Blog Kang Oim, Tempat berbagi Inspirasi. itu Saja!

Hindari 7 Kebiasaan Ini, Agar Flashdisk Lebih Awet

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan file atau storage ekternal yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Selain bentuknya yang cendrung kecil, hingga mudah dibawa, harga flashdisk juga cukup murah. Saat ini untuk flashdisk dengan kapasitas mencapai 4 GB, kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena biasanya ukuran segitu dipatok dibawah Rp. 30.000,-, Murah bukan?

Hindari 7 Kebiasaan Ini, Agar Flashdisk Lebih Awet

Perkembangan desain flashdisk saat ini juga berkembang, jika dahulu bentuknya monton dengan hanya persegi empat, saat ini bisa kita temukan flashdisk dengan berbagai bentuk yang menarik, mulai bentuk pena, bentuk gantungan kunci, bahkan ada yang berbentuk boneka.

Akan tetapi meskipun bentuknya kecil, flashdisk memiliki tempat penyimpanan yang lumayan besar, mulai dari 1 GB / 1000 MB, 4 GB / 4000 MB, bahkan saat ini banyak produsen flashdisk yang mulai meluncurkan produk terbarunya, flashdisk dengan ukuran penyimpanan hingga satu tera / 1000 GB.

Tapi tahukah kalian, bahwa flashdisk itu tidak abadi. Maksudnya, sebuah flashdisk pada akhirnya akan rusak dan tidak bisa digunakan
  
Problem yang sering muncul, biasanya terjadi lemot / lelet saat proses membaca file didalamnya, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama hanya untuk membuka satu file saja, atau paling fatal, file yang ditampung tidak bisa dibaca sama sekali, yang mana hal itu bisa disebabkan kebiasaan salah pemilik flashdisk itu sendiir.

Meski demikian, kita bisa memperlambat dan bikin flashdisk lebih awet, dan tidak cepat rusak kok, Oleh karena itu, kali ini kang Oim akan memberikan informasi agar flashdisk milik kalian bisa lebih awet, agar segera menghindari lima kebiasaan penggunaan flashdisk berikut ini.

1. Mengoperasikan File Pada Flashdik

Realitasnya banyak pengguna flashdisk tidak paham bahwa berlama-lama nyolokin flashdisk atau membiarkannya terpasang pada perangkat seperti komputer ataupun laptop bisa menyebabkan flashdisk cepat rusak dan tidak awet.

Memang Flashdisk memliki banyak fungsi, salah satunya kalian bisa Instal Windows Pakai Flashdisk dengan mudah, Tapi, kebiasaan terlalu lama menancapkan flashdisk ini bisasanya dilakukan oleh mahasiswa yang sedang mengerjakan tugasnya langsung menggunakan file yang tersimpan di flashdisk.

Semestinya, file tersebut digandakan terlebih dahulu di perangkat, untuk selanjutnya dibuka maupun dipergunakan. Kenapa? karena fungsi utama flashdisk adalah tempat penyimpanan data atau file, dan media transfernya, bukan untuk digunakan untuk mengoperasikan file atau data tersebut.

2. Membiarkan Flashdisk Tertancap pada USB

Hindari juga kebiasaan membiarkan flashdisk tertancap pada USB, ketika selesai dipergunakan, atau tidak dipergunakan. mengapa?

Karena saat flashdisk tertancap pada USB (misalmnya komputer), sebenarnya ada aliran daya yang masuk, dan tentu menyebabkan flashdisk yang tidak kita gunakan tersebut, sebenarnya dalam keadaan ON, dan siap dioperasikan.

3. Menaruh Flashdisk Dekat Dengan Daya Magnet

Kita sering lalai menaruh sesuatu tidak pada tempatnya, termasuk flashdisk. Tanpa disadari kita sering menaruh flashdisk disembarang tempat, misalnya dekat dengan laptop, yang tentu di dalam laptop tersebut terdapat medan atau daya magnet dari speaker. Atau kita tarus di saku, tas, yang didalamnya juga terdapat hanphone.

Sebab, jika flashdisk berada di dekat medan magnet, maka sebenarnya, komponen elektronik penyimpanan pada flashdisk akan terganggu. Jadi jika ingin flashdisk kalian lebih awet, hindari kebiasaan tersebut.

4. Tidak Memperhatikan Perawatan

Flashdisk tidak ubahnya seperti perangkat elekronik lain yang membutuhkan perawatan. Misalnya, Keyboard sebagai salah satu komponen penting, dan media mengetik, perawatannya harus rutin.

begitu juga dengan flashdisk, kita juga harus rutin merawatnya, caranya dengan membersihkan bagian colokan secara berkala, bisa menggunakan kapas, atau kuas pembersih, agar debu tidak masuk.

Dan yang paling penting, jangan sampai bagian metal pada ujung flashdisk terkena air, karena akan menyebabkan karat, sehingga tidak bisa digunakan lagi.

5. Membiarkan Ujung Flashdisk Terbuka

Jika anda membeli flashdisk, bisa dipastikan memiliki tutup pada bagian USB. Fungsinya? tentu untuk menjaga dari debu atu kotoran lain.

Tapi, realitanya banyak kita temukan flashdisk tidak memiliki tutup, dan hal itu dianggap tidak memiliki pengaruh apa-apa. Jangan dikira flashdisk kalian akan awet, jika tutupnya tidak dipasang.

Tapi perlu diingat, jangan tutup flashdisk ketika baru selesai digunakan. kenapa? karena pada sat itu komponan didalam flashdisk masih panas. Dan jika langsung ditutup, dikhawatirkan akan menimbulkan lembab pada bagian dalamnya.

6. Membiarkan Virus

Banyak kita temukan flashdisk yang menyimpan banyak virus, dan hal tersebut dianggap biasa saja oleh penggunanya.

Selain bisa berakibat fatal bagi perangkat yang dicolokin flashdisk tersebut, ternyata flashdisk yang terkena virus namun tidak segera di scan, bisa menyebabkan kerusakan pada softwarenya.

7. Membuka Flashdisk Tidak Sesuai Prosedur

Pasti banyak pengguna flashdiks yang membuka atau mencopot flashdisk setelah digunakan, dengan cara serampangan, alias langsung di buka begitu saja dari permukaan USB.

Nah, kebiasaan buruk ini semestinya segera dihindari, lantaran flashdisk memiliki prosedur tersendiri untuk membukanya, yakni dengan cara tekan atau kilk kanan pada flashdisk, dan pilih eject.

Nah, bagaimana? apakah kalian sering melakukan tujuh kebiasaan diatas? jika kalian ingin flashdisk lebih awet dan panjnag umur, mending hindari ke-tujuh hal tersbut mulai saat ini juga, agar kalian bisa memperoleh fungsi-fungsi flashdisk dengan baik

Demikian penjelasan tentang 5 Kebiasan yang harus dihindari agar flashdisk lebih awet, mudah-mudahan informasi ini bisa menambah pengetahuan.
4 Komentar untuk "Hindari 7 Kebiasaan Ini, Agar Flashdisk Lebih Awet"

Sudah gak kehitung lagi saya gonta ganti flashdisk sampai berapa kali.

wah fd saya nih kang ttupnya hilang jd begitu deh..
hal lainnya mesti dihindari jg nih ya..

wah sabar kang mungkin perawatan falsdishnya gak bener niku kang

awas mbak tutup fl;ashdish hilang biasanya akan merembet pada komponen didalamnya sehingga rawan rusak

Kalau emang artikel ini bermanfaat, tidak ada salahnya meninggalkan komentar, tanya-tanya, tapi jangan tinggalkan link ya? jika masih ngeyel tahu sendiri apa akibatnya? ya betul dihapus selamanya hehe, tenang akan ada kunjungan balik kok.. sabar

Back To Top