Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

7 Fungsi Flash Disk, Selain Sebagai Tempat Penyimpanan Data

Diakui atau tidak, kemajuan teknologi memiliki banyak pengaruh kepada kehidupan masyarakat dunia, mulai cara mereka berkomunikasi (sosial), cara berbisnis (marketing), hingga gaya hidup mereka (life style)

7 Fungsi Flash Disk, Selain Sebagai Tempat Penyimpanan Data


Jika dulu orang yang berfoto selfie dianggap aneh, tidak dengan saat ini, Selfie sepertinya sudah menjadi trend tersendiri khususnya bagi pengguna smartphone, sampai-sampai ada plesetan baru dalam dunia filsafat, bernama "Narxisme"

Masalahnya, mereka akan kesulitan menyimpan foto-foto hasil selfienya, tanpa sebuah media penyimpanan tertentu.

Dan salah satu media enyimpanan data yang paling populer selain SimCard, adalah flash Drive, atau biasa disebut dengan Flash Disk.

Saat ini banyak para pengembang yang meluncurkan produk flash drive, yang bertujuan menunjang kebutuhan penyimpanan data, termasuk file ataupun foto bahkan film favorit.

Wajar flash disk menjadi populer, selain rata-rata size / ukurannya yang cukup kecil, dan bisa dibawa kemana-mana, Flash Disk menjadi pilihan karena kapasitasnya yang cukup besar.

Bahkan sampai saat ini ada pabrikan yang meluncurkan flash drive dengan kapasitas nyaris 1 Tera.

Nah, tahukah and, Flash Disk selain berfungsi penyimpanan data, ternyata dia juga memiliki 7 fungsi lain. apa sajakah itu? berikut Kang Oim bagikan informasinya untuk anda.

7 Fungsi USB Flash Drive/ Flash Disk Selain Tempat Penyimpanan Data


1. Media Menjalankan Aplikasi Portabel

Jika anda tidak ingin memory komputer anda semakin penuh lantaran banyaknya aplikasi yang di simpan dan dijalankan, maka gunakanlah aplikasi portabel, dan jalankan aplikasi tersebut melalui Flash Drive. 

Misalnya, anda bisa menjalankan OpenOffice sebagai ganti dari Office, hanya menggunakan Flash Disk. Caranya cukup mudah, anda bisa men-dowload aplikasi OpeOffice dengan mengunjungi PotabelApps.com.

Pada situs tersebut, anda akan mendapati berbagai macam aplikasi portabel yang dengan mudah dijalankan melalui flash disk.


2. Booting Operating System

Maksudnya adalah, anda bisa menjalankan sebuah operasi sistem (OS), hanya bermodalkan Flah Disk, yang didalamnya telah di setting untuk menjadi media booting.

Intinya, saat ini anda tidak perlu repot-repot instal sebuah operasi sistem seperti windows, menggunakan kepingan CD seperti pada umumnya.

Anda bisa dengan mudah menginstal windows pada komputer menggunakan USB Flash Drive, bahkan anda bisa menghubungkan satu komputer dengan perngkat lain, seperti printer ataupun router, menggunakan jaringan wierless.


3. Password Reset Disk 

Jika anda lupa password pada acount windows, anda bisa memanfaatkan USB Flash Disc sebagai Password Reset Disk, agar password acount windows kita bisa kembali.

Bagaimana caranya? jangan manja, silahkan cari tutorialya di google, dengan menggunakan kata kunci "How To Reset Password With USB Flash Drive"

4. Meningkatkan Performa Windows dengan Pihak Ketiga

Anda ingin mempercepat operasional pada windows 7 atau windows vista? anda bisa menggunakan pihak ketiga, yang terinstal pada USB Flash Drive.

Pihak ketiga yang dimakssud adalah menggunakan ReadyBoost, selain bisa menghemat penggunaan Harddisk, ReadyBoost tentu bisa meningkatkan perfomra Windows.

Cara kerja dari ReadyBost sendiri sebenarnya cukup sederhana. Pada tahapan Ready Boost, Flash Disk atau USB Flash Drive, berfungsi sebagai cache memori tambahan, yang membantu peran dari Harddisk.

Jika biasanya Hardidisk yang memiliki tugas mengelola data dan istruksi menggunakan cache memori di dalamnya, maka dengan ReadyBoost, USB Flash Drive membantu peran harddisk.

Karena USB Flash Drive memiliki tingkat respon yang tinggi pada sistem, maka secara otomatis beban Harddisk semakin ringan. Bagaimana caranya? silahkan browsing di google.


5. Memberi Password Pada Folder

Sesuai dengan fungsi utamanya sebagai media penyimpanan data, Flash Disk juga bisa memberikan keamanan pada data yang berada di dalamnya menggunakan Rohos Mni Drive.

Dengan Rohos Mini Drive, anda bisa melindungi folder atau data rahasia, dengan membenamkan password tertentu.

Cara kerja dari Rohos Mini Drive, adalah menjadikan kapasitas memory dalam Flash Disk menjadi beberapa bagian yang dinginkan dan bersifat rahasia (secret), proses ini biasa disebut dengan partisi.

Selanjutnya, hasil paritisi yang telah dirahasiakan dibuatkan sebuah protect tertentu  menggunakan kata sandi rahasia, sehingga orang lain tidak bisa mengetahui adanya folder yang tersimpan.


6. Menjalankan Website

Apakah anda seorang yang menekuni dunia website, atau sedang membangun dan merancang sebuah website? anda bisa menjalankan website yang sedang anda buat menggunakan USB Flash Drive.

Biasanya, untuk menjalankan Apache, PHP atau MySQL, anda harus menggunakan media penyimpanan internal pada komputer. tapi dengan Server2Go, anda bisa menjalankan perangkat tadi hanya menggunakan Flash Disk. Caranya? silahkan cari tutorialnya di google

7. Operating System Lock / Pengunci Sistem Operasi

Anda ingin menjadikan Flash Disk sebagai pengunci PC? anda bisa menggunakan sebuah program aplikasi yang bernama Predator. Silahkan download di alamat ini : http://www.montpellier-informatique.com/predator/en/index.php

Setelah anda berhasil mendownload program tersebut, anda cukup menyetting configurasi yang anda ingingkan.

Bagaimana cara kerjanya? ketika proses instalasi pada Flash Disk sudah selesai, anda bisa menancapkan Flash Disk ke PC / Komputer untuk menghidupkannya, dan jika anda cabut, secera otomatis layar komputer, mouse dan kyboard akan berhenti berungsi, dan bisa hidup kembali saat akan kembali memasukkan Flash Disk tadi.

Kesimpulan


  • Flash Disk tidak hanya berfungsi sebagai media penyimpanan file ataupun data
  • Ada tujuh fungsi lain dari flash disk yang banyak orang tidak mengetahuinya, yakni bisa sebagai media menjalankan aplikasi portabel, booting dari operasi sistem, password reset disk, meningkatkan kinerja PC, perlindungan pada folder dengan password, menjalankan website dan terakhir sebagai pengunci sistem operasi PC


Nah, bagaimana? apakah anda sudah tahu ketujuh Fungsi Flash Disk Selain Sebagai Media Penyimpanan Data tersebut? selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
2 Komentar untuk "7 Fungsi Flash Disk, Selain Sebagai Tempat Penyimpanan Data"

Waahh... Baru tahu saya. Ternyata kegunaan FD lebih dari itu..
Terima kasih infonya bg..

yaelah, telat dirimu kang....

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top