mempermudah mbak

bagus juga dulu sebelah kos saya pengusaha dekorasi tulisannya dari styrofoam sekali dapat job besar duitnya

betul mas, saat ini banyak orang yang menggeluti dekorasi, atau sebatas membuat ucapan, dan omsetnya jutaan rupiah, padahal hanya dengan modal gabus

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top