Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Uniknya Semut Jepang Serta Khasiatnya

Kebutuhan akan pengobatan untuk kesehatan yang semakin pesat, menyebabkan banyaknya alternatif pengobatan yang ditawarkan berbagai pihak. Selain pengobatan medis, pengobatan herbal-pun saat ini bukan lagi menjadi alternatif terakhir, melainkan alternatif yang utama. Banyak masyarakat beranggapan bahwa pengobatan medis melalui obat-obat yang berbahan kimiawi, acapkali memberikan efek samping yang berlebihan. Sehingga banyak diantara mereka yang memilih jalur pengobatan herbal sebagai pilihan utama. Mislanya akar buah kelapa, yang ternyata juga baik untuk kesehatan. Baca selangkapnya Manfaat Akar Buah Kelapa Untuk Kesehatan

Dan slalah satu bahan pengobatan herbal yang sedang terkenal saat ini adalah pengobatan menggunakan Semut Jepang
Khasiat Semut Jepang
Foto : Koleksi Pribadi

Pada kali ini ingin berbagi informasi seputar kesehatan dan pengobatan menggunakan hewan unik yang satu ini. Sebelumnya, tahukan kalian apa itu semut jepang? bagaimana bentuknya? dan apa khasiatnya? artikel ini akan membahas tuntas tentang hewan yang mungkin masih asing ditelinga para sahabat.


Uniknya Semut Jepang
Siapa yang tidak tahu semut? Masyarakat sering mengidentikkan semut biasanya dengan hewan kecil, berwarna hitam, kadang pula warnanya kecokelatan dan seringkali menggerumuti makanan yang manis-manis.

Namun beda dengan dengan Semut jepang / mealworm dengan bahasa ilmiahnya tenebrio molitor, merupakan hewan jenis serangga khas jepang dan tidak suka makanan yang manis-manis. Dari hasil pengalaman, selain memiliki karakter bereproduksi yang tinggi, Semut Jepang ini bisa diberi makanan berupa ragi dan kapas yang dicampur dengan ulat kecil. Namun dapat menjadi kanibal [makan sesama jenis] jika memang tidak terdapat makanan lain.

Cirikhas lain dari hewan mungil yang satu ini adalah, dari segi bentuknya Semut Jepang memiliki bentuk tubuh yang gemuk, ukurannya 2-15 mm. dengan warna kulit hitam. Berbeda dengan semut biasa Semut Jepang memiliki sayap tipis dibagian punggungnya, namun tidak bisa terbang. Dan dengan ke enam kakinya, jalannya pun relatif lamban.

Khasiat Semut Jepang
“Kecil dengan khasiat besar” mungkin ungkapan ini yang cocok disandang oleh Semut Jepang. Hal ini dikarenakan Semut Jepang memiliki berbagai macam khasiat dibidang kesehatan. Dari hasil pengalaman dan membaca dari berbagai rujukan, Semut Jepang dapat mengobati berbagai macam penyakit, antara lain :
1. Dapat menormalkan kadar gula pada penyakit diabetes
2. Asam urat
3. Mengobati kolesterol yang berlebihan
4. Menormalkan tekanan darah bagi penderita hypertensi
5. Mengobati penyakit jantung
6. menambah stamina bagi para pekerja
Uniknya Semut Jepang
Foto : Koleksi Pribadi

Dan cara mengkonsumsinya pun relatif mudah, dapat dikonsumsi secara langsung atau menggunakan makanan yang lain, semisal dimasukkan dalam kapsul, buah pisang ataupun roti.

Namun perlu diingat, bahwa mengkonsumsi Semut Jepang berlebihan dapat mengakibatkan suhu badan menjadi panas, kondisi seperti ini sangat berbahaya terutama bagi penderita penyakit jantung. sehingga sangat direkomendasikan mengkonsumsi Semut Jepang sehari semalam tidak lebih dari 10 semut saja.

Khusus bagi kalian yang berpergian dengan membawa Semut Jepang, diusahakan ditaruh ditempat / wadah yang dingin [udaranya stabil], tidak lembab dan hindari dari sinar matahari langsung. Karena Semut Jepang tidak tahan pada cuaca ekstrim. dan perlu diketahui bahwa nilai komersil dari hewan yang satu ini sangat menggiurkan, ada yang sampai membandrol hrga Rp. 400 / ekor.

Demikianlah Informasi berkenaan dengan Semut Jepang  serta khasiatnya, semoga dapat menambah ilmu pengetahuan. Nah, bagi kalian sahabat yang punya pengalaman yang berbeda silahkan berbagi infonya pada komentar.

2 Komentar untuk "Uniknya Semut Jepang Serta Khasiatnya"

Sempet booming juga ya gan..
dikampung ane banyak yang pelihara :D

betu kang sampai sekarang masih banyak dibutuhkan ....

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top