Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Empat Media Penyimpanan Data Pada Komputer

Berbicara tentang komputer memang tidak ada habisnya, perangkat tersebut saat ini semakin berkembang pesat, dan hampir bisa kita temukan disetiap sudut perkantoran, perumahan dan lain sebagainya.

Empat Media Penyimpanan Data Pada Komputer


Peranannya sangat signifikan baik dalam bisnis, perkantoran, pembelajaran, entertaiment, hiburan, bahkan saat ini dijadikan media berniaga.

Meski perkembangannya semakin pesat, tidak semua pengguna / user tahu, fungsi beberapa komponen komputer.

Hal ini disebabkan mereka lebih senang menggunakan komputer tanpa mau tau komponen apa saja yang sebenarnya digunakan komputer.

Akibatnya ketika ada kerusakan pada komputer, mereka tidak mengidentifikasi asal kerusakannya, solusinya mereka bergegas membawa komputer ke empat service. Imbasnya? harus merogoh kocek dalam-dalam.

Misalnya, komponen penyimpanan data, tidak semua pengguna yan tahu bahwa pada perangkat komputer sebenarnya ada 4 media penyimpanan, yaitu harddisk, floppy, Optical Disc dan USB Flash Drive, atau biasa diistilahkan dengan Flash Disk. betul kan?

Dari latar belakang ini, Kang Oim kembali akan memberikan penjelasan berkenaan media penyimpanan data pada komputer, tentunya dengan bahasa yang mudah dipahami.

Media Penyimpanan Data Pada Komputer

Media Penyimpanan data atau storage media, memiliki peran yang sangat penting, karena tanpa media ini data baik itu berupa file, instalasi ataupun instruksi tidak bisa dijalankan pada komputer tanpa adanya storage ini.

Secara fisik storage media pada komputer dapat dibedakan menjadi empat, yaitu :


1. Harddisk

Harddisk merupakan tempat penyimpanan data awal, saat pertama kali komputer melakukan booting atau dioperasikan. Processor selanjutnya akan memanggil data yang berada didalam harddisk ini.

Harddisk terbagi menjadi tiga jenis, yaitu

  • IDE (Integrated Device Electronic) biasanya disebut ATA (Advance Technology Attachment), selanjutnya disebut juga dengan PATA (Parallel Advnce Technology Attachment)
  • SATA (Serial Advance Technology Attachment)
  • SCSI (Smal Computer System Interface)

2. Floppy

Dikalangan masyarakat, Floppy biasanya dikenal dengan istilah disket, yang mana merupakan salah satu jenis dari media penyimpanan pada komputer.

Didalam floppy ini, terdapat snotch pengaman yang disebut dengan write protection, yang berfungsi sebagai pelindung dari editing dan perubahan data.

Ditahun media penyimpanan floppy ini sangat terkenal, dan pada umumnya floppy yang digunakan berkapasitas 1.44 MB.

Macam-macam Floppy Media Storage

MacamPenyimpanan Data
5.25 Inchi160 Kb
3.5 Inchi720 dan 1.44 MB

3. Optical Disc

Optical Disc merupakan jenis media penyimpanan data berupa piringan yang menggunakan bahan khusus, yang mampu dibaca dan di tembus oleh sinar tertentu atau laser.

Dilihat dari macamnya, Optical Disc dibedakan menjadi tiga macam, yang akan dijabarkan pada tabel berikut ini :

a. Compact Disc (CD)
Adalah smedia penyimpanan yang berupa piringan, dan dapat dijalankan pada perangkat berupa CD-ROM Drive.

Dahulu CD-ROM tidak bisa ditulis atau di edit secara berualng kali atau biasa diistilahkan dengan read only.

Namun pada perkembangan selanjutnya CD-ROM sudah bisa ditulis berulang kali atau Re-Write, dan akhirnya dikenaal dengan CD-RW

Kapasitas penampungan data berkisar 700 MB, dengan kecepatan transfer n X 150 MB/s. Nilai n, adalah nilai kecepatan yang tertulis pada CD-ROM.

Pada CD-RW, nilai kecepatannya semakin meningkat, dengan pilihan 52X-24X52X, yang mana 52X merupakan nilai dari kecepatan baca, 24X adalah nilai kecepatan tulis, sementara 52Xadalah kecepatan tulisan baru.

b. Digital Versatile Disc (DVD)
DVD adalah salah satu jenis penyimpanan data berupa Optical Disc yang mengandung kapasitas penyimpanan sekitar 4.7 GB, hal ini tenu lebih besar 5 kali lipat dibandingkan CD-ROM atau CD-RW

Untuk membaca data pada DVD yang memiliki nilai transfer data sebesar 4X, 8X, 12X serta 16 X ini, pengguna harus menggunakan DVD-ROM Drive.

Pada DVD tidak semua bisa digunakan untuk editing dan penulisan kembali, hanya pada DVD-RW saja yang mendukung fasilitas penulisan kembali, sementara DVD-R, tidak bisa.

c. Blu-Ray Disc
Blu-ray Disc merupakan format cakram optik, yang berguna untuk menyimpan data digital dengan kualitas tinggi (High Quallity).

Sering dengan film dengan kualitas Blu-Ray? nah, sebenarnya Blu-ray ini diambil dari nama laser berwarna biru bersampur ungu, yang berfungsi membaca serta editing cakram disc.

Tentu kapasitas yang dimiliki oleh Blu-ray Disc jauh dibandingan jenis Optical Disc sebelumnya (CD dan DVD). Blu-ray disc saat ini ada yang bisa menampung data hingga 50 GB.

Untuk menggunakan Blu-ray Disc, pengguna harus menggungan Blu-ray ROM Drive, dan perlu dicatat keepatan yang dihasilkan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan DVD, serta fiturnya-pun juga sama, yakni selain bisa membaca dan menulis, pengguna juga bisa melakukan proses editing.

4. USB Flash Drive / Flash Disk

Untuk jenis penyimpanan data yang ke-empat ini pasti sudah populer dikalangan user, selain memiliki kelebihan ringan, kecil, mudah dibawa, kapasitasnya juga sangat besar, bahkan ada USB Flash Drive yang memiiki kapasitas hingga 512 GB.

Sebenarnya USB Flash Drive atau biasa kita kenal dengan Flash Disk, adalah alat penyimpanan data dengan tipe NAND. Untuk mengoperasikan jenis media storage ini, dibutuhkan alat penghubung yang terintegrasi.

Meski USB Flash Drive memiliki banyak kelebihan, namun karena teknologi yang digunakan adalah model kilat, maka umur USB Flash Drive cendrung tidak bertahan lama, yakni sekitar 5 tahunan.


Kesimpulan :


  1. Media Penyimpanan pada komputer, ada empat jenis, yaitu Hardidisk, Floppy, Optical Disc, dan USB Flash Drive atau FlashDisk
  2. Saat ini sudah tidak banyak yang menggunakan Floppy sebagai penyimpanan data.
  3. Optical Disc berjumlah tiga macam, yaitu CD (CD-ROM/ CD-RW), DVD dan Blu-ray Disc
  4. USB Flash Drive memiliki banyak keistimewaan diantaranya kapasiatanya yang sangat besar, meski ukurannya bisa sangat kecil, namun umurnya tidak lama, hanya sekitar 5 tahunan.


Nah, demikian penjelasan Empat Media Penyimpanan Pada Komputer yang pasti banyak dari kalian yang belum mengetahuinya, jadi tentu tulisan ini bisa dijadikan rujukan khususnya bagi kalian yang sedang mempelajari komputer.
0 Komentar untuk "Empat Media Penyimpanan Data Pada Komputer"

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top