Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Tiga Ujian Nasional Di Tahun 2016?

Sahabat Oim, memang seorang guru akan gelisah jika mengetahui anak didiknya gagal. Baik ketika menghadapi Ujian Nasional, apalagi ketika mereka terjun di masyarakat. Seorang pendidik akan merasa gagal dalam mendidik jika muridnya tidak sukses, dan tidak berhasil dalam pendidikannya. Jika pada tahun - tahun sebelumnya Ujian Nasional seakan-akan menjadi puncak dai sebuah proses pendidikan, al-hamdulillah sejak tahun kemarin hal itu tidak terjadi lagi. Ujian Nasional sudah tidak dipahami sebagai hal yang menakutkan. Hal itu tentu kabar gembira bagi guru sebagai pendidik dan bai murid sebagai peserta didik.
Tiga Ujian Nasional di Tahun 2016
Tiga Ujian Nasional di Tahun 2016

Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa sejak tahun 2015/2016 Ujian Nasional akan dilakukan dengan dua cara yakni Ujian tulis atau menggunakan kertas [Paper Based Test] dan Ujian Nasional menggunakan komputer [Computer Based Test], pada tahun 2016 ini, Kemendikbud akan mengadakan Ujian Nasional tiga kali. Tiga kali Ujian Nasional dalam satu tahun? jawabannya ya. berikut ini akan Oiminfo jelaskan.
  1. Ujian Nasional Perbaikan (UNP) tahun 2015. Ujian Nasional ini diperuntukkan bagi siswa yang nilainya pada saat Ujian Nasional di tahun 2015 tidak sampai pada SKL [Standar Kompetensi Lulusan].
  2. Ujian Nasional Utama tahun 2016. Ujian Nasional ini diperuntukkan bagi siswa kelas IX dan kelas XII, dan direncanaan akan dilakanakan pada 4 April 2016.
  3. Ujian Nasional Perbaikan tahun 2016. Merupakan Ujian Nasional yang diperuntukkan bagi siswa Ujian Nasional Utama 2016 [poin tiga], dengan tujuan untuk memperbaiki nilai yang tidak mencapai Standar Kompetensi Lulusan, dan direncanakan akan dilaksanakan pada bulan september. belum ada kejelasan tanggal pelaksanaan pada Ujian Nasional Perbaikan tahun 2016, sehingga masih bersifat tentatif.
Secagai catatan, Ujian Nasional Perbaikan tahun 2015 tidak disertakan tanggal pelaksanaannya, namun diperkirakan akan dilaksanakan sebelum Ujian Nasional Utama tahun 2016. kesimpulan ini bisa kita pahami dari rentang waktu sekitar 6 bulan pada Ujian Nasional berikutnya, yakni pada 4 April 2016 untuk pelaksanaan Ujian Nasional Utama dan dan sekitar bulan desember untuk pelaksanaan Ujian Nasional Perbaikan.

Dari uraian diatas, maka jelas para guru dan tenaga pendidik harus segera mempersiapkan anak didiknya yang akan mengikuti ujian Nasional. Lantas apa yang harus dipersiapkan, mungkin salah satu yang penting adalah pendataan. 


Demikian informasi tentang Tiga Ujian Nasional di tahun 2016 yang bisa Oiminfo bagikan, semoga para guru dan tenaga kependidikan semakin mempersiapan anak didiknya dalam menghadapi Ujian Nasional ini, dan diberi kesuksesan. semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Tiga Ujian Nasional Di Tahun 2016?"

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top