Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Ini Jenis Cache Memory dan Fungsinya Pada Processor

Pada kesempatan kali ini kembali Oim Info akan membagikan sebuah informasi yang pasti dibutuhkan kalian untuk belajar komputer.

Apa itu? Ya seperti judul diatas, Jenis Cache Memory dan Fungsinya Pada Processor. Kenapa Penting? karena seperti yang telah dijelaskan pada tulisan sebelumnya, Cache Memory berfungsi menyimpan sementara, baik instruksi ataupun data terakhir yang dioperasikan oleh CPU.

Jenis Cache Memory dan Fungsinya Pada Processor


Alasan mengetahui Jenis Cache Memory, khususnya bagi teknisi komputer, tentunya agar tidak salah memperbaiki kerusakan pada processor.

Ok langsung saja, Cache Memory dalam dunia komputerisasi terbagi menjadi tiga, tergantung levelnya.

1. Level One, First Level biasa disingkat dengan L1 Cache

Cache memory pada jenis yang pertama ini merupakan media penyimpanan atau memori pertama kali diakses oleh processor, ketika mencari atau membutuhkan sebuah data.

Cache Memory First Level yang juga biasa disebut dengan primary Cache, terletak berdekatan dengan processor, atau tepatnya berada dilokasi dekat dengan blok Control Unit [CU]

Selain itu, data yang berada dalam memory ini biasanya berupa data yang diatur secara otomatis oleh Operating System, dan menjadi yang paling sering diakses dan menjadi prioritas tertinggi [high priority] oleh processor. 

Sementara ukuran kecepatan pada memory ini menggunakan satuan yang sangat cepat yakni nanodetik, atau sepermillyar perdetik.

2. Level Two, Second Level disingkat dengan L2 Cache

Kapasitas yang dimiliki oleh Cache Memory pada jenis ini tentu lebih besar ketimbang L1, namun untuk urusan kecepatan yang dimiliki lebih lambat dari L1.

Cache Memory jenis Second Level ini akan diakses oleh processor ketika data yang dicari tidak ditemukan pada First Level, dan jika masih tidak ditemukan, maka processor selanjutnya akan meneruskan aksesnya langsung ke memory

3. Level Tree, Third Level disingkat L3

Perlu diketahui bahwa cache memory jenis ketiga ini berfungsi sebagai pengontrol akses yang dilakukan oleh processor terhadap L1 dan L3.

Meski kapasitasnya lebih besr dari first level dan second level, namun untuk kecepatan lebih besar dibandingkan dengan L1, dan kurang dari L2.

Sebagai catatan, tidak semua processor yang menggunakan L3 ini, hanya processor tertentu, seperti dualcore dan quadcore saja yang sampai sekarang menggunakan cache memory third level.

Kesimpulan 

Dari keterangan diatas, jelas bisa kita simpulkan beberapa poin inti sebagai berikut :
  1. Ada tiga jenis Cache Memory pada sebuah Processor, yaitu First Level [L1], Second Level [L2] dan Third Level [L3]
  2. Cache Memory First Level dan Second Level berfungsi menyimpan data yang dibutuhkan atau dicari oleh processor, sementara untuk third level, berfungsi mengontrol akses processor pada dua cache memory sebelumnya.


Nah, demikian penjelasan Jenis Cache Memory dan Fungsinya Pada Processor, semoga saja para teknisi komputer yang membaca tulisan ini bisa lebih paham tentang dunia teknologi komputer. 
0 Komentar untuk "Ini Jenis Cache Memory dan Fungsinya Pada Processor"

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top