Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

5 Cara Ampuh Menjaga Dan Mengecek Kesehatan Blog

Blog tidak ubahnya sebuah "piaraan". Walaupun tidak bernyawa, namun dia bisa berkembang. Blog juga bagaikan rumah, waluapun tidak bisa diraba namun dia bisa jadi gambaran bagi pemiliknya. Jika piaraan tidak diperhatikan kesehatannya, maka dia akan sakit dan bisa jadi sakit-sakitan.

Jika blog sebagai rumah, maka jika tidak dijaga maka bisa jadi akan kotor dan banyak rumput dan ilalang yang tumbuh mengitari rumah tersebut. Kesan kosong melompong, dan kusut menjadi gambaran pertama yang tampak pada saat dikunjungi. 

5 Cara Ampuh Menjaga Dan Mengecek Kesehatan Blog

Nah, bagaimana mengatasi hal itu semua? kali ini oim akan berbagi tips tentang 5 cara menjaga dan mengecek kesehatan blog. berikut ini beberapa step yang seyogyanya diperhatikan oleh pemilik blog.

1. Cek Kecepatan Blog
Loading blog yang lemot, bisa jadi pemicu turunnya traffic pengunjung. Maka pengecekan loading blog secara berkala, dan memperbaiki masalah loading blog bisa menjadi pemicu peningkatan traffic pengunjung, mereka bisa betah. lantas bagaimana cara mengecek kecepatan blog?

Sebenarnya banyak web penyedia, dan yang mungkin paling populer ada dua penyedia yakni gtmetrix [ kalian bisa mengeceknya dengan mengunjungi alama berikut ini http://www.gtmetrix.com/ ] dan yang satunya merupakan fitur yang dsediakan oleh google. yakni PageSpees Insights [kalian bisa masuk pada alamat berikut http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ ]. 

Perlu dicatat, salah satu penyebab loading blog ini melambat adalah penggunaan image yang memiliki kapasitas besar. oleh karenanya sangat dianjurkan untuk mengkompres size images. Bagaimana caranya? mudah, silahkan baca pada posting berikutnya.

2. Cek Broken Link
Kenapa harus dicek link pada blog? begini, blog layaknya "piaraan" yang mungkin saja pada perkebangannya butuh pengecekan. Salah satu contoh kasus, dulu saya pernah membuat postingan tentang sebuah produk dan sudah disertai sebuah link tertentu.

Nah, pada perkembangan berikutnya, ternyata produk tersebut telah ditutup oleh pemiliknya, otomatis link tersebut telah dihapus. maka mau tidak mau, link yang telah kita buat akan dibaca sebagai 404 not found.

Bagi blogger yang berambisi mendapatkan penghaslan sebagai publisher, masalah ini menjadi salah satu yang krusial dan harus diperhatikan. Pasalnya, beberapa penyedia iklan seperti Google Adsense termasuk yang tidak mau menerima blog yang memiliki muatan link rusak.

Untuk menanngulangi hal tersebut, pemiliki blog harus secara berkala mengecek link tersebut. bagaimana caranya? mudah, kita bisa menggunakan web yang menyediakan penge-cek-an broken link.

Yang paling populer kita bisa menggunakan jasa broken link checker [anda bisa langsung mengunjunginya pada link berikut www.brokenlinkcheck.com/ ]. Atau bisa pula menggunakan DR. Link Ceck [ yang bisa dikunjungi langsung pada link berikut www.drlinkcheck.com/ ]

3. Cek Artikel Copypaste
Kenapa harus dicek copypaste artikel blog? Hal ini sangat penting khusunya bagi pemilik blog yang sudah diterima sebagai publisher. Lantaran salah satu persyaratannya adalah, isi blog dilarang keras terdiri dari artikel hasil copypaste.

Untuk masalah ini, sudah dibahas tuntas pada postingan sebelumnya. silahkan baca : Lima Penyedia Deteksi dan Cek Copypaste

4. Cek Ilegal Imges
Cek Ilegal Images sebenarnya istilah yang saya buat sendiri berdasarkan pengalaman. maksudnya adalah, images yang telah kita pasang diharapkan tidak menyalahi aturan. yakni tidak boleh menyertakan sebuah gambar yang tidak memiliki lisensi atau izin.

Sekali lagi ini mungkin sangat penting bagi publisher google adsense. pasalnya, salah satu aturannya adalah dilarang menggunakan gambar yang memiliki hak cipta. Maka, pemilik blog dituntut untuk mengecek image yang telah digunakan pada blognya, jika tidak ingin status publishernya dicabut.

Bagaimana cara mengecek Ilegal Images? Mudah. dari hasil diskusi panjang bersama teman blogger dan sekaligus guru saya, dia memberikan tipsnya sebagai berikut :

Cara Ke I
  • Buka postingan blog yang ada gambarnya
  • Klik kanan pada mouse, selanjutnya akan terpampang beberapa pilihan
  • Pilih Image Source On Google .

Cara Ke II
  • Buka https://images.google.com/ sebelumnya pada sebuah tab 
  • Salnjutnya buka postingan yang berisi gambar, pada tab baru
  • Lalu klik kiri pada gambar, dan tekan dan drag menuju tab image google tersebut

Selanjutnya akan terpampang, apakah image / gambar yang kita buat pada sebuah postingan telah digunakan oleh orng lain atau tidak. Jika sudah digunakan oleh orang lain, maka sebaiknya segera diganti dengan gambar yang baru. 

5. Cek Komentar 
Mungkin cek komentar, oleh sebagian blogger tidak dianggap penting. Padahal sekali lagi, blog layaknya rumah. Jika komentar para pengunjung tidak ditanggapi, maka sama saja rumah tersebut seakan-akan tidak berpenghuni.

Maka sangat dianjurkan bagi pemilik blog untu menjadi tuan rumah yang baik, dengan cara membalas komentar disaat sempat mmbuka blog. Selain itu manfaat dari mengecek komentar secara berkala, akan dapat menghindari dari penggunaan komentar yang menggunakan link aktif, yang tentu itu dapat merugikan blog.

Demikian 5 Cara Ampuh untuk menjaga dan mengecek kesehatan blog yang bisa dibagikan pada para sahabat oim. selanjutnya jika ada tanggapan dan masukan jangan lupa tulis pada komentar. semoga bermanfaat.
Tag : Blogging
5 Komentar untuk "5 Cara Ampuh Menjaga Dan Mengecek Kesehatan Blog"

Apabila blog kita pengen sehat harus rajin-rajin cek lima hal di atas ya mas. Ehm, setuju sekali bahwa meskipun blog itu bukan makhluk hidup tapi tetap perlu dirawat kesehatannya biar tetap berkembang. Terima kasih buat pencerahannya mas :)

ohh gitu ya mas, jadi harus sering-sering di cek blog kalau ingin tahu sehat apa gak blog kita ya :)

kalau imagenya kita upload sendiri trus dicopas sama blog lain itu efeknya apa mas terhadap blog kita.? tapi kan sumber imagenya dari blog kita..

Betul mas, kalau tidak di cek bisa berbahaya mas

tidak memiliki pengaruh besar mas, hanya saja jika blog yang lain itu punya traffic besar, dan alt imagenya lebih mengena, kemungkinan besar bog kita akan menurun kang

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top