Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Sudah Smester Genap, Segera Perbaiki Data EMIS

oiminfo.net- Kementerian Agama RI, sebenarnya telah memberikan perhatian besar bagi lembaga pendidikan dibawahnya. Dalam hal ini, Lembaga-lembaga yang berada dibawah naungan Dirjen Pendidikan Islam. Namun, Kementerian Agama RI, juga tidak akan memberikan dukungan ataupun bantuan tanpa adanya sebuah data. Hal ini dikarenakan mengantisipasi adanya kesalahan pengalokasian sebuah bantuan ataupun program. Seperti yang telah diberitahukan sebelumnya, bahwa Pemutakhiran Data EMIS, akan dilakukan berkala setiap smester. 


Kali ini akan dibagikan informasi serupa tentang hal pemutakhiran data EMIS, namun untuk smeseter Genap TP 2015/2016.  Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa pemutakhiran ini sangatlah penting, mengingat Satuan Pendidikan ataupun lembaga, peserta didik, atupun guru yang berada dibawah binaandirektorat Jenderal Pendidikan Islam, tidak akan mendapatkan pelayanan bahkan keberadaannya juga tidak akan diakui, jika tidak melakukan pemutakhiran data ini. 
Pemutakhiran Data EMIS Smester Genap TP 2015/2016

Dalam surat Nomor Dj.I/Set.I/I/OT/01.1/282/2016, Tentang Pemutakhiran Data EMIS ini menjelaskan bahwa :
  • Pendataan ini meliputi seluruh entitas di bawah binaan Dirjen Pendis, Yakni RA, MI, MTs MA, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri [PTKIN], Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta [PTKIS], Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah Tkmiliyah, Lembaga Pendidikan Al-Quran [LPQ], Pondok Pesantren penyelenggra Wajar Dikdas, Pengawas dan Guru PAI disekolah. 
  • Setiap Satuan Pendidikan Diatas, diharuskan melakukan pemutaakhiran data EMIS dengan mengisi instrumen pendataan resmi yang dikeluarkan Ditjen Pendis sesuai dengan petunjuk pengisian.
  • waktu pelaksanaan Pemutakhiran ini dimulai sejak surat ini ditandatangani sampai tanggal 5 Maret 2016 [khusus untuk EMIS Madrasah dan PTKI Smester Genap TP 2015/2016], sementara untuk EMIS PD-Pontren dan PAI, akan ada informasi lebih lanjut.
Untuk Format Pemutakhiran, silahkan baca : Format Pemutakhiran Data EMIS Smester Genap TP 2015/2016

Sebagai Catatan :
  1. sebelum melakukan pemutakhiran harus dipastikan bahwa operator pada setiap satuan pendidikan telah terdaftar pada aplikasi EMIS SDM. Untuk mengetahuinya dapat dengan megakses http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm
  1. Khusus untuk perguruan tinggi, sebelum melakukan pemutakhiran / updating data EMIS PTKI Smester Genap, diwajibkan untuk menyelsaikan data pada smester ganjil TP 2015/2016
Untuk mengetahui surat tentang pmutakhiran Data EMIS Smester Genap, silahkan download pada link berikut ini


Demikin informasi berkenaan Perbaikan Data EMIS Tahun Pelajaran 2015/2016 yang bisa dibagikan, semoga para operator lembaga pendidikan dan yang terkait bisa dapat melakukan pemutakhiran dengan segera. semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Sudah Smester Genap, Segera Perbaiki Data EMIS"

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top