Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Cara Mudah Shutdown Windows Dengan Cepat

Keberadaan teknologi yang semakin berkembang, tentu diharapkan mampu menopang kebutuhan manusia, bisa meringankan beban pekerjaan.
Seperti pisau bermata dua, sayangnya kemajuan teknologi itu acapkali tidak disertai dengan sikap bijaksana.

Cara Mudah Shutdown Windows Dengan Cepat


Maka, lumrah banyak dari masyarakat kita yang tidak memaksimalkan kecanggihan dan manfaat teknologi, namun justru mereka menjadi terpesona dengan kesenangan semata.

Berbicara salah satu perangkat yang cukup banyak membantu beban pekerjaan dan kebutuhan mansuai, adalah komputer / PC atau Laptop, bagaimana jadinya jika perangkat ini yang diharapkan mempu menjadi solusi, justru kadang menjadi problem.

Misalnya, saat kita sedang menggunakan komputer, tiba-tiba kita mendapati masalah atau keperluan, sehingga aktifitas komputerisasi harus segera dihentikan.

Pada saat yang bersamaan, justru proses Shutdown terlalu lama, sampai-sampai kita mengambil cara pintas dengan menekan tombol ON/ OFF dengan lama, untuk segera mematikan komputer tersebut.

Padahal, ketika sebuah operasi sistem tidak diberi instruki dengan benar, kemungkinan besar akan berakibat adanya error pada data operasi sistem tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini Kang Oim, kembali akan membagikan sebuah solusi untuk mengatasi hal sepele namun bisa menjadi pengahamat besar tersebut.

Bagaimana Cara Shutdown Windows Dengan Cepat?
Sebelum saya bagikan caranya, perlu diketahui proses shutdown atau mematikan komputer memiliki tiga jenis, yaitu :

1. Dengan Cara Sesuai Prosedural

Sesuai prosedural, artinya kita mematikan komputer dengan fitur yang memang disediakan, yakni pada pilihan shutdown yang terdapat pada menu utama


2. Dengan Cara Memaksa

Maksudnya, kita mematikan komputer tidak sesuai dengan prosedur perintah dan instruksi pada komputer, adapun caranya dengan menekan ombol power beberapa saat, hingga power windows mati.

3. Dengan Cara Tak Sengaja
Maksudnya, proses shutdown secara tiba-tiba, biasanya ini terjadi disebabkan oleh daya yang tiba-tiba hilang. Bisa jadi disebabkan oleh pemadaman listrik, atau ada kabel power yang error.

Untuk proses shutdown kedua dan ketiga tentu memiliki dampak yang tidak baik pada windows, dan dari beberapa sumber, kedua proses ini bisa menyebabkan kinerja windows melambat, bahkan bis terjadi error.

Nah, karena saya tidak ingin berbagi hal yang sesat, tentu cara yang dimaksud dalam tulisan ini adalah poin pertama, yakni cara mematikan / shutdown windows secara prosedural, namun tidak butuh loading yang lama, bagaimana caranya?

Caranya cukup mudah, kali ini saya akan berbagi trik menggunakan fitur registry yang berada pada windows. Ikuti langkah berikut ini :

Langkah Pertama

Klik star menu, dan ketik run, dan masukkan kata "regedit", pada kolom pencarian. Untuk windows 10, anda cukup ketik pada layar desktop, dan ketik regedit, biasanya objek yang dimaksud bernama regedit.exe.

Langkah Kedua

Cari tulisan WaitToKillTimeout, pada HKEY_CURRENT_USER=>Control Panel=>Desktop, selanjutnya klik dua kali dan ganti data value menjadi 1000, klik OK. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut :

cara shutdown cepat pada windows


Langkah Ketiga

Masih pada halaman yang sama, cari HungAppTimeout, Klik dua kali, dan data value menjadi 1000, klik OK. Lihat gambar berikut :

cara cepat shutdown pada windows dengan registry


Langkah Keempat

Langkah berikutnya pihdah pada halaman lain, silahkan menuju HKEY_LOCAL_MACHINE=>Sistem=>CurrentControlSet=>Control, cari WaitToKillTimeout, Klik dua kalik, dan OK. Perhatikan gambar disini :

cara mempercepat shutdown pada windows



Setelah semua langkah ini selesai, agar konfigurasi setting bisa berjalan, silahkan lakukan restart terlebih dahulu, dan coba matikan komputer/ laptop anda.
0 Komentar untuk "Cara Mudah Shutdown Windows Dengan Cepat"

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top