Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Pengenalan Harddisk dan Jenis-jenisnya

Seorang teknisi komputer tentu tidak hanya cukup mengetahui cara mengoperasikan program aplikasi komputer.

Pengertian Harddisk dan Jenis-jenisnya


Disisi lain dia harus juga paham betul kondisi fisik dari setiap alat yang terpasang di dalam komputer tersebut.

Tujuannya, agar seorang teknisi tersebut selanjutnya memahami cara kerja masing-masing komponen dari komputer, dan mampu mengatasi segala macam problem jika terjadi error atau kerusakan.

Salah satu komponen penting yang haris diketahui adalah "Harddisk". Nah, Apa Itu Harddisk? Dan apa saja jenis-jenis harddisk?, dua pertanyaan ini sangat penting bagi kalian yag menggeluti di dunia teknologi komputer. Kali ini Kang Oim akan membagikan informasinya buat kalian.


Apa itu Harddisk?

Harddisk sndiri merupakan sebuah media yang berfungsi menyimpan sejumlah kumpulan data, yang mana data tersebut dipanggil ketika sebuah perangkat dihidupkan dan program aplikasi atau software di operasikan.

Maksudnya, ketika kita menghidupkan komputer, dan menjalankannya, maka hardisk berfungsi menyimpan pengoperasian program aplikasi aau software tersebut.


Apa Saja Jenis Harddisk?

Berdasarkan interface, harddisk sendiri bisa dibedakan dalam tiga jenis, yaitu :

Integrated Device Electronics atau disingkat dengan IDE

IDE sendiri biasanya dikenal dengan istilah ATA, atau Advance Technology Attachment, yang mana harddisk ini mrupakan interface dengan controller yang terintegrasi di dalamnya.

Selanjutnya design Harddisk ATA ini dikembangkan menjadi ATA-2, Ultra ATA yang tentunya terdapat beberapa kelebihan dibanding sebelumnya.

Diantaranya, Harddisk ATA-2 ataupun Ultra ATA memikili kemampuan untuk memberikan sejumlah informasi kerakteristik harddisk guna keperluan plug and play, dan peningkatan kecepatan access.

Selain dikenal dengan istilah ATA, harddisk ini juga biasa disebut dengan PATA, atau Parallel Advance Technology Attachment. hal ini dikarenakan sistemnya menggunakan parallel.

Berkenaan dengan kecepatan access, hardisk jenis IDE menggunakan istilah satuan RPM atau Rotaion Per Minute, artinya kecepatan putar plat dihitung permenitnya.

Rata-rata Harddisk dengan jenis IDE ini, menggunakan kecepatan antara 3600 RPM, 5400 RPM hingga 7200 RPM.

Nah, untuk mengoperasikan harddisk ini dengan motherboad, adalah menggunakan kabel dengan data 40 pin dan 80 pin. dan setiap kabel, memiliki dua piranti yakni master dan solve.

Serial Advance Technology Attachment disingkat SATA

Harddisk jenis ini dibedakan dari sisi pemasangannya dalam satu kabel SATA, yang hanya dapat digunakan untuk koneksi satu buah harddisk saja.

Dengan cara pemasangan ini, bandwidth transmisi lebih cepat dibandingkan dan maksimal dibandingkan dengan jenis PATA.

Perbedaan lain antara jenis PATA dan SATA, harddisk jenis SATA menggunakan kabel power untuk catut daya, hal ini tidak ada pada jneis PATA.

Nah, sebagai tips saja, jika port pada mothrboard tidak mencukupi, anda bisa menggunakan SATA Expander.

Small Computer System Interface atau SCSI

Harddisk jenis ini bisanya digunakan pada perangkat komputer yang dijadikan server, dan untuk mengoperasikannya tidak membutuhkan kabel seperti pada jenis PATA dan SATA.

Pengguna cukup mamsang sebuah kartu tambahan [I/O Card], untuk menghubungkan antara harddisk dengan motherboard.

Kesimpuan 

  • Hardisk sebagai media penyimpanan data awal pada perangkat.
  • Ada tiga Jenis Harddisk, yaitu 1) Integrated Device Electronic atau IDE, atau diistilahkan dengan ATA dan PATA, 2) Serial Advance Tecnology Attachment atau SATA dan 3) Small Computer System Interface atau ICSI


Nah, itulah pengertian hardisk serta jenisnya yang bisa dibagikan, semoga informasi ini bermanfaat dan semakin menambah wawasan kita tentang teknologi komputer.

0 Komentar untuk "Pengenalan Harddisk dan Jenis-jenisnya"

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top