Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Ingin Mengajar Di Luar Negeri? Ini Syaratnya

Sahabat oim, Profesi sebagai guru merupakan profesi yang sangat mulia. Bagaimana tidak, pendidikan tidak akan berjalan degan baik jika tidak ada peran guru. Tidak ada istilah murid jika tidak ada guru. Tidak pula ada proses pendidikan jika tidak ada peran guru. Bahkan peradaban sebuah bangsa tidak akan maju, jika tidak ada peran guru. Jasa pengajaran, bimbingan yang dilakukan oleh seorang guru tidak bisa diukur dengan materi. Oleh karena itu, suatu ketika Ali bin Abi Thalib pernah berkata :

Aku adalah hamba bagi orang yang mengajariku, walaupun satu huruf

Apa yang diucapkan oleh Ali tersebut merupakan Isyarat bahwa guru memiliki jaza yang sangat besar, tidak bisa diukur. Sampai-sampai Ali ra. Bersedia untuk menjadi hamba sahaya bagi siapapun yang mengajarinya.
Syarat Calon Guru Sekolah Indonesia di Luar Negeri

Guru yang mengajar bukan berarti telah menyelesaikan tahapan belajar. Guru tetap dituntut untuk senantiasa belajar untuk meningkatkan kualitas pengajarannya. Dan tentu akan lebih baik jika guru memiliki pengalaman yang beragam dalam mengajar. Oleh karenanya, pemerintah dalam hal ini KEMENDIKBUD, mengadakan pendaftaran bagi guru yang ingin mengabdikan diri untuk mengajar di luar negeri . Nantinya guru yang telah lulus seleksi akan ditempat dibeberapa sekolah Indonesia yang ada di beberapa negara, yaitu Kuala Lumpur, Yangon dan Jepang. Namun tentu program ini diperuntukkan bagi guru yang telah memenuhi beberapa syarat. 

PERSYARATAN CALON GURU SEKOLAH INDONESIA DI LUAR NEGERI

Secara Umum Pprsyaratan guru yang berminat mengikuti seleksi sebagai calon tenaga pengajar dan kependidikan di Luar Negeri yaitu :
  • Berstatus Warga Negara Indonesia [WNI]
  • Pada 1 Januari 2017, berusia maksimal 40 tahun
  • Bebas dari Narkoba, Sehat secara Jasmani dan Rohani
  • Memiliki sikap yang baik, atau berkelakukan baik dan tidak pernah dihukum kurungan ataupun penjara, atas sebuah keputusan pengadilan yang memiliki status hukum tetap
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri, atau tidak dengan hormat sebagai PNS/ Anggota TNI/ POLRI atau diberhentikan  tidak dengan hormat sebgai pegawai swasta.
[catatan : maksud syarat ini adalah, calon peserta tidak pernah diberhentikan dengan hormat. Artinya pemberhentian bukan dilakukan oleh yang bersangkutan secara pribadi]
  • Tidak berstatus Calon Pegawai Negeri Sipil [CPNS] atau Pegawai Negeri Sipil [PNS], dana tau tidak sedang dalam kontrak kerja pada dinas lain, baik instansi di dalam ataupun di luar lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Selain syarat-syarat umum tersebut diatas, calon Guru Sekolah Indonesia ini juga diwajibkan memnuhi kriteria atau syarat khusus, yakni :
  • Memiliki ijazah, minimal strata satu [S1], dengan [Indeks Prestasi Komulatif] IPK  minimal 3.00 sesuai dengan Mata Pelajaran yang dibutuhkan
  • Memiliki Sertifikat Profesi Pendidik
  • Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan [NUPTK]
  • Memiliki Skor Toefl [Toefl Prediction Score] minimal 500 atau IELTS 6.0
  • Memiliki sertifikat pendukung / tambahan selain sertifikat sebagai pengajar. Misalnya sertifikat Pramuka, Olahraga, Workshop dan lain sebagainya
Jika sahabat OIM sudah memenuhi kriteria persyaratan diatas, dan berminat ingin mengajar di sekolah-sekolah Indonesia di Luar Negeri, maka sangat disarankan untuk segera melakukan pendaftaran. Dan sebagai catatan, bahwa masa tugas sebagai pengajar yaitu selama 2 tahun. Dan Pengajar yang dibutuhkan dalam program ini, berjumlah 6 orang, dengan ketentuan mata palajaran dan negara tempat mengajar sebagai berikut :

PENGAJAR/GURU
SEKOLAH
TEMPAT
JUMLAH
MAPEL Bahasa Indonesia
Sekolah Indonesia
Yangon
1
Sekolah RI
Tokyo
1
MAPEL Pendidikan Agama Islam
Sekolah RI

1
MAPEL IPA Biologi
Sekolah Indonesia
Kuala Lumpur
1
KELAS
Sekolah Indonesia
Kuala Lumpur
2

Untuk mengetahui persyaratan dan prosedur pendaftaran, silahkan baca postingan berikut ini :

http://www.oiminfo.net/2016/01/cara-daftar-program-mengajar-sekolah-indonesia-di-luar-negeri.html

Demikian Informasi tentang Syarat Calon Guru Sekolah Indonesia Indonesia Di Luar Negeri yang bisa Oim Info bagikan. Semoga seluruh jerih payah, dan perjuangan para guru dalam mengajar dimanapun berada akan diberi balasan yang setimpal. Amin. 

17 Komentar untuk "Ingin Mengajar Di Luar Negeri? Ini Syaratnya"

Syaratanya termasuk lumayan berat menurut saya, tapi ya gratis harus ada seleksinya sih,

lumayan kang, tapi untuk mendapatkan kesuksesan memang butuh perjuangan hehehe

lumayan berat juga ya mas persyaratannya. mas oim mau daftar juga ceritanya mas

Lumayan mas, wah sepertinya tidak daftar mas... saya di Indonesia sudah banyak tanggung jawab mengajar..

Peran guru memang sangat penting dan profesi guru jg sangat mulia..tapi terkadang nasib guru di Indonesia miris (guru honor)

program pendaftaran guru untuk mengajar ke luar negeri sangat bagus untuk meningkatkan kemampuannya. Namun persyaratannya lumayan berat dan ketat.

Sebenarnya kalau saya perhatikan, yang berat memang pada persyaratan Toefl dan serttifikat pendidik, kalau yang lainnya sepertinya masih bisa dijangkau oleh banyak guru mas...

wah, gratis ini ya kang, bisa ga ikutan ya kang :)

wah, ini memang banyak sekali pensyaratan ya kang, satu nih kang yang sepertinya susah, nilai toefl nya kang, tinggi bengit ya :(

berat jg syaratnya...sy gak bs ngajar lg...
bisannya cm di ajari. hehehheheh

ya kang... oleh karena itu, kita dituntut untuk terus belajar kang, dicoba gak masalah kang

semua harus belajar kang, termasuk jika sudah mengajar kang

Detil juga mas ya persyaratanya...memang kalau pengen jadi guru harus memiliki keahlihan dan pengetahuan yang matang mas ya....

Keinginan jadi guru adalah cita-cita saya dari kecil mas....namun nasib berkehendak lain ....syarat diatas cukup wajar karna kuwalitas belajar di luar negeri mungkin lebih maksimal mas ya...

Bagi yang ingin jadi guru di luar negeri semoga syarat-syaratnya dapat terpenuhi mas, amiiinnn :)

jadi, semacam guru b.indo di luar negri? wah.. ipk 3 itu relatip la yak

ipk 3 itu mudah kang, rata-rata yang lulus memang ipk nya 3 kok. kalau dibawah 3 mungkin gak lulus hehehe

wah persyaratannya lumayan banyak.
berarti harus menguasai bahasa asing juga ya..

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top