Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Dinamika Kontes Seo IAPD Dengan Hadiah Menggiurkan

Kontes Seo IAPD - Perkembangan dunia blogger dari hari kehari semakin terlihat. Hal ini dibuktikan banyaknya para blogger yang mati-matian mendaftarkan blognya untuk menjadi publisher google adsense. Kenapa?

Karena pasalnya banyak orang yang sukses menjadi pengiklan google. Misalnya salah satunya Om Ghe Jhon dengan blognya Portal Uang [http://portal-uang.com/] yang baru-baru ini mempublish hasil penghasilannya tidak kurang dari enam belas juta. Kebayang gak? lebih besar dari gaji PNS tingkat kabupaten.

hadiah kontes seo iapd

Memang blog saat ini mulai menarik banyak perhatian, khususny bagi para blogger baik yang lama apalagi yang masih nibwie (Pemula). Kenapa? Lantaran Potensi Blog mencakup banyak bidang, mulai dari membangun relasi, media pembelajaran sampai hal yang bersifat komersil, bahkan blog menjadi solusi bagi digital native

Dalam dunia blogging sendiri ada sebuah istilah SEO (search Engine Optimization) kalau diterjemahkan secara bebas "optimasi mesin pencari". Dalam hal ini google. 

Istilah tersebut meupakan jelmaan dari strategi seorang blogger agar blognya bisa nongkrong dan duduk manis di halaman depan mesin pencari.

Dengan harapan bisa mendapat traffict pengunjung yang banyak, dan jika banyak otomatis blog yang menayangkan iklan google adsense mendapatkan komisi.

Kali ini saya tidak akan berbicara banyak tentang apa itu SEO, dan bagaimana strateginya, namun yang jelas trend SEO semakin hari semakin meningkat.

Sebut saja IAPD (Indonesian Adsense Publisher Discussion) sebuah group di google+ membuat sebuah Kontes SEO. Sebuah kompetisi jurus strategi SEO dengan hadiyah menggiurkan. Menarik bukan?


Dinamika Kontes SEO IAPD

Kompetisi tersebut digagas oleh paa moderator group, salah satunya Kang Must Teguh pemilik blog Blog Must Teguh  dan master Gani Sbastian Pemilik blog Klik Mania dan mendapat dukungan dari sebuah perusahaan hosting pertama di Indonesia, Dewaweb Cloud Hosting. 

Kompetisi SEO ini sendiri sebenarnya ingin menggugah dan meramaikan group IAPD yang mana sebelumnya para anggotanya sempat sepi.

Proses Kompetisi

Yang namanya kompetisi SEO, sudah barang tentu memiliki kriteria penilaian terhadap pengoptimalan strategi SEO pada sebuah blog. Dan yang menarik, materi yang dilombakan berupa keyword yang harus dijadikan topik.

Awalnya para peserta banyak yang mengira kata kunci tersebut berkenaan dengan review dewaweb sebagai support. 

Ada lagi yang mengira keywrod yang dilombakan tidak jauh dari topik adsense, sesuai dengan nama group. ternyata, keyword yang di tentukan adalah "Potensi Blog Untuk Generasi Muda"

Kenapa mengambil judul itu? dalam analisis saya, para moderator mengambil keyword itu sesuai dengan momen, yakni HARDIKNAS (Hari Pendidikan Nasional) yang jatuh pada tanggal 2 Mei.

Syarat Mengikuti Kompetisi

Setiap kompetisi tentu memiliki syarat khusus. tidak terkecuali dalam lomba SEO ini, berikut ini persyaratannya :

Semua peserta harus mendaftarkan diri, untuk mendapatkan PIN
  • Pendaftaran ditutup pada tanggal 30 April 2016
  • Hanya bisa diikuti oleh pendaftar yang telah memiliki PIN pendaftaran yang diberikan oleh pihak panitia
  • Tulisan bisa dipblish sejak keyword diumumkan yakni pada tanggal 2 Mei Jam 11:00, dan paling lambat diposting pada tanggal 6 Mei 2016 jam 23:59
  • Setelah di poting, para peserta wajib mengkonfirmasi melalui email kepada panitia 

Keriteria Penilaian

Untuk menentukan juara, Panitia pelaksana menggunakan beberapa kriteria sebagai berikut :
  1. Tulisan berisi teks dengan minimal berisi 350 kata
  2. Penggunaan Gambar sebagai pendukung minimal 1 gambar
  3. Penggunaan Keyword, dibatasi maksimal 10 kali pengulangan termasuk judul dan subjudul
  4. Karena kompetisi SEO, maka penilaian didasarkan atas peringkat di mesin pencari google.co.id di halaman 1-10
  5. terdapat 5 Team yang ditunjuk sebagai Juri untuk penilaian


Pengumuman Juara

  • Pengumuman Juara akan dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2016
  • Keputusan Juri tidak bisa diganggu gugat

Sportifitas Kompetisi

Dikarenakan para anggota blog sudah banyak yang saling kenal, termasuk para peserta dengan para panitia. Maka, guna menjunjung tinggi sportifitas panitia pelaksana kompetisi memberikan himbauan, agar :
  • Selama perlombaan berlangsung tidak berkomunikasi dengan para panitia atau modrator dalam hal apapun yang berhubungan dengan kompetisi
  • Bahkan peserta yang terindikasi melakukan tindakan tersebut bisa didiskualifikasikan.


Hadiah Menggiurkan

Yang namanya lomba tentu ada hadiahnya, nah hadiah pada kompetisi ini termasuk keren dan menggiurkan. tidak percaya? coba lihat dibawah ini :
  • Juara I Mendapatkan hadiah Rp 500.000,- plus pula senilai Rp 100.000,-
  • Juara II Mendapatkan Hadiah Rp 300.000,-
  • Juara III Mendapatkan hadiah Tp 250.000,-


Tambahan hadiah dari sponsor dewaweb :

  • Juara I sampai III = Masing-masing mendapatkan self hosting paket Warrior selama 1 tahun
  • Juara IV sampai VI = Masing-masing mendapatkan self hosing paket hunter selama 1 tahun
  • Juara VII sampai X = masing-masing mendapatkan self hosting Scout selama 1 tahun


Kritik Dan Saran Untuk Kompetisi SEO IAPD

Saya sendiri termasuk dari peserta kompetisi tersebut. Tidak banyak harapan saya mengikuti lomba ini, selain masih nibwie dibidang SEO, pengalaman berkompetisi sudah menjadi pengalaman yang berharga.

Disisi lain, ada beberapa hal yang mengganggu pikiran para peserta (termasuk saya) berkenaan dengan lomba ini. 

Masalah Kiteria Penilaian

Jika diperhatikan untuk kriteria penilaian lebih fokus pada peringkat halaman google, bukan pada konten dan penggunaan SEO yang baik dan benar. 

Akhirnya, banyak blogger nibwie yang awalnya masuk di pageone dimesin pencarian, namun dalam hitungan jam sudah nyungsep ntah berada dihalaman keberapa.

Menurut saya pribadi, kriteria penilaian juga memperhatikan konten, tulisan yang ilmiah, atau apalah yang dianggap berkualitas tinggi.

Sehingga diharapkan para peserta tiak hanya menulis asal-asalan, namun nantinya tulisnnya bisa diapresiasi oleh yang berkompeten.

Syarat Peserta

Sebenarnya ini kebijakan masing-masing panitia kompetisi, namun tidak salahnya saya menyuarakan peserta. 

Peserta tidak dibatasi pada blog dengn traffic pengunjung unique. Akibatnya, blog yang sudah masyhur, dengan cepat menggeser blog dengan traffict sedikit.

Hemat saya, SEO bukan satu-satunya penentu artikel tampil dihalaman depan. Faktor banyaknya pengunjung blog juga sangat berpengaruh.

Jika ada blog yang memiliki traffic tinggi, maka tidak perlu begitu banyak menerapkan jurus SEO-nya, cukup dengan pengunjung yang sudah membludak, secara otomatis blog sudah duduk manis dihalaman depan.

Waktu Pendaftaran dan Publikasi

Untuk poin ini sebenarnya tidak se-urgen kedua poin diatas. Namun seandainya kompetisi ini diumumkan jauh sebelumnya, maka bisa saja banyak peserta yang akan ikut.

Saya memang tidak tahu persis berapa jumlah peserta, namun beberapa teman group IAPD ternyata merasa sedih karena ketinggalan berita.


Kesimpulan

  • Dari uraian diatas, secara umum saya sendiri sangat apresiasi atas inisiatif para moderator IAPD menyelenggarakan Kontes SEO IAPD
  • Kerjamasa dengan dewaweb, merupakan langkah maju dari perkembangan IAPD
  • Jika ada yang mulai sempurna, tentu akan ketahuan kekurangannya. Oleh karena itu, harapannya kedepan para panitia dan peserta lebih semangat lagi untuk ikut berpartisipasi pada kompetisi ini.
Tag : Blogging
15 Komentar untuk "Dinamika Kontes Seo IAPD Dengan Hadiah Menggiurkan"

Ya, aku belum percaya diri untuk mengikuti lomba semacam ini. tata bahasaku masih kacau, kurang enak dbaca. Terpakasa nih cuma bisa menjadi pembaca setia, alias penonton. Semoga kontesnya lancar. Perlu digaris bawahim jika ngeblog niatnya cuma memburu dolar, pasti nanti akan rontok ditengah jalan.

wah ini buat latihan bisa ikutan nih.
siapa tau di sebut sebut sama mastehnya. hehehehe

eh udah lewat ya. waduhhhhhh ketinggalan infoohhhh

IAPD komunitas adsense yang paling positif...

Kompetisi SEO IAPD, bukan masalah PD dan gak PD kang djangkar, atau mungkin akang kurang info sebelumnya ya?

Bener kang, Kompetisi SEO ini menarik, anda waktu pendaftaran masih ada, mangadul hrus ikutan

Nah, itu lah yang saya masukkan dalam kiritikan kompetisi SEO IAPD ini. Lantaran kurang publikasi dan waktu pendaftaran relatif singkat

Betul kang wahab, group google+ IAPD sekarang ramai betul

Wah hadiahnya sangat menggiurkan sekali ya kang, saya jadi tambah semangat saja nih :D

Kang iman ikutan juga? kok saya lihat diblognya ndak ada mas? atau memang belum menulis artikelnya ya?

Wah aku udah telat nih kang,, eheheh,, ah akumah gak berani ikutan lomba,,, lagian blognya juga masih nubi banget....

Ya kang memang infonya agak singkat, itulah yang menjadi salah satu kritikan dan masukan saya kang.

Wah jangan gitu kang, perlu dicoba untuk mengikuti lomba semacam kompetisi SEO ini, paling tidak sebagai pengalaman kang

Sepertinya kunjungan perdana saya disini. Salam kenal kang oim. Kalo saya belum pernah ikut kontes seo, belum begitu paham kang, btw infonya sangat bermanfaat buat blogger pemula spt saya.

salam juga kang maman, ya itu info karena saya ikutan kang hehe.. dan juga pertama kali

pengen ikutan tapi belum punya pengalaman mas,, mungkin kedepannya aku coba ikutan kalau ada lagi :D

oiya,, salam kenal mas Oim, kunjungan perdana disini :D

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top