Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Generasi Muda Harus Mengembangkan Potensi Blog

Generasi Muda Harus Mengembangkan Potensi Blog - Sebagai generasi muda kiranya harus peka terhadap perkembangan dunia informatika dan teknologi. Termasuk perkembangan blog yang saat ini semakin memiliki porsi besar didunia Internet.

Generasi Muda Harus Mengembangkan Potensi Blog

Jika dahulu blog hanya dipahami sebagai tempat catatan pribadi, namun tidak untuk sekarang, blog bahkan sudah menjadi salah satu media komoditi masyarakat.

Apalagi sekarang, kita harus bisa memanfaatkan potensi blog untuk generasi muda, khususnya mengembangkan kreatiftasnya, bahkan bisa meningkatkan ekonominya.

Perkembangan pesat tersebut dapat kita lihat dari berbagai macam blog yang saat ini telah dibangun. Mulai dari blog untuk usaha, blog dibidang informasi pendidikan, info wisata, bahkan blog acapkali digunakan sebagai tempat promosi iklan google. intinya blog bisa digunakan untuk banyak hal.

Jika kalian sedang membaca tulisan saya ini, sebenarnya kalian sedang mendapati potensi blog. ini salah satu contoh kongkrit.

Dan berapa blog yang telah memberikan manfaat kepada kita? banyak sekali sekali bukan. Bagi mahasiswa blog biasanya menjadi rujukan mencari refrensi tugas.

Lantas mungkin ada yang bertanya, bagaimana cara mengembangkan potensi Blog? Sebelum menjawab ini, ada beberapa poin yang harus dipahami.

1. Blog Bukan Makhluk eksklusif

Artinya, semua orang bisa membangun blog. Buang jauh-jauh anggapan bahwa blog hanya dimiliki oleh orang yang ahli.

Admin Oim Info sendiri dulunya hanya seorang santri di sebuah Pondok Pesantren, yang tak pernah kenal dengan makhluk yang namanya "blog". Jangankan membuat, mendengar kata "blog", bagi saya pribadi identik dengan orang yang cerdas, pakai kacamata minus.

Namun setelah saya mulai bertanya, membaca turorial dari blog satu ke yang lain, saya menemukan jawaban dan panduan yang banyak sekali untuk sekedar membuat blog dari awal sampai selesai.


2. Blog Multi Fungsi

Poin kedua yang perlu dipahami pula, bahwa blog memiliki segudang potensi yang bisa dikembangkan. Banyak fungsi blog yang bisa kita gunakan, selama pengunaannya tetap sehat, maka blog pasti bernilai positif.

Di Blog, kita tidak hanya bisa menampilkan tulisan, namun gambar, audio, bahkan viideo. Jadi anda bisa dengan mudah mempublish berita, baik berupa tulisan, audio ataupun video dengan mudah, kesemua khlayak umum.

Digital Immigrant , mungkin hanya salah satu konsep kecil sebagai usaha pemanfaatan teknologi, khususnya bagi Digital Native.

Dengan memahami poin kedua ini, diharapan generasi muda mampu mengambil kesempatan untuk mengembangkannya. bagiamana cara atau strateginya? Jawabannya, gunakan strategi POAC.

Pengembangan Blog Melalui POAC

Planing, 


Berarti membuat rencana yang matang dan terget yang akan dicapai. Dalam dunia blogging, jika hanya menulis, mengedit, tanpa memiliki target yang matang. maka manfaatnya sangat sedikit.

Organizing, 

Maksudnya adalah memanage, mengatur sedemikian rupa, bak tulisan dalam blog, atau bahkan jadwal penulisannya.

Organizing juga bisa berarti mempersiapkan bahan atau materi yang akan kita aplikasikan ke blog nantinya.


Aktuating

Aksi, atau tindakan dari apa yang telah kita rencanakan dan kita persiapkan.

Controlling

Setelah ketiga poin diatas telah dilakukan, kemudian hendaknya mengdakan cek, dan evaluasi performa blog secara keseluruhan.

Biasanya POAC sering digunakan oleh perusahaan atau lembaga pendidikan untuk menembangkan perusahannya atau pendidikannya.

Dari uraian diatas, jelas sudah bahwa generasi harus mellek dengan dunia blog. Mereka harus mengambangkan blog sejak dini. Jangan sampai orang lain sudah berjalan jauh, namun dia masih baru memulai.

Tag : Blogging
43 Komentar untuk "Generasi Muda Harus Mengembangkan Potensi Blog"

bener banget mas, generasi muda harus bisa mengembangkan potensi blog akan lebih baik lgi

hari ini banyak sekali saya mendapat kan mengembangkan potensi blog generasi muda, apakaha hari ini adalah hari blog sedunia ?

saya juga kang, kayaknya disebelah ada kontes seo IAPD katanya sih gitu

saya sepakat dengan tulisan ini, potensi blog memang harus dikembangkan. jangan didiemin aje katanya sih gitu

saya sepakat dengan tulisan ini, potensi blog memang harus dikembangkan. jangan didiemin aje katanya sih gitu

Aku termasuk generasi muda. Harus bisa !

bukan generasi tua ya kang? hehehe

gak kang, tapi karena kata bang rohim itu. sedang ada kontes hehe

bagus nih perlu di cermati!

betul mas...blog harus tetap di kembangkan mengingat pengguna internet makin meningkat ...namun mas kendalanya adalah waktu , seperti saya ini ...sering tugas di luar kota...

Blogku gado-gado, hehe benar saja, dulu harapanku bisa mengenalkan daerahku, yang terasa begitu jauh dengan ibu kota, kini memang benar aku bisa membawanya dari celah terkecilpun.

Kamu pati bisa Dik!!! bisa tambah panjang jenggotnya ^_^

Planning..organizing...blogging ...sambil makan enting-enting and nyruput copying.


Ngeblog emang asyik...sarana belajar di luar sekolah. Tapi untuk anak-anak dan remaja tetep harus dilakukan pendampingan...meminimalisir dampak buruk dari penyalahgunaan IT ^_^

Itulah salah satu bukti nyata kemajuan teknologi. Tetapi kemajuan teknologi ada plus-minusnya, tergantung bagaimana kita menyikapi semua itu.

bangga rasanya menjadi blogger generasi muda, lebih bangga lagi bisa memotivasi adik-adik dibawah kita untuk menjadi blogger yang lebih kreatif ...

heheh... amin. pokoknya ndak di potong kang

nah pengaturan jadwal pada titik ini sangat penting

setuju, bin sepakat binti salut hehe

ya kang, oleh karenanya kota harus tahu konsep digital immigrant itu

betul kang, banyak yang bisa kita lakukan intuk blog.

no 2 bener banget tuh kang BLOG Multi Fungsi bahwa blog memiliki segudang potensi yang bisa dikembangkan. Banyak fungsi blog yang bisa kita gunakan, selama pengunaannya tetap sehat, maka blog pasti bernilai positif.

Blog itu memang harus di kembangkan untuk generasi penerus seterusnya kang, saya setuju sekali dengan artikel ini :D

Jika generasi mudanya sudah melek blog saya yakin beberapa tahun kedepan blogger indonesia makin diperhitungkan

Kalau menurut saya blog digunakan untuk generasi muda sepertinya bisa ada potensi yang bagus juga kang soalnya pola pemikiran mereka masih terbilang bagus dan pasti punya pemikiran yang tidak terduga yang mereka miliki dalam diri mereka.

Kalau menurutku blogger generasi muda saat ini sudah cukup kreatif dalam halam penuangan ide menulis

mahsiswa sih bukan referensi mencari tugas mas. mencari jawaban dari soal yang di berikan. hehehehe

Blog itu harus bner2 di manfaatkan siapa tau dengan demikian indonesia jadi maju

ya, kalau segudang potensi itu tidak dipakai, eman mas. mubadzir

ya, untuk generasi penerus kang Iman Lukman juga. salam blogger mas

malah harapan saya indonesia punya perusahaan blog sendiri.

betul, generasi muda pusa power dan kreatifitas yang tinggi. mungkin blog bisa jadi salah satu solusi penyaluran kreatifitasnya

mas Indra, kalau hanya menulis saya kira masih kurang kang. mungkin kedepan genwrasi muda indonesia bahkan bisa membuat blogger sendiri

mang adul, ya itu salah satuanfaat blog refrensi jawaban soal hehe

Bukan berarti blogger tua gak berpotensi ya kang, ayo balapaaann, hehe...

sekarang mah yg ngetren itu ya twitter, fb dll

selain singkat2, yg baca juga banyak..

tp blogger never dies kok haha

saya baru tahu tentang POAC disini.

baca di blog ini saya jadi tahu

Blogger tua mah, tua-tua keladi kang maman hehehe

Betul, blogger tetap akan eksis kang, yang harus difikirkan sekarang solusi untuk generasi selanjutnya agar mereka bisa mengembangkan potensi blog yang semakin canggih, bukankah begitu?

Nah, ada pengetahuan baru kan? jangan sungkan-sungkan untuk jalan-jalan kesini gan hehe

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top