Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Jadi Blogger Harus Berani Pada 6 Hal Ini

oiminfo.net- kecendrungan seorang blogger dalam membangun dan merawat blog biasanya banyak mencari jalan pintas demi banyak hal terutama ketika ingin memperbanyak pengunjung blog. Oleh karena seorang blogger diharuskan memperhatikan 5 hal agar pengunjung blog bisa betah. Sebenarnya tulisan kali ini melanjutkan tulisan sebelumnya, berkenaan dengan nge-blog, sebenarnya blogger juga harus berani pada beberapa hal sebagai berikut :

Jadi Blogger Harus Berani Pada 6 Hal Ini

  • Berani Melawan Malas
Mungkin musuh terbesar bagi para blogger adalah malas, terutama jika kebetulan memiliki kesibukan sehingga harus meninggalkan aktifitas berbagi ilmu yang dituangkan dalam blognya. Pada fase ini, rasa malas-pun mulai datang. 

Sebagai salah satu contoh, misalnya kita memiliki blog yang bertemakan sepakbola. Maka bisa dibayangkan jika sewaktu-waktu kita telat meng-update informasi tentang sepakbola, maka bisa dipastikan kita sendiri akan ketinggalan banyak informasi tentang sepakbola. Maka seorang blogger harus berani melawan rasa malasnya untuk mulai menulis. sehingga dibutuhkan poin kedua berikut ini.
  • Berani Telaten
Berbicara tentang telaten, maka erat kaitannya dengan karakter. Kata telaten bsa diartikan sebagai "tidak betah, tidak kerasan, dan mudah merasa bosan". Biasanya, blogger yang tidak telaten hanya akan mengharap blognya bagus, banyak pengunjung, perfect dan wa'ala alihi washohbihi ajma'in. Namun jika kebetulan pada blognya ada kekeliruan diberbagai sisi, dia lantas meninggalkan blognya. Sebagai contoh dan sekaligus pengalaman pribadi. Suatu ketika ada seorang teman yang menyarankan saya untuk mengecek kesehatan blog. dengan cara mengecek link pada blog. Bayangkan, dari sekian puluh postingan yang dibuat, hampir 90% terdapat link yang rusak. Pada titik ini seorang blogger dituntut untuk memperbaiki secara telaten dan meninggalkan yang namanya rasa bosan.
  • Berani Menerima Kritikan
Sebagai blogger pemula biasanya merasa puas dengan apa yang telah dilakukan. Sehingga enggan menerima kritikan dan masukan. Maklum, karena memang belum memiliki pengetahuan banyak tentang dunia blogger. Namun, jika hal tersebut tidak dilawan maka bisa jadi blognya akan jarang dikunjungi orang lain. Salah satu contoh kongkrit, misalnya kita sedang membuat postingan, kemudian ada kritikan terhadap postingan yang kita buat. maka bisa dibayangkan apa yang akan terjadi, kemungkinan terkecilnya akan terjadi perdebatan kusir. Maka seharusnya seorang blogger bersifat terbuka pada segala macam kritikan. Disebabkan kritikan dapat membuka kekurangan kita untuk selanjutnya diperbaiki. Beda sebaliknya yang hanya ingin dipuji, justu akan menutupi kekurangan tersebut.
  • Berani Meniru
Sama sekali tidak ada larangan untuk meniru blog orang lain. Namun sebagai catatan, meniru bukan berarti menjiplak alias copypaste. Meniru berarti membuat inovasi, membuat pengembangan dan lain sebagainya. Namun bagi blogger pemula, kadang poin ini tidak dianggap penting, seringkali lebih memilih cara tersendiri. Niatnya sih, agar memiliki ciri khas, namun kadang bisa berakibat fatal Salah satu contoh, demi memperindah blog, kadang tidak memperhatikan kecepatan loading. Maka akibatnya, para pengunjung enggan untuk membuka, dan lebih memilih menekan tombol close pada tab.
  • Berani Kehilangan Pengunjung
Perlu diingat bahwa pengunjung blog adalah manusia dan bukan "ROBOT" mereka memiliki kesibukan yang mungkin melebihi seorang blogger pemula yang tuma'ninah didepan laptop. Jadi, jangan heran, jangan kaget plus jangan sedih, jika sewaktu-waktu pengunjung blog tiba-tiba raib, dan traffc menurun drastis. Karena dimungkinkan para pengunjung blog sedang memiliki kesibukan masing-masing. Namun, tetaplah untuk senantiasa istiqamah meng-update blog. dan jangan lupa senantiasa mengecek kesehatan blog.
  • Berani Berubah
Nah, untuk yang terakhir ini jangan dipahami berubah layaknya superhero. Artinya merubah karakter pada poin-poin diatas. artinya yang asalnya pemalas, maka harus berani lawan malas. Yang asalnya sering merasa bosa, maka harus dilawan dengan telaten dan seterusnya.

Demikan uraian tentang 6 hal yang harus dilawan oleh blogger, yang kesemuanya ditulis berdasarkan hasil pengalaman selama menjadi blogger pemula. bagi sahabat blogger pemula semoga bisa menjadi masukan, dan bagi blogger senior diharapkan menambah pengalaman lainnya. Terimakasih.

Tag : Blogging
8 Komentar untuk "Jadi Blogger Harus Berani Pada 6 Hal Ini"

6 hal yang penting diperhatikan, dan harus berani melakukannya

6 keberanian yang benar-benar harus dimiliki setiap blogger. Apalagi poin pertama. Sangat penting untuk berani melawan rasa malas :)

semakin terinspirasi dan mantab banget nih mas semua tutorialnya, salam sukses

iyaa, ngeblog mah santai aja oim yang penting update terus
semangat ya

bener harus berani berubah seperti saya berubah templete terus. hehehe

bener banget tuh, malas update adalah hal yang sering dialami para blogger seperti saya. hehe..

Tambah satu lagi kang Berani BERSABAR

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top