Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Ini Dia Jenis Baju R.A Kartini

Jenis Baju R.A. Kartini - Kartini yang memiliki nama asli R.A. Kartini sebenarnya memiliki nama asli Kartini Djojo Adhinigrat, lahir pada tahun 1879, tepatnya tanggal 21 April di kota Mayong Kabupaten Jepara. Ayahnya yang bernama R.M. Sosroningrat, merupakan keturunan bangsawan dari ayahnya bernama Pangeran Ario Tjondronegoro IV. Saat Kartini lahir, Ayahnya sedang menjabat sebagai Bupati Jepara.

macam baju kebaya ra kartini

Terlahir dari keluarga bangsawan, Kartini kecil mendapat gelar R.A [Singkatan dari Raden Ayu], dan setelah menikah juga mendapat gelar R.A. namun dari singkatan Raden Ajeng. Sementara Ibunda Kartini, bernama M.A. Ngasirah, merupakan seorang putri guru agama / kiai di daerah Telukawur, Jepara. bernama Kyai Haji Madirono, dengan istrinya bernama Nyai Hajah Siti Aminah.

Peraturan kolonial Belanda pada saat itu membuat peraturan, bahwa putra bangsawan harus menikah dengan putri bangsawan. Lantaran Ibunda Kartini bukan dari golongan bangsawan, akhisnya ayahnya Kartini-pun menikah lagi dengan R.A. Woerjan atau Moerjam, yang erupakan putri bangsawan keturunan Raja asal Madura.

Terlepas dari sepak terjang Raden Adjeng Kartini sebagai pahlawan Emansipasi Perampuan di Indonesia, Tahukan baju apa yang dikenakan ibu kartini pada foto yang sering beredar dan sering kita lihat? Sebelum kami jelaskan lebih lanjut, foto yang dimaksud adalah foto ketika Raden Adjeng Kartini sedang duduk mengahaa agak kekiri, bukan foto yang lain.

Baju Raden Adjeng Kartini

1. Baju

Semetara bagju yang dikenakan ibu kartini, adalah baju kebaya dengan warna hitam, dengan hiasan semacam songket khas bangsawan. Tidak ada data jelas, beliau menggunakan jenis kain apa. Namun jika kita perhatikan dari sisi sejarah, keturunan bangsawan jawa pada saat itu sering menggunakan jenis kain katun. dan perlu diketahui bahwa kebaya sendiri, menurut beberapa sumber dipercaya sebagai hasil akulturasi antara budaya tiongkok dan melayu.

2. Bawahan.

Untuk pakaian bagian bawah ternayat R.A. Kartini menggunakan sampir atau sarung batik khas Jepara. Hal ini dapat diketahui dari ciri khas batik Jepara. Seperti yang telah diketahui bahwa Batik Jepara memiliki dua motif, yaitu motif baru dan motif baru. Karena foto yang diambil sudah lama, maka otomatis R.A. Kartini menggunakan  batik jepara dengan motif lama. Seperti apa batik jepara dengan motif lama? yaitu dengan beberapa kombinasi, dan warna dasar cokelat dengan tambahan motif daun dengan lung warna hitam. 

Analisa Baju R.A. Kartini

Tanpa membahas apakah baju yang dikenakan R.A. Kartini memperhatikan prinsip busana muslim atau tidak, namun yang patut dipertanyakan, Kenapa R.A Kartini menggunakan pakaian seperti itu? apakah karena beliau tidak tahu fashion? tidak paham tentang style? Maka menurut analisa penulis. Beliau menggunakan pakaian seperti itu lantaran beliau ingin konsisten menghargai budaya. Yaitu Baju Kebaya dan Sarung Batik, dan yang dipilih aalah batik Jepara, sebagai tempat kelahirannya. Lantas apa pelajaran yang bisa kita ambil? Jawabannya adalah menumbuhkan rasa nasionalisme  tinggi, dan menghargai budaya bumi pertiwi. 

Mungkin itu saja  yang bisa saya tulisa tentang Jenis Baju R.A. Kartini, jika ada yang punya informasi lebih, jangan sungkan-sungkan untuk juga berbagi informasi.
Tag : Info Fashion
7 Komentar untuk "Ini Dia Jenis Baju R.A Kartini"

wah, keren juga analisanya mas... terima kasih telah berbagi informasinya..

semoga hasil analisanya tidak membuat keluarga besar R.A Kartini mengernyitkan dahi membacanya, tapi pakaian seperti itu dijamannya pun hanya dipakai oleh golongan ningrat kayanya mah ya

biasanya identik sekali baju RA kartini ini dengan baju batik dan kebaya ya mas, kayak saya kemarin di sekolahan juga gitu loh

hem memang sekarang informasinya dsini semakin baik dan semakin bagus blognya mas

Hheh, ini hanyalah analisis dari foto kang, dan saya yakin keluarga besarnya jika tidak setuju akan memberitahu, dan bagus untuk penambahan informasi

Mas purnama di sekolah pakai baju kebaya ya kang? hehehe

terimakasih atas informasinya kang oim semoga bermanfaat

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top