Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Perhatikan 5 Hal Ini, Agar Pengunjung Blog Bisa Betah

Bukan hanya pengunjung banyak yang biasanya diharapkan oleh pemiliki blog, tapi juga bagaimana caranya pengunjung tersebut suka dan ingin kembali keblog, dan betah. Lantas bagaimana caranya? Sebelum membahas lebih jauh berkenaan dengan topik ini.

Setidaknya mari kita merubah cara pandang, sebagai pemilik blog. Bayangkan bahwa pengunjung blog kita adalah kita sendiri yang sedang mengunjungi blog orang lain. Maka kita akan mendapatkan banyak kesan, apakah blog kita memang layak dikunjungi dan para pengunjung bisa betah atau tidak.

Perhatikan 5 Hal Ini, Agar Pengunjung Blog Bisa Betah

Berkenaan dengan pembahasan tersebut berikut ini akan dibahas 5 Hal yang perlu diperhatikan Agar Pengunjung Blog Bisa Betah. Kelima hal tersebut murni dari hasil pengalaman sebagai pemilik dan pengunjung blog :

1. Perhatikan Konten Blog
Konten yang dimaksud adalah yang berkaitan erat denga segala macam isi blog. Setidaknya bisa dipetakan sebagai berikut :
  • Topik Yang Informatif

Artinya postingan yang dibuat oleh pemilik blog harusnya memiliki topik yang jelas, dan pembahasannya tidak kemana-mana. Bayangkan jika kita sebagai pengunjung blog, maka akan males, dan enggan untuk membaca jika topik yang dihadirkan sebuah blog tidak jelas, bahkan kadang membuat kita bingung. Selain itu, postingan juga harus memuat informasi yang jelas, bukan informasi tabu yang sudah diketahui kebanyakan pengunjung. Misalnya satu tambah satu ya sama dengan dua. Tentunya kita harus bisa mengatasi kesulitan dalam menulis blog.
  • Unik dan Inovatif

Unik artinya, memiliki keistimewaan ketertarikan bagi pembaca. Ke-unik-an ini dapat dilihat dari title / judul postingan serta dari isinya. Jika topiknya tidak unik, maka jangan harap pengunjung bisa betah. Begitu juga jika tidak memiliki muatan inovasi.

Artinya, isi postingan dibubuhi dengan informasi yang tidak biasa, misalnya hasil dai pengalaman, atau berupa komentar pemilik blog yang mungkin belum diketahui oleh pengunjung.

2. Perhatikan Fasilitas dan Menu Blog
Selanjutnya, setelah memperhatikan konten, perhatikan pula tataletak, fasilitas dan menu yang ada diblog. Jangan sampai pengunjung dibuat kesultan untuk menemukan berbagai macam menu yang ditampilkan. Maka bayangkan kita sebagai pengunjung blog seseorang.

Pada saat mengunjungi blog, kita ingin menjadi member dari blog yang kita kunjungi, namun ternyata blog tidak memberikan fasilitas, atau fasilitasnya sulit ditemukan. Maka, apakah kita akan betah? Mungkin tidak akan pernah kembali mengunjungi blog tersebut.

3. Perhatikan Loading Blog
Poin ketiga ini mungkin sangat penting diperhatikan, berusahalah membuat loading blog kita tidak berat. Bagaimana caranya? Tentu dengan banyak belajar mempercepat loading blog. Misalnya dengan cara memilih template yang tepat, atau tidak memberikan widget yang berlebihan. Kadang banyak kita temukan blog yang pemiliknya lebih memilih merias blognya dengan tanpa memperhatikan loadingnya.

4. Perhatikan Komentar Blog
Nah, sebagai pemilik blog kita harus senantiasa mengecek kolom komentar dan membalas komentar. Kenapa? Coba kita bayangkan, andai kita mengunjungi sebuah blog,  dan ada artikel penting namun belum kita pahami, kita tentu akan bertanya dengan cara menulis komentar.

Nah, kita akan jenuh menunggu bahkan enggan lebih memilih mengunjungi blog lainnya dibandingkan menunggu jawaban komentar yang berlarut-larut.

5. Perhatikan Untuk Mengunjungi Balik.
Tipe pengunjung blog sangat beragam, ada yang memang mengunjungi untuk mendapatkan informasi, dan disisi lain terdapat pengunjung blog yang punya niat agar dikunjungi balik.

Bayangkan saja misalnya kita pengunjung blog yang kedua, mungkin kita akan males dan enggan untuk mengunjungi blog dan sudah kita beri komentar, jika pemilik blog yang bersangkutan tidak kunjung mengunjungi blog kita.

Demikianlah 5 Hal yang perlu diperhatikan agar pengunjung blog bisa betah. Kelima hal tersebut murni dari hasil pengalaman dan pengamatan. Jika teman-teman blog punya tips lain yang bisa menambah, silahkan tulis pada kolom komentar ya.

Dan selanjutnya akan saya bahas ulasan yang banyak dicari pemilik blog, yakni salah satu tekni meningkatkan pengunjung blog dengan cara memilih kata kunci yang tepat, simak selanjutnya : Cara Riset Keyword Pakai Google Trends
Tag : Blogging
8 Komentar untuk "Perhatikan 5 Hal Ini, Agar Pengunjung Blog Bisa Betah"

kalau butuh informasinya sewaktu2 bisa balik lagi kok oim karena butuh informasi content
tapi kalo buat berteman kayaknya enggak ya

tapi ada juga sebagian orang membuat blog bertujuan untuk mencari teman yang banyak :)

5 hal yang memang wajib diperhatikan bagi para blogger untuk kenyamanan pengunjung blognya. Apalagi sebagai blogger pemula seperti saya ini. Terima kasih mas atas pencerahannya :)

bener banget tuh. loading blog sangat berpengaruh. apalagi kalau blog terlalu berat sampai loadingnya gak selesai selesai itu rasanya pengen klik tombol close tab.

setuju banget saya mas. dengan ke 5 poin tersebut meski mungkin blog saya belum mmenuhi nih.
bisa jadi menunya kurang pas

Sama-sama... saya juga masih pemula nih...

betul mas malah kalau bisa tekan tombol trun off deh hehehe

saya baru saja ngunjungi blog pean kang... kayaknya ganti baju yak? hehehe

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top