Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

5 Komponen Penting Di Dalam Prosesor Yang Perlu Anda Ketahui

Selamat datang kembali, kali ini Kang Oim kembali akan membagikan ilmu tentang teknologi Komputer.

Komponen Prosessor Teknologi Komputer

Anda pasti sering mendengar prosessor, tapi taidak tahu apa sih prosesor itu? Sebaikanya anda segera baca tulisan sebelumnya.

Karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang 5 Komponen prosesor yang perlu anda ketahui, khususnya kalian yang sedang menggeluti dunia teknologi. Langsung saja :

1. Fornt Side Bus (FSB) Processor

Front Side Bus (FSB) merupakan jalur yang menghubungkan antara prosessor dengan chip north bridge pada motherboard. Sebagai contoh, processor Pentium 4 memiliki FSB sebesar 400 MHz (4 x 100 MHz), sedangkan AMD Athlon Thunderbird memiliki FSB 266 MHz (2 x 133 MHz). sehingga antara bus pada processor dan bus pada motherboard harus sama agar mendapatkan kinerja yang optimal.

2. Clock Spped

Clock speed processor adalah kecepatan prosessor dalam melakukan proses data atau eksekusi perintah yang bisa diselesaikan dalam waktu satu detik. Misalnya, Intel Pentium IV 1,6 GHz, berarti prosessor mempunyai kecepatan untuk eksekusi [erintah sebesar 1600 juta dalam satu detik. Semakin besar nilai clock speed, semakin cepat prosessor tersebut menyelesaikan pekerjaannya.

Nilai pada clock speed pada prosessor diperoleh dari hasil perkalian antara FSB dan multiplier yang ada pada motherboard. Contohnya, computer Pentium IV 2,66 GHz (2660 MHz) dengan FSB atau PC 133 MHz dan nilai multiplier yang digunakan sebesar 20x, seistem perkalian yang digunakan adalah clock speed (2660 MHz) = FSB (133 MHz) x multiplier (20).

3. Chace Memory

Chace memory adalah jenis memori yang berukuran kecil tetapi memiliki kecepatan sangat tinggi. Chache memory terletak pada IC (Integrated Circuit) prosessor atau di dekat prosessor. Chahce memory digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara (temporer) instruksi dan data yang terakhir kali dipergunakan oleh CPU. Hal ini akan sangat berguna untuk menghemat waktu dalam mengakses kembali instruksi dan data tersebut. Sewaktu instruksi dan data dibaca atau ditulis pada memori, Salinan berserta address pada memori akan disimpan pula pada chache, sehingga sewaktu data diperlukan maka prosessor akan membaca dari chache dan tidak akan mencari dapa memori.

Proses ini akan sangat menghemat waktu dalam mengakses sebuah data. Apabila dalam chache memori penuh, maka secara otomatis akan ada data yang dihapus dan kemudia digantikan dengan data yang terakhir dipakai oleh prosessor.

4. Hyper Threading (HT)

Hyper Threading merupakan teknologi CPU dari Intel yang mana CPU bekerja seakan akan memiliki kemampuan 2 proses atau task yang bersamaan. Misalnya CPU diberikan 2 task atau perintah proses yang berbeda dengan waktu yang bersamaan, maka pada teknologi CPU tanpa teknologi Hyper Threading, proses hanya dilakukan satu persatu. Tetapi dengan teknologi hyper threading, tugas yang dijalankan akan dikerjakan secara bersamaan. Selain lebih cepat, tugas yang diberikan pada CPU akan mempersingkat penyelesaian proses aplikasi.

Teknlogi Hyper Threading hanya dapat digunakan pada Sistem Operasi tertentu seperti Win2000, XP atau UNIX platform. Teknlogi Hyper Threading juga membutuhkan motherboard dengan BIOS yang sudah mensupport teknlogi Hyper Threading.

5. Quick Path Interconnect (QPI)

QPI adalah kecepatan bus pengganti FSB, jika FSB adalah jalur transmisi data antara chipset, processor dan memori, QPI lebih sederhana lagi. Artinya QPI adalah kecepatan transmisi data processor ke Chipset.

Sebelumnya sudah dijelaskann bahwa Northbridge sebagai chipset yang berfungsi mengatur processor, memori dan jalur PCI-E, maka pada Core 17, chipset dikenal dengan nama IOH [Input-Output Hub] yang bertungas sebagai jalur input dan output dari seluruh sistem.

Teknologi ini hanya baru digunakan oleh Processor Intel Corporation dan baru diterapkan pada processor jenis Intel Core 17 yang sudah menggunakan Nehalem, Sementara tipe yang lain masing menggunakan FSB [Front Side Bus]

Demikianlah informasi tentang 5 Komponen Prosesor Perlu Anda Ketahui yang pastinya tidak banyak orang yang tahu. Jadi anda yang membaca tulisan ini pasti dapat ilmu baru.
0 Komentar untuk "5 Komponen Penting Di Dalam Prosesor Yang Perlu Anda Ketahui"

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top