Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Apakah Processor Itu? Ini Jawabannya

Processor merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah perangkat, termasuk di dalam computer. Tanpa processor computer tidak akan bisa difungsikan. Lantas apakah Processor itu? Beriku ini kami bagikan informasinya buat anda.

Apakah Processor Itu? Ini Jawabannya


Selain itu evolusi generasi-generasi processor semakin hari semakin berkembang, yang tentunya dengan performance yang semakin handal, serta semakin tinggi tingkat kerumitannya.

Sehingga pengetahuan tentang Processor dianggap sangat penting khususnya bagi kalian yang sedang menggeluti dunia teknologi informatika atau komputer serta 

Definisi Processor / Prosesor

Processor [Prosesor dalam Bahasa Indonesia], merupakan pusat pengendali computer yang terhubung dengan komponen lain. 

Salah satu fungsinya, agar antar komponen dapat bekerja sama antara satu komponen dengan komponen yang lain.

Komponen Di Dalam Processor

Perlu diketahui bahwa Processor dibuat menggunakan teknologi silicone, yang mana didalamnya berisi beberapa komponen antara lain Chip, Transistor, dan lain sebagainya.

Jika dahulu ukuran silicone yang digunakan cukup tebal, namun untuk zaman sekarang ukurannya hanya setebal 32 nano meter.\

Hal ini dikarenakan semakin tipis silicone, maka bsa lebih mengurangi panas, power yang semakin kecil, dan tentunya peningkatan kinerja yang semakin signifikan, karena akan lebih banyak komponen lain yang bisa digunakan.

Ukuran Processor

Adapun ukuran dalam processor ialah menggunakan Mega Hertz (MHz) dan Giga Hertz (GHz) yakni hitungan kecepatan dalam mengelola data/ informasi.

Seperti yang disinggung diatas, bahwa perkembangan processor semakin sehari semakin berkembang pesat.

Dan perlu dicatat, khusus di dunia  Komputer saat ini ada dua kekuatan Utama processor yang selalu bersaing, yaitu Intel dan AMD (Advance Micro Devices)

Selain kedua brand processor diatas, dilihat dari penggunaannya, processor terbagi menjadi dua, yaikni menggunakan Slot, dan menggunakan socket.

Rata-rata Processor Pentium II, Celeron dan Pentium III generasi Awal, masih menggunakan slot. 

Baru setelah generasi Pentium III awal, Intel menggantinya dengan socket. Hal ini dikarenakan biaya produksi menggunakan slot yang semakin tinggi.

Langkah tersebut ternyata diikuti oleh AMD, yang awalnya menggunakan slot, mereka saat ini menggunakan socket utuk menanamkan  processornya pada motherboard.


Lebih Tangguh Mana Intel Atau AMD?

Tentu tidka mudah menjawab pertanyaan tersebut, karena masing-masing brand memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun yang pasti, Processor yang diproduksi oleh intel, dikenal lebih stabil dan memiliki kinerja lebih baik.

Akan tetapi, Processor produksi AMD versi tertentu terkadang kualitasnya melebihi Intel, dengan harga yang relative murah.

Hanya saja, AMD dikenal memiliki kelemahan yang tidak dimiliki Intel, yakni cepat panas saat dioperasikan.

Nah, jika anda masih bertanya Apakah Processor Itu? Maka diharapkan tulisan ini bisa menjadi jawaban pertanyaan anda tersebut. Semoga bermanfaat.

0 Komentar untuk "Apakah Processor Itu? Ini Jawabannya"

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top