Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Solusi Atasi Keyboard Laptop Atau Notebook Yang Rusak

Saat ini, pekerjaan kita banyak dibantu oleh sebuah perangkat teknologi, baik itu berupa smartphone, ataupun PC / Komputer atau Laptop.

Solusi Atasi Keyboard Laptop Atau Notebook Yang Rusak


Namun, apakah anda pernah mengalami, perangkat yang kita harapkan bisa membantu, justru bisa menjadi kendala, lantaran salah satu fitur hardware dari perangkat tersebut rusak dan tidak berfungsi.

Saya yakin, yang pertama kali difikirkan adalah pergi ketukang service dan sudah terbayang berapa nantinya biaya yang akan dikeluarkan.

Hanya berbagi pengalaman, saya dulu pernah memiliki Notebook merk Toshiba Seri NB 205, yang bermasalah pada beberapa tombol di keyboard.

Awalnya, beberpa huruf dan angka saja yang tidak berfungsi, namun lama-kelamaan, justru beberapa fungsi tombol tertukar, dan parahnya ada tombol yang sepertinya menekan secara otomatis.

Akhirnya, saya bergegas ketukang service laptop, lumayan saat itu saya harus merogoh kocek dalam-dalam, karena harus mengganti keyboard yang rusak, dengan biaya pembelian keyboard Rp 200.000,- dan biaya pemasangan tukang servicenya sekitar Rp 100.000,-

Berdasarkan pengalaman pada kasus yang dialami Notebook saya itu, saya tertarik untuk mempelajari berbagai komponen tentang keyboard.

Dengan harapan, kedepan saya bisa memperbaiki sendiri atau bahkan bisa membantu orang lain untuk memperbaikinya.

Dan pada kesempatan kali ini, saya berbagi Solusi Keyboard Laptop Atau Notebook Yang Rusak, dengan niatan semoga anda yang kebetulan keyboard laptop atau notebooknya rusak dan tidak berfungsi seperti yang saya alami, anda tidak perlu mengeluarkan biaya perbaikannya.


Ciri-ciri Keyboard Laptop / Notebook Yang Rusak

Sebelum saya bahas apa ciri-ciri keyboard laptop atau notebook yang rusak, saya ingin jelaskan terlebih dahulu, apasih keyboard itu? 

Emang penting? Penting, agar nda bisa lebih memahami langkah-langkah dan solusi yang akan saya bagikan.

Perlu dicatat, Keyboard adalah komponen hardware pada sebuah perangkat, yang berfungsi memasukkan data/ instruksi simbol tertentu (baik berupa huruf, angka dna lain sebagainya).

Dari segi fisiknya, Keyboard terbagi menjadi dua jenis, yakni keyboard pada mesin ketik, dan keyboard pada slain mesin ketik. Apa bedanya?

Perbedaan mendasar dari kedua jenis tersebut ada pada output yang dihasilkan, jika pada mesin ketik output atau hasil instruksi tidak bisa dihapus, beda halnya pada keyboard selain mesin ketik, khususnya mkomputer ataupun laptop.

Pengguna bisa dengan mudah merubah, atau bahkan menghapus instruksi yang mana perubahannya tertuang dalam sebuah layar, dan tidak pada layar.

Perbedaan lain, pada keyboard mesin ketik, kita tidak temukan beberapa fitur seperti F1, F2 hingga delete dan lain sebagaianya, dan fitur-fitur tersebut ternyata terpasang rapi pada keyboard komputer atau laptop.

Nah, berkenaan dengan Keyboard komputer atau laptop, alat penghubung atau connector yang digunakan, biasanya menggunakan kabel yang terpasang pada port PS/2 atau USB, dan terbaru ada keyboard yng menggunakan wierles atau tanpa kabel.

Nah, semoga penjelasan diatas sedikit bisa memberi pemahaman kepada anda tentang pengertian Keyboard. Selanjutnya apa ciri-ciri Keyboard Laptop / Notebook yang rusak?

Ciri-ciri Kerusakan Ringan

Ketika ada huruf pada tombol yang tertukar, misalnya huruf "S" menjadi huruf "R", dan sebaliknya. Kerusakan seperti ini biasanya ketika kita menggunakan keyboard eksternal.

Solusi Kerusakan Ringan Pada Keyboard Laptop

Tekan tombol fn pada keyboard laptop dan jangan dilepas, bersamaan dengan menekan tombol yang tidak berfungsi.

Perlu ditegaskan disini, terjadinya pertukaran fungsi tombol ini bisa disebabkan algoritma atau instruksi berubah, lantaran sebelumnya menggunakan keyboard eksternal. 

Jika Solusi diatas tidak bisa, maka error ini disebabkan instruksi windows yang rusak, maka anda bisa lakukan instalasi Operasi Sistem baru.

Ciri-ciri Kerusakan Sedang

Salah satu tombol keyboard tidak berfungsi, biasanya terjadi pada tombol-tombol yang dekat dengan kipas pendingin. Misalnya terjadi pada tombol angka atau bagian atas.

Solusi Memperbaiki Kerusakan Ringan Pada Keyboard :

  • Segera cabut semua daya dan sambungan pada laptop atau notebook, yakni charger atau baterai sebagai pemasok daya, jika tidak maka sangat dikhawatirkan kerusakan akan menyebar pada tombol-tombol yang lain.
  • Lepaskan kabel yang tersambung dengan keyboard.
  • Semprot bagian depan dari keyboard dengan air dryer secara merata, dan semprot lebih banyak pada bagian tombol keyboard yang tidak berfungsi.
  • Biarkan sampai kering, selanjutnya pasang kembali kabel-kabel yang dilepas termasuk daya charger pada laptop atau baterai.


Ciri-ciri Kerusakan Berat

Jika 50 % tombol keyboard tidak berfungsi atau bahkan tidak ada yang berfungsi. 

Solusi Kerusakan Berat Pada Keyboard

  • Cek terlebih dahulu kabel yang terpasang pada keyboard, dan coba lakukan solusi pada kerusakan ringan dan sedang diatas.
  • Jika masih rusak, maka jalan terakhir anda bisa memilih, apakah mau mengganti keyboard yang rusak, atau menggunakan kyboard eksternal.


Nah demikian Solusi Atasi Keyboard Laptop Atau Notebook Yang Rusak , jadi sebelum anda ke tukang service coba terlebih dahulu solusi diatas.
0 Komentar untuk "Solusi Atasi Keyboard Laptop Atau Notebook Yang Rusak "

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top