Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Format Pemutakhiran Data EMIS Smester Genap TP 2015/2016

oiminfo.net-Sahabat Opeator, sekarang sudah sampai pada smester genap. artinya sudah semakin banyak tugas menanti. mulai dari mempersiapkan data Peserta Ujian Nasional, termasuk juga harus segera melakukan pemutakhiran Data EMIS. semua tugas tersebut tidak akan pernah terselesaikan jika tidak disertai dengan niat ikhlash dan semangat yang tinggi. 
Format Pemutakhiran Data EMIS Smester Genap TP 2015/2016

Berkenaan dengan tugas-tugas berat tersebut, kali ini akan dibagikan sebuah informasi tentang format pendataan data EMIS Smester Genap TP 2015/2016. Setelah sebelumnya sudah diinformasikan tentang surat tentang instruksi pemutakhiran. 


Selanjutnya, sebelum melakukan pemutakhiran disini perlu dijelaskan bagaimana cara dan formatnya. agar operator tidak salah dalam memasukkan data pemutakhiran. Format yang disediakan oleh Ditjen Pendis, berupa file dengan format rar. sehingga komputer para operator sudah harus terinstall sebuah aplikasi untuk membuka rar ini, semisal winrar dan sejenisnya. Dan perlu diketahui, setiap satuan pendidikan dan jenjangnya, setidaknya memiliki empat form pendataan dalam bentuk file excel. Kami ambil contoh untuk RA, pendataannya terdiri dari :
  1. Form Lembaga [terdiri dari dua shet. shet pertama berisi petunjuk teknis pengisian, dan shet yang kedua berisi form pendataan lembaga RA]. Jika pengisian form sudah lengkap, diharapkan segera melakukan input data dalam Aplikasi Desktop EMIS Smester Genap 2015/2016
  2. Form Lulusan [terdiri dari tiga shet, yang mana shet pertama merupakan panduan dan petunjuk teknis pengisian, Shet kedua berupa pendataan kelulusan RA, dan shet yang ketiga berisi validasi data]. jika semua form pada seht dua dan ketiga telah rampung dan dirasa sudah tidak terdapat kesalahan, selanjutnya operator sekolah melakukan Upload dan Backup. selanjutnya di upload pada Aplikasi Desktop EMIS Online. http://emispendis.kemenag.go.id
  3. Form Personal / pendidik dan tenaga kependidikan. [tidak jauh beda dengan sebelumnya, form ini terdiri dari tiga shet, yakni petunjuk teknis pendataan, pendataan personal dan validasi data] dan setelah dirasa lengkap dan benar, segera melakukan backup data, dan upload pada Aplikasi Desktop EMIS online.
  4. Form Siswa [Sama dengan sebelumnya, juga terdiri tiga shet, berupa petunjuk, data siswa RA dan validasi data] yang selanjutnya dibackup dan diupload melalui Aplikasi Desktop EMIS smester Genap TP 2015/2016.
Sebagai catatan : Untuk memasukkan data pada form, sangat dianjurkan menggunakan cara manual [pengetikan dan bukan copypaste] karena dikhawatirkan akan merusak fungsi validasi data.

Untuk mendapatkan form pendataan EMIS Smester Genap tersebut, silahkan download pada link berikut, sesuai dengan satuan pendidikan :


BIDANG SMESTER GENAP TAHUNPELAJARAN / TAHUN AKADEMIK 2015/2016
BIDANG MADRASAH Format Pendataan EMIS Tingkat Raudhatul Athfal
Format Pendataan EMIS Tingkat Madrasah Ibtidaiyah
Format Pendataan EMIS Tingkat Madrasah Tsanawiyah
Format Pendataan EMIS Tingkat Madrasah Aliyah
Format Pendataan EMIS Pengawas Madrasah
BIDANG PD-PONTREN Format Pendataan EMIS Lembaga Pondok Pesantren
Format Pendataan EMIS Santri Pondok Pesantren
Format Pendataan EMIS Pondok Pesantren Penyelenggara Program Wajar Dikdas Salafiyah
Format Pendataan EMIS Santri Peserta Wajar Dikdas Salafiyah
Format Pendataan EMIS Lembaga Diniyah
Format Pendataan EMIS Lembaga Pendidikan Al Qur`an (LPQ)
BIDANG PAI Format Pendataan EMIS Guru PAI Pada Sekolah
Format Pendataan EMIS Pengawas PAI Pada Sekolah
PERGURUAN TINGGI ISLAM Format Pendataan EMIS Pendidik (Dosen) pada PTKI
Format Pendataan EMIS Tenaga Kependidikan (Non Dosen) pada PTKI
Format Pendataan EMIS Mahasiswa Reguler (Program Diploma dan S1) pada PTKI
Format Pendataan EMIS Mahasiswa Program Pasca Sarjana pada PTKI
Format Pendataan EMIS Lulusan PTKI
Sumber : http://pendis.kemenag.go.id/

Demikian Informasi tentang Format Pemutakhiran Data EMIS Smester Genap TP 2015/2016 yang bisa dibagikan semoga dapat menambah ifrmasi khususnya bagi operator yang akan melakukan pendataan dan validasinya. semoga bermanfaat.
8 Komentar untuk "Format Pemutakhiran Data EMIS Smester Genap TP 2015/2016"

ini harus di dowload ya kang. mudahan - mudahan opertor yang mendata tidak mendapatkan kesulitan.

wah informasi yang bermanfaat nih.

sangat bermanfaan nih bagi guru yang lagi cari hal ini.
saya bukan guru jadi kurang ngerti. hehe..

oim pengajarkah? lengkap nih infonya

siapa tau saudara samean ada yang guru mas :)

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top