Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

5 Cara Mengatasi Kesulitan Dalam Menulis

Bagi sebagian blogger, khususnya yang pemula, mungkin salah satu kendala dan kesulitan yang sering dihadapi  adalah ide atau inspirasi dalam menulis. Berdasarkan dari pengalaman, kendala ini sampai saat ini seringkali dialami setiap kali akan menulis.

5 Cara Mengatasi Kesulitan Dalam Menulis

Terlebih lagi jika ada tuntutan untuk membuat tulisan setiap hari disebuah blog. Maka akan semakin kebingungan untuk menulis, lantaran tidak memiliki ide cemerlang. Berkenaan dengan hal ini, kali ini oim akan mencoba membahas tentang 5 Cara Mengatasi Kesulitan Dalam Menulis, dengan tetap membuka pintu komentar dan masukan dari para pembaca.


  • Jangan Menunggu

Jika para blogger sudah mulai jenuh dan hampir tak ada inspirasi dalam menulis blog, maka jangan menunggu lagi untuk memulai apalagi membiarkan kejenuhan itu semakin merayap masuk dalam otak. Memang benar kata orang :
"Menunggu adalah aktifitas yang paling membosankan"
Maka bayangkan sebenarnya para pembaca sedang menunggu tulisan yang akan kita post, maka jangan biarkan mereka menunggu, seperti halnya kita hanya tertegun menunggu dan menunggu datangnya inspirasi.

Sebenarnya banyak sekali bahan yang dapat kita gunakan sebagai inspirasi dalam tulisan, seperti kegiatan sehari-hari, kuliner, atau bahkan kebuntuan otak kita untuk menulis, bisa jadi sebagai inspirasi dalam menulisnya. Namun, karena proses menunggu, seringkali inspirasi tersebut hilang begitu saja.

  • Percaya Diri

Kurang Percaya diri kadang juga menjadi pemicu dan kendala bagi seseorang untuk menlis. Mungkin sebagian berfikir tulisannya takut salah, hasil pemikirannya takut keliru, maka sebenarnya kekhawatiran itu adalah bagian dari proses tulis menulis.

Karena jika dipendam dan tidak percaya diri untuk menuliskannya, maka ide tersebut selamanya tidak akan bisa diketahui kebenarannya.  Maka dibutuhkan kepercayaan diri dan yakinlah bahwa tulisan kita berkualitas. dan perlu dicatat bahwa setiap tulisan yang kita buat dalam blog dengan berbagai usaha sebelumnya, pada hakikatnya memiliki nilai yang tinggi, ketimbang orang yang hanya membaca. 

  • Tiru Bukan CopyPaste

Jika para penulis ataupun blogger pemula masih sulit mendapatkan isnpirasi, cobalah alihkan browser dan kunjungi berbagai blog sahabat, atau website orang lain. Jika menemukan tulisan atau kabar yang bagus, mulailah baca dan pahami, dan tulislah sesuai dengan pemanahan bukan dengan cara yang tidak baik, yakni copypaste. Bagaimana caranya? selanjutnya baca poin berikutnya

  • Inovasi dan Pengembangan

Melanjutkan point sebelumnya, dalam sebuah tulisan seyogyanya diberi sebuah inovasi dan pengambangan. Mislanya, diberi komentar, atau bahkan ulasan dan opini penulis sendiri tentang tulisannya. Dengan begini pembaca tidak merasa bosan, karena mungin para pembaca telah membacanya pada blog atau situs lain.
  • Belajar

Belajar, bukan hanya kunci untuk mendapatkan pengetahuan. Balajar juga sebagai pintu untuk mendapatkan inspirasi dan ide. Belajarlah pada tulisan, artikel orang lain. Karena disetiap tulisan memiliki nilai yang dapat kita pelajari dan kita jadikan inspirasi. Selain itu, belajarlah juga untuk mendapatkan inspirasi dan ide dari hal yang terkecil. Kata guru saya :
"Orang sukses adalah dia yang mau belajar pada orang dibawahnya, sepadannya, dan orang yang lebih bak darinya"
Terus terang tulisan ini berdasarkan pengalaman dan pengamalan beberapa poin diatas, jadi sesuai dengan tulisan ini, maka saya sangat membuka masukan dan komentar bagi pembaca yang mungkin memiliki inspirasi lain yang dapat dibagikan. Semoga bermanfaat.
Tag : Blogging
7 Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Kesulitan Dalam Menulis"

Percaya diri dan banyak membaca buku. Biar lebih banyak mengenal kosa kata. sehingga katanya tidak hanya itu itu saja. Semakin sering menulis, akan semakin mudah menulis. Kata-kata akan terangkai dengan sendirinya.

betul kang... setuju dengan komentar akang nih....

ia kang harus percaya diri dalam menulis itu ya. sepertinya setiap tulisan megandung rasa dari penulisnya.

Kalo saya mencari referensi dan kemudian saya tulis dengan gaya bahasa sendiri mas :)

Oh ya, blognya udah saya follow mas :)

wah boleh juga nih tipsnya. makasih infonya..

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top