Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Macam-macam Baju Kebaya Terbaru Tahun 2016

Macam-macam Baju Kebaya Terbaru - Beberapa hari yang lalu, masyarakat Indonesia merayakan hari kartini, tepatnya tanggal 21 April 2016.  Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat dalam memperingati hari bersejarah tersebut. Namun yang paling sering, adalah dengan menggunakan kebaya. 

macam macam baju kebaya

Mungkin terlintas dibenak kita, kenapa baju kebaya menjadi ciri khas dalam perayaan Hari Kartini? Mungkin, Jenis Baju R.A Kartini sebagai sosok pejuang emansipasi perempuan, dalam fotonya yang sering kita lihat menggunakan kebaya. 

Dan mungkin sahabat juga tahu, Demam Kebaya ini bukan hanya terjadi di kota, namun sampai kepelosok desa. Bukan hanya kaum ibu-ibu yang notabene lekat dengan baju kebaya dan kondangan, pasalnya mulai dari yang kecil, muda dan dewasa, khususnya kaum hawa banyak yang mengenakan baju kebaya.

Nah, jika ada yang bertanya, apa sajakah macam baju kebaya itu? mungkin banyak diantara kita yang tidak tahu. Bahkan yang ikut mengenakan baju khas indonesia ini juga tidak tahu.

Untuk menjawab pertanyaan itu, kali ini akan kami bagikan info tetang Macam-macam Baju Kebaya Terbaru 2016. Tujuannya apa? agar kita tahu, baju kebaya yang digunakan tetangga kita saat hari kartini itu, termasuk model terbaru atau malah jadul, hehe.

Sebelum saya lanjutkan, akan saya jelaskan apakah yang disebut baju kebaya. dan apakah ciri khas dari kebaya itu :

1. DEFINISI BAJU KEBAYA

Dikutip dari wikipedia, ternyata kebaya ada yang mengatakan berasal dari bahasa arab, yaitu abaya, yang berarti baju. Namun ada yang mengatakan, kebaya berasal dari china, yang akhirnya ber-akulturasi dengan budaya indonesia, dan akhirnya disebut kebaya.

Perlu dicatat, Kebaya dahulu menjadi salah satu baju kebesaran keluarga kerajaan majapahit. Walaupun kalau kita lihat di film-film, biasanya kebaya juga dipakai oleh rakyat jelata, Namun yang jelas, kebaya merupakan baju khas indonesia. bukan negara tetangga. catat itu!

2. CIRI KHAS BAJU KEBAYA

Kebaya berbeda dengan baju yang lain, apalagi dengan gamis, maka jauh berbeda. Jika baju hem atau kemeja memiliki krah, tidak dengan kebaya. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini ciri khas Baju Kebaya :


a. Kancing Baju

Kebaya tidak memiliki kancing baju seperti layaknya baju kemeja, Kebaya hanya memeiliki kanjing dibagian depan, biasanya hanya terdiri dari 3 sampai lima kancing baju saja.

b. Hiasan Bagian Depan

Biasanya kebaya memiliki hiasan bordil, dibagian depan dikedua sisi. Baik bordil bawah atau bordil depan.

c. Kain

Biasanya kain yang digunakan baju kebaya menggunakan baju yang relatif transparan, bagian kulit penggunanya kelihatan.

d. Lengan Panjang

Jika diperhatikan model-model baju kebaya jaman dulu, hampir tidak ditemukan kebaya dengan lengan pendek. oleh karenanya, sengaja kami masukkan, lengan panjang sebagai ciri khas. Lantaran nanti akan berbeda dengan Baju Kebaya Modern

e. Kombinasi

Ciri khas lain yang melekat pada baju Kebaya adalah penggunaan sarung batik batik dibagian bawah, dan daleman berupa kain, untuk menutupi bagian depan. Namun, untuk daleman ini, pada saat ini biasanya sudah disambung dengan bajunya.


3. BAJU KEBAYA TERBARU 

Perembangan gaya hidup sepertinya juga mempengaruhi terhadap design Baju Kebaya. Untuk mengetahui Baju Kebaya Moder, setidaknya ada beberapa ciri, yaitu :

  • Ukuran Baju sesuai dengan bentuk tubuh, bahkan biasanya terlihat slim.
  • Kain yang digunakan tidak lagi transparan, walaupun tetap menggunakan hiasan bordil
  • Hiasan bordil, tidak lagi menggunakan corak bunga, akan tetapi designya lebih modern
  • Bagian sisi baju kebaya, ada yang memanjang kebawah. Biasanya kebaya jenis ini sering digunakan pada saat acara resmi, atau pesta pernikahan.
  • Kombinasi kebaya tidak lagi hanya dengan sarung batik, namun biasanya dengan baju terusan.
  • Tidak hanya menggunakan lengan panjang, Kebaya moder, justru banyak yang menggunakan lengan pendek.
  • Kebaya Modern, juga memiliki versi Islami, tentu dengan memperhatikan Prinsip Busana Muslim
  • Kesan elegan lebih ditekankan untuk Baju Kebaya Modern.


Ciri-ciri yang disebutkan diatas, murni dari hasil analisa dari beberapa sumber, misalnya dari http://modelkebayamodernterbaru.blogspot.com/ dan yang lainnya.

4. KESIMPULAN

Dari paparan diatas,  dapat disimpulkan bahwa baju kebaya saat ini semakin bervariasi, bukan hanya menggunakan kain batik sebagai kombinasi bagian bawah, namun juga hiasan didepan tidak lagi menggunakan bordil berbentuk bunga. Selain itu, kesan slim dan elegan sepertinya menjadi tujuan dari Kebaya Modern ini. 

Demikain, informasi serta ulasan tentang Macam-macam Baju Kebaya Terbaru Tahun 2016, yang bisa dibagikan, jika tulisan ini bermanfaat, jangan lupa kasih komentarnya ya. 
Tag : Info Fashion
2 Komentar untuk "Macam-macam Baju Kebaya Terbaru Tahun 2016"

Emang bener, perempuan ingin tampil beda saat memakai kebaya. Mereka juga membuat desain yang nabrak pakem dari kebaya itu sendiri.

nah sebenarnya memang inovasi kebaya harus tetap memperhatikan desaign awal dari kebaya jangan sampai malah jauh berbeda

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top