Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Cara Mengetahui MAC dan IP Address Pada Handphone Xiaomi Note 2 Dengan Mudah

Pernakah kalian datang kesebuah cafe atau tempat yang ada fasilitas wifi dan hostpotnya, selanjutnya kalian ingin mengkoneksikan sebuah perangkat yang kalian bawa, baik berupa handphone maupun komputer atau laptop. pernah kan?

Cara Mengetahui MAC  dan IP Address

Pada saat kalian sudah kegirangan akan bisa berselancar di internet dengan wifi gratis (dasar suka gratisan, hehe), masalah mulai menghadang.

Bagi pengguna laptop, masalah yang sering terjadi adalah munculnya notifikasi atau peringatan "windows was unable to connect".

Untuk mengatasi hal ini, sudah saya jelaskan di tulisan sebelumnya pada blog ini, silahkan cari sendiri jangan manja.

Bagi penggun smartphone, masalah yang mungkin terjadi adalah munculnya pesan error apada proses authenticating, sehingga menyebabkan handphone tidak tersamnbung.

Ada beberapa sebab munculnya pesan eror pada proses" authenticating..." tersebut. Sebelum kalian mengatasinya, coba perhatikan sebab-sebabnya berikut ini :

1. Error Pada Hotspot

Maksudnya, terjadi kesalahan pengaturan pada hotspot yang disediakan, misalnya jika menggunakan Router TP LINK, pastikan telah mengkonfigurasi hotspot agar bisa digunakan oleh beberapa perangkat, seperti menyetel ulang penyediaan IP Adress.

2. Error Pada Wifi Smartphone

Maksudnya, ada masalah pada smartphone yang digunakan, bisa jadi smartphone ini sebelumnya sudah menggunakan IP tertentu, dan belum di setting secara default.

Sehingga ketika mulai melakukan proses koneksi dengan hotspot baru, tidak bisa membaca dan menyesuaikan dengan IP yang telah disediakan.

Cara mengatasinya cukup mudah, kalian tentu harus mengetahui terlebih dahulu berapa IP dan MAC address yang digunakan oleh smartphonenya.

Langkah Mengetahui MAC dan IP Address pada Xiaomi Note 2

Berikut ini cara mengetahui MAC Addres dan IP pada Handphone Xiaomi Note Dua, sebagai bahan percobaan.
  1. Masuk ke-Menu, pilih Setting / Pengaturan
  2. Perhatikan Baris Wirelless & Networks, Wi-Fi
  3. Scrol kebagian paling bawah, perhatikan Wi-Fi- Setting dan pilih Advanced Setting
  4. Scrol sedikit kebawah, maka kalian akan mendapati kode unik MAC Address dan IP Address

Cara Mengetahui MAC  dan IP Address


Jika sudah ditemukan, silahkan lakukan penyetalan pada hotspot yang digunakan. Biasanya kalian akan ditanya nomor MAC Address saja, unjtuk selanjutnya diberi IP Address oleh penyedia Hotspot.

Bagiamana? untuk mengetahui MAC Address dan IP Address pada handphone Xiaomi cukup mudah bukan? untuk hanphone-handphone yang lain, tentu tidak jauh berbeda.

Mungkin kalian bertanya, apa yang disebut dengan MAC Address dan IP Address? disini akan saya jelaskan secara singkat.

MAC Address merupakan singkatan dari Management Access Control, adalah sebuah deretan huruf atau angka yang biasanya diberi tanda "-" setiap dua digit. 

Huruf dan angka tersebut, dijadikan inisial tersendiri bagi sebuah perangkat, jadi bisa kita temukan dan handphone, smartphone maupun komputer / CPU.

Sementara IP Address [Internet Protocol Address], adalah deretan angka unik yang diatur oleh penyedia wireless, angka-angka unik tersebut biasanya seperti  192.168.2.1 dan 192.168.0.1 sesuai dengan selera orang yang mengaturnya.

Jadi ketika sebuah perangkat terhubung dengan hotspot, maka secara otomatis MAC Address pada perangkat tersebut menempati deretan IP Address yang disediakan oleh server.

Nah, demikianlah cara mengetahui MAC dan IP Address pada Handphone Xiaomi Note 2, sebagai contoh untuk memudahkan kalian pada handphone yang lain. semoga bermanfaat.

8 Komentar untuk "Cara Mengetahui MAC dan IP Address Pada Handphone Xiaomi Note 2 Dengan Mudah"

kalau di kantor saya kalau gak mau konek modem kudu dinyalakan ulang dulu baru bisa konek
kalau seperti itu kira-kira kenapa ya?

wah canggih bener xiaomi note 2 mas..

Biasa mas, itu dari modemnya, itu sebab yg sering bukan karena perangkat yang kita pakai

Laah, tidak juga mbak, sepertinya untuk handphone dengan OS seprti itu, semuanya sama mbak

Gan kalo punya saya gak bisa konek Kenapa ya.. Padahal paswod nya udah masuk tapi gk terhubung​ mulu
Mohon bantuannya gan
Terimakasih

reebot gan routernya, bukan handphonenya. coba !

kalo mac address ilang itu bisa di benerin engga ya gan

Kok hilang? seluruh perangkat yang ada dilengkapi dengan wifi mestinya ada MAC nya kang

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top