Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

10 Potensi Blog Untuk Generasi Muda

10 Potensi Blog Untuk Generasi Muda - Blog saat ini memiliki banyak pemahaman. Namun yang paling ngetrend saat ini, dipahami sebagai sebuah media. Yang namanya media, tentu tergantung penggunanya. 

Mungkin masih ada yang masih bertanya, Bagaimana cara membuat blog? maka jawabannya sangatlah mudah. Banyak sekali tutorial membuat blog dari awal sampai akhir alias tuntuas yang bisa kita dapatkan di internet.

Potensi Blog Bagi Generasi Muda

Di Indonesia sendiri ada salah satu penyedia hosting sebagai pelengkap blog, misalnya dewawebdengan berbagai keunggulan dan fasilitas yang didapat.

Terlepas dari cara membuat blog dan kongkalikongnya, yang menjadi fokus tulisan ini sebenarnya bagaimana cara kita menggunakan media blog dengan baik? 

Nah, Berawal dari pertanyaan inilah, dan sekaligus mumpung masih momen HARDIKNAS (Peringatan Hari Pendidikan Nasional) yang jatuh hari ini, tanggal 2 Mei, maka tulisan ini muncul dengan harapan menjadi jawabannya.

Blog Dalam Pandangan Agama Islam

Dalam pandangan Islam sendiri, sebuah media (dalam hal ini adalah blog) tidak memiliki status hukum apapun, sampai pada saat niat pengguna media tersebut. Layaknya sebuah pisau, bisa bermanfaat ketika digunakan untuk mengiris bumbu, buah-buahan. Dan akan berdampak negatis, ketika digunakan untuk tindakan tercela.

Ibarat sebuah kayu, akan bermanfaat jika yang menggunakan adalah seorang arsitek, dan sebaliknya akan sia-sia saja jika hanya dibakar atau bahkan justru akan membahayakan jika dibuat memukul orang lain. Karena Lembaga Pemasyarakatan bisa jadi rumah singgah berikutnya.

Perkembangan Blog, dari kehari sepertinya mulai mendapatkan respon yang positif. Banyak kita temukan blog berisi promo iklan, atau pemasaran sebuah produk, Sharing pengetahuan dan pengalaman.

Artinya, Blog bukan hanya dipahami seperti jaman dulu "Blog ya berisi catatan pribadi". Akan tetapi menjadi salah satu peluang untuk hal-hal yang lebih bernilai dan bermanfaat.

10 Potensi Blog Untuk Generasi Muda

Berbicara tentang generasi, berarti kita berbicara anak cucu kita sendiri. Sebagai orang tua yang baik, maka harus memikirkan masa depan anak-anaknya.

Sementara itu masih banyak diantara kita sendiri yang berstatus sebagai konsumen bukan produsen, Pengunjung blog, bukan pemilik blog. 

Maka seharusnya kita bisa lebih peka terhadap perkembangan blog. karena setidaknya ada 10 potensi blog yang bisa bermanfaat untuk generasi muda. Apa sajakah itu?

1. Media Komunikasi

Komuniskasi berarti interaksi antara satu indvidu dengan individu yang lain. Saat ini banyak kaula muda yang hanya memanfaatkan alat telekomunikasi dan media sosial atau aplikasi chat sebagai meda komunikasi mereka. 

Banyak yang belum sadar, bahwa blog dapat dijadikan medianya. Bahkan hemat saya blog lebih canggih, karena bukan hanya pesan tersampaikan, namun juga kesan. Apa kesannya?

Blog, menurut saya lebih serius dibandingkan media komunikasi yang lain. Contoh, Blogwalking, merupakan salah satu contoh kongkrit media komunikasi yang dinamis.

Saat ini banyak sekali kita temukan diberbagai sekolah bahkan kampus, para guru atau dosen menggunakan blog sebagai media komunikasi mereka.

2. Media Pengembangan Kreatifitas Belajar

Kreatifitas, yang didapat dari blog bukan hanya terbatas pada bidang jurnalistik atau tulis menulis saja. Keratifitas design web, bisa diraih.

3. Media Pembelajaran

Banyak pesan yang sangat bernilai yang dimiliki blog. Jika seorang telah memiliki blog, maka dia tidak hanya dituntut untuk mengupdate tulisan atau berita di blognya. Melainkan, dia harus merawat kesehatan blog, menjadi pemiliki blog yang baik, dan lain sebagainya.

Pada titik ini, dia sebenarnya akan mendapatkan pembelajaran sebagai pemilik blog yang baik. Tak ubahnya seoseorang yang memiliki rumah, maka dia harus senantiasa menjaga dan membersihkan rumah, bahkan menjadi tuan rumah yang baik, bila mendapat kunjungan.

Contoh lain, Seorang yang memiliki blog juga harus memiliki sikap dewasa, karena tidak jarang ada pengunjung blog yang mengkritik isi blog.

Sifat sabar, terbuka, dan saling menghargai diharapkan bisa tumbuh. Mau bukti? silahkan anda bukan tulisan saya tentang :  Solusi Ketika Muncul Pesan Windows was unable to connect to pada windows 7

4. Sarana Membangun Relationship

Seperti yang telah disinggung diatas, blog saat ini tidak hanya dipahami sebagai tempat nulis, dan catatan pribadi belaka. Artinya, Blog akan lebih bermanfaat ketika pemiliknya bisa membangun relasi, baik dengan pengunjung atau dengan pemilik blog yang lain.

Ketika seseorang mampu membangun hubungan yang baik, maka sudah dipastikan banyak manfaat yang akan didapatkan.

Kata relatinoship jangan hanya dimaknai sebagai hubungan dengan orang lain, namun lebih dari itu bisa bermakna "saling mengenal"

Dalam agama Islam, saling mengenal antar individu dan antar budaya, sangat dianjurkan. hal itu ditegaskan oleh al-Quran, Surat al-Hujurat Ayat 13.

"Wahai seluruh manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kalian baik laki-laki maupun wanita, dan aku jadikan kalian dalam bentu bangsa-bangsa dan suku-suku agar kalian saling mengenal (satu dengan yang lain)"

5. Media Penyalur Hobi

Tidak sedikit orang yang memiliki hobi menulis, beberapa diantara mereka terkenal berkat tulisan-tulisannya diblog.

Mislanya, Prof. Dr. H. Imam Suprayogo, Mantan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim ini, pernah mendapatkan anugerah dan rekor dari MURI, dikarenakan tulisannya yang bagus, serta konsisten selama tiga tahun. berikut ini situs resminya: http://www.imamsuprayogo.com/

Jika bukan karena sudah menjadi hobi, konsisten menulis diblog selama tiga tahun tanpa jeda, rasanya mustahil.


6. Sarana Publikasi

Blog bukan untuk gaya-gaya'an. Saat ini semua orang bisa membuat blog. Banyak penyedia blog gratis seperti blogger, wordpress dan lain sebagainya. 

Maka, yang dimaksud blog sebagai sarana publikasi, kaitannya dengan anak muda sekarang, diharapkan blog bukan hanya dimiliki saja, tapi juga sebagai media menunjukkan hasil dan buah karya.

7. Sarana Dakwah

Banyak sarana untuk berdakwah, salah satunya blog. Jadi seseorang bisa memberikan nasehat-nasehat atau motivasi kepada yang lain melalui blog.

Saat ini, banyak sekali kita temukan berbagai macam blog, yang berlabel-kan agama, namun jika dipelajari justru tidak mengandung nilai Rahmatan Lil 'Alamin, yang notabene sebagai nilai Agama.

Bagaimana cara untuk mengcounter hal tersebut? maka blog bisa dijadikan sarananya. hebatkan?

8. Wahana Transformasi Budaya

Jika biasanya kita mendangar pendidikan sebagai teransformasi budaya, maka blog-pun bisa menjadi salah satu fasilitasnya.

Apa itu transformasi budaya? artinya, pewarisan sebuah budaya. Contoh kongkrit, tulisan ini sebenarnya tergugah dari keinginan seorang blogger, agar nantinya aktifitas blog tidak hanya dijadikan wahana gaya-gaya'an belaka.

Akan tetapi lebih dari itu, bisa memberikan pesan dan pembentukan budaya yang baik, budaya ilmiah, budaya pendidikan, budaya sosial yang baik, dan lain sebagainya.

9. Sarana Diskusi dan Berbagi Informasi

Dalam bahasa arab, kata "Musyawarah" bisa mewakili makna yang terkandung dalam diskusi. Musyawarah berarti tukar-pikiran, saling membari masukan. 

Arti Blog bisa dijadikan wahana diskusi. Misalnya, para pelajar, bisa saling tukar pendapat, tukar ilmu pengathuan dan bahkan bisa berbagi informasi.

10.Media Komersil

Bagi kaula muda, mungkin masih banyak yang tidak tahu bahwa blog bisa menambah penghasilan. padahal banyak para pemilik blog yang akhirnya bisa mendapatkan income pemasukan tiap bulannya. 

Berita tersebut bisa dilihat diberbagai blog, sehingga tidak perlu disebutkan contoh. Maka, hitung-hitung para pelajar yang mau nge-blog, dan menghasilkan pemasukan, bisa sedikit meringankan beban orang tua. Menarik kan?


KESIMPULAN

Dari uraian diatas, dapat disimpulan bahwa blog memiliki banyak potensi yang bisa dimanfaatkan. Dan kesepuluh poin diatas hanya sebagain kecilnya saja.

Dengan blog, diharapkan para generasi muda bisa mengasah potensi dirinya, meningkatkan dan mengembangkan kualitas pengetahuan dan kepribadiannya.

Semoga tulisan tentang 10 Potensi Blog Untuk Generasi Muda, sebagai luapan rasa syukur dan memperingati HARDIKNAS ini bisa bermanfaat. dan tentunya menambah wawasan kita tentang manfaat blog.
Tag : Blogging
24 Komentar untuk "10 Potensi Blog Untuk Generasi Muda"

sungguh jika anak muda pakai blognya dengan nice salah satu dari 10 potensi blog diatas, pasti negeri ini makin bijak deh

betul kang, semoga 10 potensi blog ini, bisa memberikan inspirasi dan manfaat bagi generasi muda

Selalu fresh aja kang tulisannya, semoga aja generasi muda membaca tulisan ini. karena 10 potensi tersebut sangat penting

10 kaimat diatas benar-benar memotivasi adik, kang.
inti nya, blog bisa jadi sarana untuk semuanya.

ya betul, blog memiliki banyak potensi yang harus di manfaatkan dengan baik. khususnya untuk adik-adik kita, sebagai generasi muda

keren kang, 10 potensi blog ini harus diketahui oleh kaum muda kayak saya hehe

tulisannya segar, kang! artikelnya bertahan di 4 besar ya.

Wah saya belum ngecek kang, yang jelas saya hanya ingin berbagai tentang 10 potensi blog saja kang. selamat blogging ya kang

Syarif muhammad masih muda atau pura-pura muda ya? hehe

Sepertinya poin-poin di atas itu sangat penting sekali kang untuk anak muda jaman sekarang, yang mau menjadi seorang blogger ..

ya betul kang, harapan saya ke-sepuluh potensi 10 itu bisa benar-benar dimanfaatkan kang

Mantap,,,!!
Semoga Bermanfaat Bagi Generasi Muda,,,

10 potensi diatas...bisa kita dapatkan jika kita bisa terus konsisten ya Mas...

betul, konsistensi sangat penting dalam blog. agar ke-10 potensi itu bisa digapai

setuju 100 % kalau begitu kang

Maknyus tulisannya, kang :))

akhirnya kang hilal bisa komentar hihihi

point ke 9 tuh bener bnget kang blog sebagai sarana diskusi dan informasi. saya juga mendapat banyak informasi dari artikel-artikel yg bermanfaat

ya kang, saya juga begitu. potensi blog memang segudang. berbagi informasi dan diskusi mungkin salah satunya saja kang

Kang Oim mantap artikelnya salam newbie saya , bagaimana kontesnya sukses gak , kunbal ciriseo

Intinya dengan ngelog akan banyak potensi bermanfaat yang bisa kita salurkan untuk orang lain ya kang?

Oh ya, blog ini izin saya follow ya kang, biar nggak ketinggalan update artikel dari blognya akang :)

Saya sebagai anak muda, merasa terinspirasi setelah membaca postingan dari blog ini :D

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top